Semakin berkembangnya jaman pasti akan ada yang ditinggalkan atau dilupakan pada jaman dahulu permainan tradisional juga seperti itu sekarang anak sudah mulai meninggalkan permainan tradisional dan lebih parah lagi anak jaman sekarang di tau atau tidak kenal apa saja permainan tradisional karena anak sekarang sudah tidak memainkannya lagi anak jaman sekarang beralih ke permainan digital elektronik seperti bermain game konsol, game moba, game pc dll. 

Permainan tradisional memiliki kelebihan dan manfaat dari permainan digital yaitu meningkatkan kerjasama dengan teman, berkomunikasi dengan teman, dapat memecahkan masalah yang dialami, menambah keakraban dengan teman dll, yang saya sebutkan hanyalah segelintir manfaat dari permainan tradisional.

Penting melestarikan permainan tradisional kepada anak agar permainan ini tidak penuh atau sudah tidak dikenal lagi anak-anak generasi kedepan jadi kita sebagai orangtua harus mengenalkan permainan tradisional ini kepada anak, saya akan rekomendasikan permainan tradisional yang dapat dimainkan bersama oleh anak dan orang tua;

Lompat tali karet

Lompat tali yaitu permainan yang pada umumnya membutuhkan kelompok orang min 3 orang, permainanya adalah 2 orang memegang tali kanan dan kiri dan memutarkan tali sampai ke atas kepala yang satu orang yang melompati tali itu jika pelompat tali tersandung tali maka pelompat kalah dan harus gantian menjadi pemegang tali dan seterusnya. Permainan ini juga bisa dimainkan sendirian. Permainan lompat tali cocok untuk dimainkan bersama anak dan orang tua.

Kelereng  

Kelereng atau gundu pertama pertama ditemukan pada zaman mesir kuno 3.000 sebelum masehi yang terbuat dari tanah liat atau batu. Kelereng yang terbuat dari kaca mulai dikembangakan di abad 19 mesehi tepatnya di jerman. Permainan cocok dimainkan bersama teman-teman, saudara ataupun keluarga, bermain kelereng memerlukan ketepatan insting yang bagus untung mengincar kelereng lawan. Bermain kelereng paling cocok dimainkan di halaman yang luas.

Layangan

Permainan ini masih banyak anak-anak desa yang bermain layangan karena tempat dan lahan luas jadi cocok untuk menerbangkan layangan tapi kalau di kota permainan layang jarang sekali anak kecil bermain layangan disebabkan juga tidak ada lahan yang luas untuk menerbagkan layangan dan juga banyaknya kabel2 perkotaan yang mengganggu menerbangkan layangan. Jadi orang tua bisa memperkenalkan permainan ini ke anaknya dan orang tua mengajak anak di hari senggang untuk bermain layang di lapangan terbuka, tidak hanya melestarikan permainan tradisional tapi sekaligus hubungan anak dan orang tua semakin dekat dan akrab.

Egrang

Egrang adalah permainan yang menggunakan bambu sebagai bahan pijakan untuk berjalan, egrang berasal dari karawang Jawa Barat permainan ini dimainkan pada jaman kemerdekaan Indonesia lalu berkembang di tahun 1960 di Jawa Barat. Permainan egrang membutuhkan keseimbangan yang kuat agar tidak jatuh saat berjalan. Jadi permainan ini cocok untuk dimainkan bersama orang tua dan anak tentang kerjasama orang tua memberikan contoh dan anak mempraktekkan.

EVENTS PARAMORINA

Event Imoby Surabaya

Paramorina hadir di Imoby Semarang tanggal 2 – 4 Agustus 2024. Banyak promo lho Yuk jangan lupa datang

Event Imoby Jakarta

Paramorina hadir di Imoby Jakarta tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024. Banyak promo lho Yuk jangan lupa datang

Layanan Kami

telepon

whatsapp

landing page

customer service