Menciptakan rumah yang nyaman dan aman untuk anak adalah impian semua orang tua yang memiliki anak khususnya orang tua yang memiliki anak kecil, orang tua yang memiliki anak balita mengasuhnya dan memberikan perhatian super ekstra karena anak kecil belum memiliki nalar yang baik seperti belum mengerti fungsi barang atau benda di sekitar dan anak kecil belum tau tindakan yang benar dan salah jadi orang tua atau pengasuh harus ekstra memperhatikan tingkah laku yang dilakukan oleh anak kecil.

Anak kecil perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, anak kecil merasa tidak nyaman kalau dia baru pertama kali berada di lingkungan baru biasanya dia menangis dan meronta-ronta untuk pulang karena belum nyaman di lingkungan sekitarnya, tidak di lingkungan baru dan di luar saja orang tua harus memperhatikan juga lingkungan rumah seperti kebersihan, kerapian, kenyamanan dan keamanan anak bermain di rumah. 

Berikut ini tips cara menciptakan rumah nyaman dan aman untuk anak:

Tips Cara Menciptakan Rumah yang Nyaman dan Aman untuk Anak 

sumber: freepik diakses 13 juni 2024

1. Ruangan bermain yang aman

Buatlah ruangan bermain khusus untuk anak buatlah ruangan senyaman mungkin untuk anak kecil mainan yang anak suka diruangan itu. Sediakan ruang bermain yang aman dengan alas yang empuk dan mainan yang sesuai dengan usia anak, untuk memastikan anak kalau bermain di situ aman harus ada yang mengawasi anak kalau bermain. 

2. Kasih penerangan yang baik

Pencahayaan/penerangan adalah suatu yang penting diperhatikan untuk menciptakan suasana yang nyaman. Pastikan ruangan memiliki penerangan yang cukup untuk menghindari area yang terlalu gelap atau terlalu terang sesuaikan penerangan lampu di setiap ruangan jangan terlalu gelap dan terang agar anak melihat dengan jelas saat bermain agar tidak terjadi kecelakaan seperti terjatuh, tergelincir dll. 

3. Ventilasi atau sirkulasi udara yang baik

Pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara yang sehat, udara kotor berpengaruh terhadap kesehatan keluarga apalagi oleh anak kecil yang rentan terpapar penyakit, untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat bisa memperbanyak ventilasi ruangan atau dengan menjaga kebersihan ruangan ruangan yang kotor dapat mempengaruhi udaranya jadi pastikan rumah setiap hari bersih agar anak merasa nyaman didalam rumah.  

4. Pengamanan sudut dan tepi ruangan

Setiap rumah pasti ada sudut rumah dan tepi barang di rumah yang biasanya menonjol atau lancip sehingga dapat membahayakan untuk anak kecil kalau terjatuh dan kena bagian tepi yang lancip tipsnya adalah gunakan pelindung sudut pada meja, kursi, dan furniture lainnya yang memiliki sudut tajam atau menghaluskan tepinya yang lancip menjadi datar, dengan cara tersebut kita sebagai orang tua tidak khawatir lagi jika anak sedang bermain.

5. Mengamankan stop kontak 

Anak kecil kalau bermain di rumah biasanya suka pegang benda elektronik seperti stop kontak jadi takutnya anak tersetrum listrik jadi untuk menghindari anak tersetrum bisa di pasang penutup pada semua stop kontak yang tidak digunakan untuk mencegah. anak-anak memasukkan jari atau benda ke dalamnya.

6. Area bebas bahan kimia

Jauhkan bahan-bahan kimia di dekat anak seperti kosmetik, parfum, obat nyamuk, dll. Agar lebih aman bisa menggunakan produk pembersih dan perawatan rumah yang bebas bahan kimia berbahaya.

7. Suhu yang nyaman

Suhu juga mempengaruhi perilaku atau suasana hati anak, jaga suhu rumah agar tetap nyaman, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Tidak hanya tips-tips yang saya bagikan di atas orang tua bisa melakukan edukasi kepada anak agar anak paham mana yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan seperti ajarkan keselamatan kepada anak-anak tentang bahaya potensial di rumah dan bagaimana menghindarinya, seperti tidak bermain dengan api, tidak menyentuh stop kontak, dan lain-lain. Orang tua bisa membuat aturan dengan anak, buat aturan yang jelas mengenai area mana yang boleh dan tidak boleh dimasuki oleh anak-anak.

EVENTS PARAMORINA

Event Imoby Semarang

Paramorina hadir di Imoby Semarang tanggal 2 – 4 Agustus 2024. Banyak promo lho Yuk jangan lupa datang

Event Imoby Jakarta

Paramorina hadir di Imoby Jakarta tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024. Banyak promo lho Yuk jangan lupa datang

Layanan Kami

telepon

whatsapp

landing page

customer service