Tanda-tanda Kehamilan

19-11-2020 10:46:36
Madu Anak Vitabumin


Kehadiran anak di tengah-tengah keluarga menjadi hal yang dinanti-nantikan. Tidak hanya dinanti tapi juga menjadi hal yang selalu diidam-idamkan sebuah keluarga terutama bagi wanita. Banyak juga wanita yang menantikan tanda-tanda kehamilan apakah sudah muncul atau belum. Karena beberapa wanita masih bingung dengan tanda kehamilan itu sendiri.

Terkadang juga tidak disadari saat sudah hamil, kebanyakan wanita tidak mengetahui tanda-tanda awalnya. Itu sebabnya hal tersebut yang menjadi penyebab angka keguguran di awal kehamilan meningkat karena sebagian wanita tak menyadarinya. Gejala awal kehamilan biasanya ditandai dengan mual atau muntah. Namun beberapa wanita tidak mengalami hal tersebut. Lalu kapan tanda-tanda hamil muncul?

Berikut ini tanda Kehamilan yang Umumnya Terjadi pada Wanita:

1.       Mengalami Kram Pada Perut

Kram ini biasa terjadi dan sangat menyerupai kram ketika menstruasi. Jadi banyak yang mengira bahwa mereka sedang mengalami menstruasi ketika pendarahan terjadi.

2.       Perubahan Pada Payudara Wanita

Hormon dalam tubuh wanita ketika sudah dibuahi dapat membuat perubahan-perubahan pada tubuh, khususnya di payudara wanita. Beberapa mengalami bengkak hingga sakit tapi ada juga yang tidak.

3.       Morning Sickness

Awal kehamilan yang umumnya dan banyak terjadi adalah mual di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness. Biasanya akan berlangsung selama 13 minggu sejak pertama kehamilan. Namun ada juga yang mengalaminya dari 3-4 bulan hingga ada yang sampai akhir menjelang persalinan. Setiap wanita berbeda-beda untuk gejala morning sicknessnya.

4.       Sering Mengalami Sakit Kepala Dan Punggung

Biasanya awal seorang wanita hamil akan mengalami sakit kepala tapi ringan. Biasanya sakit kepala ini akan disertai dengan sakit punggung. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bayi dalam kandungan semakin besar.

5.       Sembelit

Kadar hormone dalam tubuh wanita hamil khususnya hormone progesteronnya akan meningkat secara drastic sehingga seringkali membuat sang ibu sembelit. Untuk mengatasi ini bisa dengan olahraga teratur, cukup air agar terhidrasi dan konsumsi makanan serat tinggi.

6.       Mudah Kelelahan

Tanda lain kehamilan yang biasa muncul pada wanita hamil adalah secara tiba-tiba jadi mudah kelelahan. Awal masa kehamilan memang akan seperti ini. Mengingat kadar progesterone dalam tubuh semakin meningkat sedangkan tekanan darah dan gula darah dalam tubuh menjadi rendah. Kemudian meningkatnya produksi darah juga menjadi penyebab wanita pada masa awal kehamilan jadi mudah kelelahan.

Kehamilan bisa diidentifikasi saat wanita telat haid 2-3 minggu. Sehingga bisa dikatakan jika wanita sudah telat haid selama 1 bulan maka ia dinyatakan hamil. Namun perlu diingat bahwa terkadang diminggu pertama telat haid belum bisa dipastikan ia hamil atau tidak. Karena memang mengetahui kehamilan pada satu minggu pertama tidak mudah.

Kemudian siklus ovulasi juga menentukan pembuahan yang terjadi dari hari ke 13 hingga ke 20. Namun juga tergantung dengan siklus haid setiap wanita. Karena setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Ada yang lancar ada juga yang tidak pada tiap bulannya. Sehingga siklus haid juga menjadi hal yang bisa menentukan tanda kehamilan seseorang.

Tanda kehamilan lainnya yang mudah diketahui yaitu perut menjadi kembung. biasanya wanita hamil akan mudah buang gas dan sendawa berkali-kali dalam sehari yang menjadi tanda kehamilan awalnya. Namun kembung ini akan terus berlangsung hingga menjelang persalinan. Karena bayi yang semakin besar dapat menekan lambung dan organ-organ lain dalam tubuh. Jadi terkadang memang resiko seorang wanita hamil akan mengalami ketidaknyamanan.

Wanita hamil juga akan lebih mudah sensitive perasaannya. Ini juga dikarenakan hormone dalam tubuhnya membuat banyak perubahan dalam tubuh. Kadang juga membuat wanita lebih emosi dari biasanya. Itu sebabnya suami disarankan untuk bisa lebih mengalah dan memahami kondisi istri dengan baik. Agar ketika istri hamil lebih banyak senangnya ketimbang sedihnya. Perasaan senang istri sepanjang hamil 9 bulan dapat mengoptimalkan perkembangan bayi.

Jadi ketika sudah mengetahui tanda hamil yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk Sembilan bulan kedepan menjaga janin agar pertumbuhannya baik. Tidak hanya menjaga pola makan saja, namun menjaga pola pikir tetap sehat dan bahagia bisa menjadi penunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Artikel Terkait

Pentingnya Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mengatasinya

Speech delay yang biasa terjadi pada anak memiliki sebab-sebab yang perlu orang tua pahami. Karena anak terlambat bicara biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya gangguan di pendengaran anak.
Selengkapnya

Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

Ada beberapa cara dalam menidurkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara yang dapat para orang tua lakukan
Selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Apa yang Dimaksud Dengan Protein Nabati dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Apa yang dimaksud dengan protein nabati sih? Mari mengenal lebih dekat dengan protein yang satu ini.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)