Beberapa Batasan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam

11-12-2020 02:52:16
Madu Anak Vitabumin

Di dalam agama islam ada beberapa larangan saat haid yang diperuntukan bagi wanita muslimah untuk melakukan kegiatan tertentu.

Haid atau menstruasi ini merupakan kondisi yang dialami oleh para wanita sebagai bentuk perubahan fisiologis dalam tubuh yang berupa keluarnya darah dari rahim setelah ovulasi secara berkala yang disebabkan karena adanya lapisan endometrium rahim.

Di dalam syariat islam sendiri seorang wanita yang sedang haid ini dianggap sedang tidak suci, sehingga ada beberapa yang dilarang saat haid menurut islam.

artikel terkait : tanda tanda hamil muda

Beberapa Larangan Saat Haid Menurut Islam

Tidak Boleh Melakukan Sholat

Walaupun sholat diwajibkan bagi para umat islam, namun bagi wanita yang sedang haid maka gugurlah kewajiban sholat nya, baik itu kewajiban sholat wajib atau pun sholat sunah.

Penyebab larangannya ialah karena syarat sah sholat ialah suci dari hadas, sedangkan bagi perempuan yang sedang haid ataupun nifas ini merupakan sebuah keadaan yang tidak suci sampai darah telah berhenti dan telah mandi janabah.

Tidak Boleh Berpuasa

Perempuan yang sedang mengalami haid atau nifas ini juga tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa, baik itu puasa Ramadhan ataupun puasa sunah. Bila anda sedang haid atau nifas melakukan puasa maka puasanya tidak diterima oleh Allah SWT.

Perbedaan larangan sholat dan puasa bagi wanita haid atau nifas ialah kewajiban qada untuk puasa wajib di luar Ramadhan sedangkan sholat tidak disyariatkan untuk mengqodo. Qadha puasa wajib dilakukan sejumlah hari ketika wanita tersebut sedang haid.

Larangan Untuk Berhubungan Suami Istri

Berhubungan badan bagi pasutri suami istri dianggap sebagai sedekah dan juga bernilai ibadah. Namun bagi wanita yang sedang haid atau nifas ini hubungan suami istri ini dilarang dan bila dilakukan termasuk dalam dosa besar.

Walaupun demikian bagi pasutri suami istri tetap diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seksual selama dapat menahan diri tidak melakukan peneterasi penis ke dalam vagina.

Namun ada hadis yang diriwayatkan dari jalur Aisyah yang berkata bahwa di antara para istri nabi SAW ada yang mengalami haid namun Rasulullah ingin bercumbu dengan dirinya lalu beliau memerintahkan untuk menggunakan sarung agar menutupi tempat keluarnya darah hadi atau nifas kemudian beliau tetap mencumbunya di atas sarung tersebut.

Menyentuh Al-Quran

Mushaf Al-Quran suci, maka dari itu disunahkan untuk berwudhu dahulu sebelum menyentuh Al-Quran. Sebaliknya bagi perempuan yang haid atau nifas ini dilarang untuk menyentuh Al-Quran karena sedang berhalangan.

Empat mazhab di dalam islam yaitu Syafi’i, Hanafi, Hambali dan juga Maliki berpendapat bahwa menyentuh Al-Quran sangat dilarang bagi wanita haid.

Karena dalil nya ialah bersabda Nabi Muhammad SAW “tidak diperbolehkan menyentuh Al Quran kecuali engkau dalam keadaan yang suci”. (HR. Al Hakim).

Membaca Al-Quran

Pendapat empat mazhab mengenai membaca Al Quran tanpa menyentuh sepakat bila membaca Al Quran dengan suara dilarang bagi wanita yang sedang haid atau nifas. Larangan wanita haid atau nifas dalam membaca Al Quran ini berdasarkan qias keadaan haid atau nifas dengan keadaan tidak suci dan dalam kondisi junub.

Namun ada pengecualian ketika wanita yang sedang haid membaca Al Quran tanpa mushaf dengan tujuan untuk doa dan zikir, maka mereka diperbolehkan membaca karena tujuannya hanya untuk berzikir dan juga untuk menjaga diri bukan untuk diniatkan membaca Al Quran.

Selain itu juga wanita yang sedang haid dapat pula membaca Al Quran tanpa mushaf dengan syaratnya membaca di dalam hati, menggerakkan bibir dan tanpa mengeluarkan suara apapun.

Berdiam Diri Di Dalam Masjid

Larangan untuk perempuan yang sedang haid atau nifas selanjutnya ialah berdiam diri di dalam masjid berdasarkan dari firman Allah SWT dalam surah An Nisa:43 “Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati sholat ketika kamu sedang dalam keadaan mabuk, sampai sadar apa yang kamu ucapkan dan jangan pula kamu menghampiri masjid ketika kamu dalam keadaan junub kecuali hanya sekedar melewati saja sebelum kamu mandi junub”.

Tawaf

Wanita yang sedang haid atau nifas ini dilarang untuk melakukan tawaf yang mengelilingi ka’bah. Seperti Nabi Muhammad bersabda pada Aisyah RA yang mengalami menstruasi, “lakukan segala sesuatu yang dilakukan oleh orang haji selain dari melakukan tawaf di ka’bah hingga engkau suci kembali”. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)