Kapan Waktu yang Tepat Anak Mulai Bersekolah?

31-01-2020 08:43:20
Madu Anak Vitabumin


Kapan waktu yang tepat bagi anak untuk mulai bersekolah? Pertanyaan ini seringkali membuat bingung kebanyakan orang tua. Kebingungan tersebut akan mulai bertambah seiring dengan adanya pendapat banyak ahli yang berbeda. Ada yang memberikan pendapat bahwa pendidikan di usia dini sangat penting. Sehingga anak sebaiknya segera masuk sekolah sejak usia dini.

Sebaliknya ada pula yang menyebutkan bahwa tumbuh kembang anak itu penting. Sehingga tumbuh kembang ini harus dimaksimalkan. Oleh karena itu pada usia dini anak-anak tidak perlu sekolah dan membiarkannya memiliki waktu bermain yang panjang. Apakah Anda merasa kebingungan lantaran melihat sudut pandang dan pendapat yang berbeda mengenai hal di atas?

Kebingungan yang Anda rasakan sebagai orang tua merupakan hal yang wajar. Bahkan hampir setiap orang mempunyai permasalahan yang sama dalam menentukan waktu sekolah. Hal yang perlu disadari yaitu, pada kenyataannya, setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda. Sebagai contohnya ada anak yang belum genap dua tahun sudah meminta untuk masuk sekolah.

Hal tersebut terjadi setelah melihat kakaknya berangkat sekolah. Ada pula anak lainnya yang justru senang bermain. Bahkan belum tertarik masuk sekolah. Hal ini membuktikan bahwa masing-masing anak memiliki karakter, lingkungan dan perkembangan yang berbeda. Untuk itu, agar memudahkan Anda memutuskan kapan waktu terbaik anak sekolah tengoklah penjelasan di bawah ini.


artikel terkait : madu anak

Tanda Anak Siap Masuk Sekolah

Menentukan waktu yang ideal untuk anak masuk sekolah dapat dilihat dari berbagai perkembangannya. Salah satunya ialah dengan memperhatikan setiap tanda-tanda yang diberikan oleh buah hati Anda. Dengan melihat setiap tanda yang muncul pada perkembangan buah hati, Anda tentu bisa lebih tepat dalam memutuskan kapan waktu terbaik untuk anak bersekolah.

Tanda anak sudah siap masuk sekolah dapat dilihat dari perkembangan kognitifnya. Pada usia dini atau setidaknya empat tahun, kognitif anak sudah mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga anak mudah menyerap pelajaran di sekolah. Berbeda dengan anak usia di bawah empat tahun yang belum dapat menyelesaikan tugas sekolah.

Selanjutnya, karakter pada anak biasanya mulai terbentuk pada usia dini. Anak yang berusia kurang dari empat tahun misalnya belum memiliki karakter yang terbentuk sepenuhnya. Padahal, di sekolah anak harus bersosialisasi dengan lingkungan dan teman. Karena itu sebaiknya sebelum memasukkannya ke sekolah cermati terlebih dahulu apakah karakter anak anda sudah berkembang dengan baik.

Melihat Kesiapan Anak Masuk Sekolah

Menentukan kapan seharusnya anak masuk sekolah bukan perkara mudah. Namun Anda dapat memulainya dengan melihat kesiapan buah hati Anda. Sebelum memasuki bangku sekolah anak akan mengalami fase perubahan. Beberapa kebiasaan yang dilakukan di rumah perlu dihilangkan. Ini akan membantu Anda melihat sejauh mana buah hati Anda siap masuk ke sekolah.

Salah satunya dengan membiasakan anak jauh dari Anda dalam beberapa waktu. Pada saat masuk sekolah si kecil tidak dapat bergantung pada Anda. Si kecil harus bersosialisasi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Karena itu, cobalah sesekali waktu untuk menguji buah hati Anda dengan membiarkannya. Anda masih dapat mengawasinya dari kejauhan.

Apabila si kecil dapat melewatkan beberapa jam tanpa kehadiran Anda besar kemungkinan ia sudah memiliki kesiapan mental yang cukup untuk sekolah. Namun sebaliknya, apabila terjadi masalah ketika Anda tinggal, mungkin si kecil belum siap masuk sekolah. Misalnya saja, si kecil merengek dan bertingkah seolah menegaskan ia tidak ingin masuk sekolah.

Membantu Anak Siap Masuk Sekolah

Saat mendapati si kecil sudah siap masuk sekolah tugas Anda sebagai orang tua adalah menyemangatinya. Dengan kata lain Anda perlu membantu si kecil meyakinkan dirinya agar masuk sekolah. Sebelum waktu sekolah tiba, Anda dapat melatih buah hati untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan sekolahnya. Kegiatan ini bisa bermacam-macam.

Mulai dari bermain puzzle bersama keluarga sampai melakukan aktivitas di luar rumah. Latihan ini penting agar buah hati Anda tidak mengalami down setibanya di sekolah. Meskipun si kecil memiliki usia yang matang untuk sekolah namun terkadang saat sudah memasuki area sekolah bisa saja ia tidak percaya diri. Apalagi saat bertemu dengan guru dan teman-teman lainnya.

Karena itu bantulah buah hati Anda meraih kepercayaan diri yang tinggi. Latihan di rumah juga efektif meningkatkan rasa percaya diri kepada teman. Selain itu Anda sebaiknya membekali si kecil dengan nasehat-nasehat yang menguatkan. Tanamkan pemikiran bahwa masuk sekolah adalah hal yang menyenangkan. Bahkan mereka bisa belajar sampai bermain di sekolah.

Itulah beberapa pertimbangan dalam menentukan kapan waktu yang tepat bagi si kecil untuk masuk sekolah. Meskipun ada berbagai macam pandangan dan pendapat mengenai usia yang tepat bagi anak agar mulai sekolah namun semua keputusan ada di tangan orang tua. Tanda-tanda siap tidaknya anak masuk sekolah di atas bisa membantu Anda.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)