Tips Mengatasi Tantrum Pada Anak

31-01-2020 08:45:12
Madu Anak Vitabumin


Tantrum adalah salah satu hal yang biasanya akan dirasakan pada anak usia dini. Hampir setiap anak di dunia mengalami fase tantrum. Oleh karena itu, orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra saat menghadapi anak tantrum. Lalu sebenarnya apakah tantrum itu? Tantrum merupakan kondisi dimana anak meluapkan emosinya secara berlebihan.

Beberapa hal yang menunjukkan tantrum pada anak adalah menangis dengan kencang, berguling-guling di lantai sampai melempar barang. Kondisi yang demikian seringkali membuat orang tua kebingungan. Anak akan sulit diatur dan cenderung melakukan hal-hal yang diinginkannya. Bahkan ada pula yang tidak mengindahkan nasehat orang tua. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Kondisi tantrum pada anak-anak adalah hal yang wajar. Karena pada dasarnya tantrum sendiri bisa dikatakan sebagai bagian dari proses perkembangan si kecil. Biasanya tantrum melanda anak usia 1 hingga 4 tahun. Tantrum umumnya terjadi karena terbatasnya kemampuan bahasa pada anak. Sehingga anak kurang tepat mengekspresikan perasaannya. Mereka cenderung meluapkan emosinya.

Tanda anak mengalami fase tantrum yaitu meronta, menangis, berteriak, menjerit dan menghentakkan kaki serta tangannya ke lantai. Kebiasaan tersebut akan terjadi berulang-ulang. Bila dibiarkan kebiasaan buruk tersebut akan mempengaruhi karakter buah hati Anda. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang manja. Untuk itu agar Anda bisa menanganinya cobalah tips berikut ini.

artikel terkait : madu anak

Tips Mengatasi Tantrum dengan Tetap Tenang

Tips pertama mengatasi anak tantrum ialah dengan tetap bersikap tenang. Melihat buah hati Anda menjerit tanpa henti di waktu dan tepat yang salah terkadang membuat jengkel. Misalnya saja si kecil merengek dan menjerit saat Anda mengajaknya ke pusat perbelanjaan. Bila sudah begini, setiap orang tua akan merasa kebingungan menghadapinya.

Pada saat itu cobalah untuk tidak memarahi si kecil. Menghentikan si kecil agar tidak merengek dengan memarahinya justru bukan langkah yang tepat.Terlebih bila Anda memarahinya sambil berteriak di depan buah hati. Hal yang demikian justru membuat anak semakin merasa frustasi. Untuk itu, cobalah tetap tenang dalam menghadapi sifat anak tantrum.

Bersikaplah seperti biasanya pada si kecil. Apabila sikap tersebut terjadi pada saat Anda mengajaknya ke ruang publik seperti mall, cobalah ajak anak ke luar. Cara terbaik untuk menenangkannya ialah dengan mengajaknya duduk dan memeluknya. Jika masih tetap rewel Anda dapat memberikan hadiah kecil agar si kecil tenang dan kembali ceria.


Tips Mengatasi Tantrum dengan Memahami Anak

Tips kedua mengatasi si kecil yang rewel atau tantrum ialah dengan memahaminya. Artinya Anda sebagai orang tua harus mencoba berpikir dari sudut pandang anak. Terkadang tantrum merupakan fase yang dibutuhkan seorang anak utuk mengeluarkan setiap ekspresinya. Sehingga ada saatnya Anda perlu memahami ekspresi yang dikeluarkan oleh si kecil.

Senada dengan hal tersebut paktisi anak bernama Linda Pearson menyebutkan bahwa tantrum dapat membantu buah hati Anda untuk belajar mengekspresikan perasaannya setiap saat. Selain itu tantrum juga dapat menujukkan seberapa kuat buah hati Anda mengontrol dirinya sendiri. Tantrum tidak berbahaya bagi anak asalkan mendapatkan pengawasan dari Anda

Pada tips kedua ini usahan untuk menguatkan emosial anak pada diri Anda. Umumnya ikatan batin antara orang tua dan anak sangatlah kuat. Sehingga dari emosional yang diperlihatkan anak, Anda dapat memahami keinginannya. Anda dapat menuruti setiap keinginan si kecil saat sedang tantrum namun tetap pastikan ia tetap belajar mandiri.


Tips Mengatasi Tantrum dengan Bertanya

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi anak yang sedang rewel adalah dengan bertanya. Langkah ini terbilang efektif karena umumnya anak akan mengatakan keinginannya pada orang tua. Dimanapun di kecil berada tanyakan apa keinginannya. Namun sebelum itu Anda dapat mengalihkan perhatiannya pada hal yang lain. Tujuannya agar si kecil kembali terhibur.

Namun bila perhatiannya tidak berhasil dialihkan tugas Anda adalah menanyakan keinginannya. Terkadang setiap anak kecil memiliki cara tersendiri ketika menginginkan suatu hal. Ada yang langsung mengatakannya pada orang tua. Namun sebaliknya ada pula yang justru memberikan ekspresi tertentu seperti merengek manja atau menjerit. Cobalah untuk menuruti permintaan si kecil.

Bersamaan dengan Anda menuruti permintaan tersebut ajarkan padanya untuk berjanji tidak mengulangi tantrum di tempat umum maupun di rumah. Ajarkan si kecil bahwa meminta permintaan langsung tanpa harus merengek adalah hal yang baik. Selain pelajaran tersebut Anda juga bisa memberikan pemahaman lain mengenai usaha untuk mendapatkan barang yang disukai anak.

Demikianlah tips menghadapi tantrum pada anak. Tatrum tidak akan menjadi hal yang berat. Justru Anda dapat mencermati dan mengikuti perkembangan anak dari fase-fasenya. Setiap tantrum yang muncul pada diri si kecil dapat Anda manfaatkan untuk mengasah pemahamannya agar bersikap mandiri dan kreatif. Dengan begitu si kecil akan tumbuh dengan maksimal.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)