Tips Mengatasi Sembelit Pada Balita

31-01-2020 08:02:14
Madu Anak Vitabumin


Mengalami sembelit atau susah buang air besar tentu menjadi problematika tersendiri bagi manusia. Sampah makanan yang seharusnya dikeluarkan, justru mneumpuk di dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkan juga tentu sangat beragam. Mulai dari mual, perut terasa begah, hingga tidak optimalnya pross metabolisme tubuh. Bahkan bisa saja sampah makanan yang tidak dikeluarkan menyebabkan racun yang dapat menyebabr di dalam tubuh.

Kasus sembelit ini memang terlihat sepele, akan tetapi tidak boleh dianggap remeh. Sampah makanan dalam tubuh harus segera dibuang agar tidak berdampak lebih buruk. Kasus kelainan ini ternyata bisa dialami oleh semua orang. Mulai anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Sembelit bagi orang dewasa tergolong cukup mengganggu. Apalagi jika dialami oleh anak kecil atau balita. Balita yang belum bisa mengekspresikan keluhannya, tentu saja hanya akan berujung pada tangisan.

Tangisan seorang balita atau bayi dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya dapat pla disebabkan karena sang balita kesulitan untuk buang air besar. Bagi seorang ibu atau orang tua, tentu tidak akan bisa membiarkan anaknya menangis karena kesakitan. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi sembelit pada balita. Namun, sebelumnya ada lebih baiknya jika Anda mengetahui penyebab sembelit pada balita, agar tahu penanganan yang benar.


artikel terkait : madu anak

Penyebab Sembelit Pada Balita

Agar mengetahui penanganan yang tepat pada penderita sembelit. Ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab sembelit yang dialami balita Anda. Berikut ini beberapa penyebab sembelit yang dialami bayi atau balita.

·   Usia bayi baru lahir yang belum berkembang organ pencernaannya, justru sudah diberi makanan pada oleh orang tua. Hal ini tentu akan menyebabkan sembelit pada bayi.

·    Bayi atau balita kekurangan cairan dalam tubuh. Akibatnya kotoran menjadi kering atau keras, sehingga sulit untuk dikeluarkan.

·      Komposisi susu formula sulit dicerna oleh tubuh. Usia bayi kurang dari 6 bulan memang masih membutuhkan ASI. Namun jika sebeumn usia 6 bulan sudah diberi susu formula. Bisa jadi kandungan susu formula belum bisa dicerna, sehingga menyebabkan kotoran keras dan susuah dikeuarkan. Sebaiknya penggunaan susu formula disesuaikan dengan kondisi balita dan juga ketersediaan ASI ibu.

·  Kondisi medis tertentu dapat pula menjadi penyebab balita mengalami sembelit. Contohnya penyakit celiac, kadar kalsium tinggi pada darah, atau bahkan disebabkan oleh elainan sumsum tulang belakang. Dan masih terdapat kondisi media lainnya yang bisa menyebabkan sembelit.

 

Tips Mengatasi Sembelit Pada Balita

Mengetahui cara mengatasi sembelit pada balita, biasanya dikelompokkan berdasarkan umurnya. Hal itu karena kondisi fisik bayi akan berbeda sesuai dengan perkembangan usianya. Berikut ini akan dibagi dua kelompok usia, yaitu bayi berusia kurang dari 6 bulan dan bayi berkisar usia 6 bulan hingga 2 tahun.

1.      Penanganan sembelit pada bayi usia kurang dari 6 bulan.

Kondisi perkembangan fisik bayi usia kurang dari 6 bulan tentu akan sangat berbeda dengan bayi sudah meninjak usia balita. Untuk itu, penanganannya cukup sederhana serta disesuaikan dengan penyebab sembelit. Diantaranya dapat dilakukan sebagai berikut.

 

·    Segera memngganti susu formula yang diberikan ke bayi. Konsumsi susu formula pada bayi usia di bawah 6 bulan memang sangat berpengaruh pada pencernaan. Jadi, segera konsultasikan dengan dokter terkait takaran dan juga susu formula yang boleh dikonsumsi bayi.

·   Memanfaatkan pelembut tinja, tetapi dengan catatan sesuai anjuran dokter. Anda tidak bisa menggunakan pelembut tinja secara sembarangan kepada bayi Anda. Sebelumnya Anda harus mengkonsultasikan ke dokter untuk menggunakan pelembut tinja. Pelembut tinja dapat ditambahkan pada susu bayi dan diberikan 3 kali dalam satu hari.

 

2.      Penangan sembelit dengan rentang usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Bayi pada usia lebih dari 6 bulan sudah dikenakan dengan makanan-makanan pendamping ASI. Jenis makanan-makanan inilah yang menjadi salah satu penyebab sembelit. Untuk itu, penanganannya berbeda dengan bayi usia di abwah 6 bulan. Berikut beberapa penangan sembelit pada bayi usia di atas 6 bulan.

 

·      Memberikan makanan yang tinggi serat. Berikan porsi serat yang lebih banyak setiap hari. Ada baiknya Anda memberikan 3 porsi sayuran dan 2 porsi buah setiap harinya pada bayi Anda. Cukupilah kebutuhan serat bayi agar tidak mengalami sembelit.

·     Mencukupi cairan dalam tubuh. Selain makanan yang dikonsumsi, kadar cairan dalam tubuh juga sangat mempengaruhi resiko sembelit. Saat bayi Anda mengalami sembelit, segeralah penuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Cairan yang yang cukup dalam tubuh akan membuat tinja menjadi lunak. Sehingga proses buang air besar bisa lebih mudah.

·    Bagi balita yang sudah bisa berjalan, Anda bisa membiasakan duduk atau jongkok di toilet secara teratur. Mintalah anak Anda untuk jongkok atau duduk di toilet sekitar 3-5 menit setelah makan. Meskipun tidak sakit perut, mintalah anak Anda untuk ke toilet. Dengan cara ini, anak dapat belajar merespon keinginanannya untuk buang air besar.


Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan saat bayi atau balita Anda sembelit. Meskipun terbilang sepela, tetapi sembelit ini tidak bisa diremehkan. Segera berikan penaganan yang sesuai pada usia bayi atau balita Anda. Agar sampah makanan dalam tubuh dapat segera dikeluarkan, dan tidak berdampak pada kesehatan tubuh.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)