Tips Berkendara Mobil Bersama Si Kecil

17-06-2020 04:03:15
Madu Anak Vitabumin


Berkendara adalah hal yang tidak akan pernah lepas dari aktivitas kebanyakan orang tua. Tidak hanya dalam aktivitas sehari-hari, saat berwisata pun banyak orang memutuskan untuk berkendara. Bepergian untuk tujuan wisata dengan keluarga dengan menggunakan mobil memang terasa menyenangkan. Namun, mengendarai mobil bersama si kecil bukan hal yang mudah dilakukan.

Hal ini mengingat pada usia dini anak-anak akan mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat. Perkembangan buah hati tersebut bisa ditandai dengan sikap cenderung aktif dan susah diam di manapun tempatnya. Karena sifat buah hati yang aktif tersebut, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengemudi mobil. Terutama saat mengemudi jarak jauh.

Selain sikap yang cenderung aktif dalam masa perkembangan si kecil juga bisa menjadi lebih manja. Anak akan mudah menangis dan merengek sehingga mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudikan kendaraan. Biasanya permasalahan ini sering disebut sebagai tantrum. Anak lainnya juga sering mengalami rasa bosan saat berada di dalam kendaraan yang Anda kemudikan. 

Meski begitu, sebagai orang tua, Anda harus menyadari bahwa tidak mudah mengemudikan kendaraan bersama buah hati yang masih berusia dini. Bahkan hal tersebut bisa berpengaruh besar terhadap keselamatan buah hati dan keluarga yang berada di dalam kendaraan. Untuk mengatasi hal ini, kami sudah menyediakan tips berkendara mobil bersama si kecil.

artikel terkait : madu anak

Tips Berkendara Mobil saat Awal Perjalanan

Perjalanan dengan tema apapun apabila membawa si kecil membuat Anda memperhatikan setiap detailnya. Sebelum memulai perjalanan bersama buah hati pastikan terlebih dahulu Anda telah memeriksa kendaraan. Jika Anda akan membawa mobil dengan jarak yang sangat jauh, tidak ada salahnya membawanya ke bengkel terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar mobil diperiksa kelayakannya.

Persiapan juga perlu Anda lanjutkan ke bagian perlengkapan si kecil. Umumnya anak-anak akan membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak. Perlengkapan tersebut akan membuat si kecil nyaman saat berada di dalam mobil. Untuk mempertahankan kenyamanan buah hati sebaiknya Anda tidak menyepelekan pendingin dan penghangat kendaraan. Usahakan untuk mengatur temperatur yang nyaman.

Pada saat mengawali perjalanan sebaiknya Anda mencermati benda-benda yang berbahaya. Sebelum berangkat bepergian, pastikan Anda sudah memerika setiap sudut di dalam mobil. Tujuannya agar si kecil tidak terkena benda-benda berbahaya saat Anda melakukan pengereman mendadak dan belokan tajam. Bahkan pada saat mengalami kecelakaan buah hati tetap dalam kondisi aman.

Tips Berkendara Mobil di Tengah Perjalanan

Saat perjalanan berlangsung tugas Anda untuk mengawasi gerak-gerik si kecil belum selesai. Justru pada saat tengah perjalanan inilah kesabaran Anda akan diuji. Si kecil bisa saja lebih rewel dari yang Anda bayangkan sebelumnya. Oleh sebab itu hentikan mobil secara berkala. Ini salah satu cara agar buah hati Anda tidak rewel.

Anda dapat menghentikan perjalanan sejenak untuk beristirahat sambil bersenda gurau bersama buah hati. Meluangkan waktu untuk bercakap-cakap dengan si kecil akan membuatnya lebih tenang dan merasa diperhatikan. Waktu istirahat ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menyantap makanan bersama si kecil. Dalam hal ini sebaiknya carilah rest area yang nyaman untuk buah hati.

Hindari menyantap makanan di dalam mobil karena dapat membuat udara kabin menjadi tidak segar. Sesekali Anda dapat membuka jendela mobil agar udara di luar dapat masuk. Setelah semuanya seperti yang Anda harapkan lanjutkan dengan memeriksa kondisi buah hati. Lihatlah apakah si kecil memerlukan jaket atau pakaian ganti selama perjalanan berlangsung.

Tips Berkendara Mobil saat Akhir Perjalanan

Saat di akhir perjalanan atau pulang biasanya semua orang di dalam mobil mengalami rasa lelah yang tinggi. Kondisi ini membuat Anda bisa saja lalai dalam mengawasi ruang gerak si kecil. Terkadang meskipun semua orang dewasa kelelahan, anak-anak justru merasakan hal yang sebaliknya. Namun, ada pula anak yang kondisi kesehatannya tidak stabil.

Sebagai orang tua Anda harus bisa mengantisipasi keduanya. Saat si kecil masih merasa fit ada kemungkinan ruang geraknya masih sama seperti pada awal dan tengah perjalanan. Agar tidak bosan saat perjalanan pulang cobalah untuk bernyanyi bersama buah hati. Cara ini sangat efektif menghilangkan rasa bosan anak sekaligus mengurangi kantuk Anda.

Bagaimana jika saat perjalanan pulang kondisi si kecil justru kesehatannya terganggu? Untuk mengatasi hal ini segeralah mengobati buah hati dengan resep obat yang sebelumnya sudah diberikan dokter. Beberapa saat Anda bisa menghentikan kendaraan dan membawa si kecil keluar agar dapat menghirup udara segar dan segera membawanya ke rumah sakit terdekat.

Demikianlah tips berkendara bersama buah hati. Tidak hanya pada waktu berwisata saja, tips di atas dapat Anda aplikasikan pada saat bepergian ke rumah saudara. Agar lebih aman bawalah orang yang bisa mengawasi gerak-gerik si kecil saat berada di mobil. Namun, bila hal tersebut tidak memungkinkan, sebaiknya berhati-hatilah membawa buah hati berkendara.

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)