Tanda Kebutaan Pada Bayi

02-07-2020 03:29:01
Madu Anak Vitabumin


Ada beberapa macam jenis cacat lahir pada bayi dan beberapa penyebab terjadinya cacat lahir pada bayi. Dari berbagai kemungkinan tersebut satu di antaranya ialah termasuk kebutaan pada bayi. Padahal kemampuan melihat dengan baik dan jelas pada bayi sangat berperan penting dalam mendukung proses perkembangannya. Lalu apa saja tanda atau ciri-ciri kebutaan pada bayi yang perlu diperhatikan?

Kebutaan merupakan ketidakmampuan atau terbatasnya fungsi mata dalam melihat hal apa saja baik itu cahaya sekali pun. Namun sebelum memahami lebih jauh mengenai ciri-ciri kebutaan pada bayi, ketahui terlebih dahulu bahwa kebutaan dapat dibedakan menjadi dua jenis.

Pertama yakni kebutaan parsial yang diartikan sebagai kebutaan sebagaian. Contoh dari kondisi ini yaitu ketika penglihatan tampak kabur atau ketidakmampuan mata dalam membedakan bentuk objek. Yang kedua yaitu kebutaan total, sesuai dengan namanya kebutaan total merupakan kondisi ketika mata bayi tidak berfungsi sama sekali alias tidak dapat melihat objek maupun cahaya apa pun.

Ciri-ciri Kebutaan Pada Bayi

Kemampuan bayi dalam melihat dengan jelas tidak lepas dari kerja sama antara mata dengan otak. Mata terdiri atas berbagai bagian yang berbeda yang meliputi  kornea, lensa, iris hingga retina. Semua bagian mata tersebut saling bekerja sama agar cahaya, gambar ataupun objek yang dilihat dapat ditangkap dengan jelas dan fokus oleh mata. Selanjutnya saraf yang ada pada mata ini bertugas untuk mengirimkan objek, gambar ataupun cahaya yang dilihat menuju ke otak.

Pada saat itulah otak bekerja memproses dan mengenali apa yang ditangkap oleh mata. Walau prosesnya tampak kelihatan rumit namun nyatanya kerja sama antara mata dan otak hingga seseorang bisa menangkap apa yang dilihatnya sebenarnya terjadi secara sangat singkat.

Ciri-ciri kebutaan pada bayi dapat terjadi di salah satu ataupun kedua mata. Sebagaian besar bayi biasanya mulai fokus melihat wajah dan benda sejak baru lahir. Namun ada juga yang baru mengembangkan kemampuan ini di usia empat minggu sampai usia lima minggu.

Bayi juga biasanya akan menunjukkan perkembangan yang mampu tersenyum sendiri atau pada orang yang dikenali oleh bayi. Namun sayangnya bila memiliki gangguan pada penglihatannya otomatis kemampuan tersebut tidak dapat berkembang dengan baik. Bila bayi mengalami kondisi mata yang buta atau tidak dapat melihat, berikut ciri-ciri kebutaan pada bayi:

  • Memiliki fokus mata yang buruk
  • Mengalami sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya
  • Mata merah kronis
  • Sering menggosok mata
  • Mengalami kesulitan dalam melihat atau mengamati objek
  • Pupil mata terlihat berwarna putih bukan hitam
  • Mata bayi tidak pernah membuka
  • Pergerakan mata tidak normal setelah bayi berusia enam bulan
  • Bayi sudah berusia lebih dari satu bulan tapi cahaya, handphone ataupun gangguan lainnya tidak menarik perhatiannya.

Pemeriksaan Mata Untuk Bayi

Sebagai orang tua anda disarankan untuk memeriksakan kondisi bayi maupun anak yang memiliki masalah dengan kemampuan penglihatannya pada dokter spesialis mata. Mata bayi wajib untuk diperiksakan baik itu saat mengalami masalah penglihatan yang masih terbilang ringan atau sudah serius sekali pun.

Selain bertujuan untuk mendeteksi masalah pada perkembangan penglihatan si kecil sedini mungkin memeriksakan gangguan penglihatan bayi juga membantunya mendapatkan penanganan yang tepat. Pada umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan mengenai penglihatan bayi sejak bayi baru lahir yang berguna untuk mencari kemungkinan adanya ciri-ciri kebutaan pada bayi.

Selanjutnya di usia enam bulan kemudian dokter akan memeriksa kondisi si kecil kembali terkait ketajaman penglihatan, fokus penglihatan hingga penyelarasan mata.

Pemeriksaan mata bayi juga dilakukan dokter dengan melihat struktur mata bayi. Selain itu dokter juga akan menilai apakah buah hati anda dapat mengikuti atau memerhatikan pergerakan benda berwarna dan terang di hadapannya.

Jangan sepelekan bila si kecil tidak menunjukkan rangsangan visual di usia enam minggu sampai usia delapan minggu. Terlebih lagi bila buah hati anda tidak berekasi terhadap cahaya yang bersinar di depan mata nya atau tidak fokus pada objek berwarna di usia dua bulan hingga usia tiga bulan segera periksakan ke dokter anak anda.

Bila anda memperhatikan mata bayi anda juling ataupun melihat ciri gangguan penglihatan lainnya jangan tunda untuk membawanya ke dokter guna mencegah kemungkinan mata bayi butaPemeriksaan mata bagi bayi dapat dari pemeriksaan kemampuan penglihatan yang dapat dilakukan oleh dokter dengan menggunakan tes khusus.

Tes yang dilakukan misalnya dengan meletakkan mainan di hadapan bayi untuk menilai seberapa fokus penglihatan si bayi. Selain itu juga dokter dapat memriksa kemampuan penglihatan bayi dan anak dengan menggunakan alat pencahayaan yang khusus. Alat ini berfungsi untuk memungkinkan dokter meilihat ke dalam bola mata si kecil. Dengan cara ini dokter mata dapat mengamati setiap bagian mata bayi guna mencari tahu masalah yang berpengaruh pada kemampuan melihatnya.

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)