Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir

03-02-2021 08:02:40
Madu Anak Vitabumin

Sebelum sel telur matang dan siap untuk dibuahi akan membutuhkan sebuah serangkaian proses yang cukup panjang untuk ditempuh.

Proses inilah yang disebut dengan proses oogenesis. Bisa dikatakan juga bahwa oogenesis merupan tahapan awal dari sebuah serangkaian proses reproduksi yang ada pada perempuan.

Apa Itu Oogenesis?

Oogenesis ialah proses pembentukan sel telur atau ovum yang ada pada wanita, dimana terjadi di dalam ovarium atau indung telur. Ovarium yang ada di dalam embrio ini memiliki sekitar kurang lebih 600 ribu sel oogonium ataupun sel induk telur.

Sekitar sembilan minggu setelah proses pembuahan terjadi ternyata disitu janin juga telah memulai untuk memproduksi sel telur. Di saat janin bayi perempuan berusia sekitar 5 bulan, oogonium akan memperbanyak diri dengan menggunakan cara mitosis sampai jumlahnya sekitar lebih dari 7 juta oosit primer.

Namun sayangnya jumlah oosit primer yang sangat banyak ini akan terus berkurang sampai ketika janin dilahirkan. Dari awal jumlahnya yang sekitar ada 7 juta lebih oosit primer setelah dilahirkan oosit primer akan menjadi tersisa sekitar 1 juta sampai 2 juta saja.

Sel telur ini nantinya juga akan berhenti berkembang sampai memasuki di usia pubertas. Setelah masa pubertas inilah oogonium akan mulai aktif bekerja lagi dengan mengikuti siklus menstruasi.

Dari sekitar 2 juta oosit primer ini hanya akan ada sekitar 400 ratus saja yang dapat bertahan hingga menjadi sebuah folikel matang. Folikel matang sendiri merupakan kantong kecil yang memiliki dinding sel dan di dalam nya ini terdapat satu sel telur.

Sel telur ini lah yang nantinya akan dilepaskan selama dalam masa reproduksi. Perlu untuk dipahami bahwa seiring bertambah usianya anda maka kualitas dan kuantitas dari ovum yang tersisa akan semakin mengalami penurunan, tetapi hal yang seperti ini merupakan hal yang normal.

Fase Tahapan Oogenesis Pada Bayi Perempuan

Di saat bayi perempuan lahir maka di setiap ovariumnya akan mengandung sekitar satu juta oosit primer, sampai mereka pubertas oosit primernya hanya akan berkisar sekitar dua ratus ribu saja sedangkan untuk oosit lainnya akan mengalami degenerasi selama masa pertumbuhan.

Dari sisa oosit primer ini yang bertahan sampai ke masa pubertas maka tahap selanjutnya oosit primer dan badan pola primer akan mengalami pembelahan misois tahap II (2).

Di saat itu lah oosit sekunder akan membelah diri menjadi dua sel dimana satu sel berukuran normal yang sering disebut dengan ootid dan satu lagi akan berukuran kecil yang sering disebut dengan badan polar sekunder. Selanjutnya ootid ini akan mengalami perkembangan sampai menjadi ovum matang, sedangkan ketiga badan polar sekunder yang tadi akan mengalami degenerasi. Dengan begitu di dapatkan hasil bahwa oogenesis pada bayi perempuan hanya akan menghasilkan satu ovum dimana melalui fase oosit primer.

Tahapan Pada Oogenesis

Ovum pada reproduksi perempuan akan terbentuk melalui sebuah proses oogenesis yang terjadi di dalam ovarium. Oogenesis ini terjadi melalui beberapa tahapan yaitu sebagai berikut:

Proliferasi

Proliferasi atau perbanyakan ini merupakan tahapan yang terjadi secara berulang-ulang, dimana hitungannya yaitu gametogonium yang membelah menjadi 2 2, menjadi 4 4, menjadi 8 8 dan seterusnya. Sel benih primordial ini berdiferensiasi menjadi oogonium dan kemudian akan mengalami perbanyakan untuk membentuk oosit primer dan akan siap untuk memasuki periode tumbuh.

Pertumbuhan

Di dalam tahap ini oogonium akan tumbuh membesar menjadi oogonium I. Ditahapan ini memegang peran penting karena Sebagian besar dari substansi telur akan digunakan untuk tahap perkembangan selanjutnya.

Pematangan

Di tahapan ini akan terdapat 2 kali pembelahan miosis, setelah tahap pertumbuhan, oogonium I akan mengalami tahap pematangan yang akan berlangsung secara meiosis. Akhir dari meiosis I ini nantinya akan terbentuk oogonium II dan pada akhir meiosis II akan terbentuk ootid.

Perubahan Bentuk

Tahapan oogenesis yang terkahir ialah perubahan bentuk. Ootid dalam fase akhir ini akan mengalami perubahan bentuk menjadi gamet. Pada mamlia, selesai meiosis I pada betina akan terbentuk oosit II dan satu polosit.

Polosit ini akan jauh lebih kecil dari oosit karena sitoplasma akan sedikit sekali. Akhir dari meiosis II ini akan terbentuk satu ootid dan satu polosit II.

Sedangkan polosit I membelah juga menjadi dua namun jarang terjadi karena akan berdegenerasi lebih awal. Sehingga tiga polosit tersebut akan berdegenerasi lalu akan diserap kembali ke dalam tubuh. Jadi untuk yang berjenis betina oosit akan tumbuh menjadi 1 ovum.


Memahami Proses Ovulasi Pada Wanita

Ketika ovum dan inti nucleus telah siap untuk melebur menjadi satu maka sel telur akan matang dan telah bersiap untuk dikeluarkan.

Peristiwa dari pengeluaran sel telur ini disebut dengan ovulasi, ovulasi sendiri juga akan terjadi setiap bulannya.

Ketika seorang perempuan mengalami ovulasi maka hanya akan ada satu sel telur yang matang. Berikut beberapa tahapan ovulasi yang perlu diketahui, diantaranya ialah sebagai berikut:

Periovulatori

Periovulatori ini merupakan tahapan ketika lapisan sel telur yang dimulai dengan dilapisi lendir dan bersiap untuk bergerak keluar menuju rahim.

Di sisi lain, rahim telah siap untuk mempersiapkan diri untuk dapat menerima telur sehingga dinding rahim akan menebal.

Ovulasi

Di tahapan ini ada enzim khusus yang dimiliki oleh tubuh untuk membentuk lubang agar dapat memudahkan sel telur untuk bergerak melalui tuba falopi.

Tuba falopi yaitu saluran yang menghubungkan indung telur ke dalam rahim. Telur yang matang ini akan masuk ke dalam saluran tuba falopi dan melewatinya sampai ke rahim.

Di dalam tahapan ini biasanya akan terjadi pembuahan. Pembuahan yaitu pertemuan antara sel telur dengan sel sperma yang terjadi di dalam tuba falopi dan dapat berlangsung sekitar dua puluh empat jam sampai empat puluh delapan jam.

Postovulatori

Bila sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, maka telur itu akan langsung ditanam oleh tubuh di dinding rahim dengan menggunakan bantuan Luteinizing hormone atau LH.

Namun akan tetapi bila pembuahan tidak terjadi maka sel telur dan dinding rahim yang telah menebal akan meluruh.

Di dalam dinding rahim ini dipenuhi dengan pembuluh darah sehingga bila dinding rahim meluruh akan mengeluarkan dari dari area vagina. Nah inilah yang di sebut dengan menstruasi atau datang bulan.

 

Hormon Yang Mempengaruhi Ovulasi 

alam proses ovulasi ini hormon reproduksi yang sering dikenal dengan hormon GnRH akan dilepaskan dari hipotalamus otak.

Hormon inilah yang bertugas untuk merangsang pelepasan dua hormon reproduksi utama lainnya seperti Follicle Stimulating Hormone atau FSH dan juga hormon luteinizing atau LH dari kelenjar pituitary yang ada di otak.

FSH ini berfungsi untuk menstimulasi pematangan folikel yang ada di ovarium. Sedangkan LH akan bertugas untuk memproduksi hormone estrogen dan juga progesterone yang dapat memicu ovulasi. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)