Susu Pasteurisasi

03-03-2021 07:55:21
Madu Anak Vitabumin

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.

Banyak anggapan yang menyatakan bahwa susu pasteurisasi tidak lebih baik dari pada susu murni atau susu segar.

Anggapan ini muncul karena menganggap proses dari susu pasteurisasi dapat merusak kandungan yang ada di dalam susu seperti kandungan protein, lemak dan juga nutrisi lainnya yang ada di dalam kandungan susu murni.

Tetapi pada faktanya susu pasteurisasi ini merupakan jenis susu yang mengalami proses pemanasan dengan perkiraan suhu sekitar 30 sampai 60 derajat celcius selama kurang lebih dari 30 menit.

Susu hasil dari pasteurisasi ini juga dapat bertahan lebih lama untuk dikonsumsi dari pada susu segar. Selain itu juga anggapan negatif tentang susu pasteurisasi juga tidaklah benar.

Contohnya dari anggapan bahwa proses pasteurisasi dapat merusak kandungan nutrisi yang ada di dalam susu, padahal sebenarnya proses pasteurisasi ini dapat tetap menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalam susu.

Anggapan negatif lainnya yang mengatakan bahwa proses pasteurisasi dapat membuat kadar kalsium di dalam susu menjadi berkurang juga tidaklah benar adanya.

Karena pada faktanya kadar kalsium akan tetap terjaga walaupun susu tersebut telah melalui proses pasteurisasi. Maka dari itu tidak sedikit para peneliti yang menyatakan pendapatnya bahwa mengkonsumsi susu pasteurisasi lebih sangat dianjurkan dibanding mengkonsumsi susu segar.

Adapun kelebihan lain dari susu pasteurisasi ini yaitu metode nya dapat membunuh patogen atau bakteri yang ada di dalam susu segar sehingga dapat membuat aman untuk dikonsumsi tanpa ada risiko kesehatan.

Rasa dan tekstur dari susu pasteurisasi sendiri pun mengalami improvisasi sehingga akan lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Berbagai Jenis Produk Susu Pasteurisasi

Perlu diketahui ternyata hampir semua produk susu yang dijual di pasaran telah melewati proses pasteurisasi dengan menggunakan gamma irradiation.

Pada proses pasteurisasi ini bukan hanya diharapkan dapat menghancurkan mikroorganisme patogen yang ada di dalam kandungan susu mentah seperti Mycobacterium bovis dan Coxiella burnetti saja namun juga dapat meningkatkan kualitas susu serta dapat menghancurkan enzim yang ada di dalam susu yang tidak diinginkan.

Ada beberapa jenis proses pasteurisasi susu yang dibagi berdasarkan waktu dan temperature yang dapat digunakan yaitu berupa:

High Temperature Short Time Treatment (HTST)

Sesuai dengan namanya proses ini memiliki tujuan untuk membunuh bakteri patogen melalui pemanasan dengan menggunakan temperature tinggi dan dengan periode yang singkat. Bila susu dipasteurisasi dengan menggunakan metode ini maka biasanya susu akan dipanaskan pada suhu sekitar 72oC sekitar selama 15 detik.

Low Temperature Long Time Treatment (LTLT)

Dengan metode pasteurisasi susu Low Temperature Long Time Treatment atau LTLT ini menggunakan temperature pemanasan yang lebih rendah namun dengan jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode High Temperature Short Time Treatment atau HTST. Bila susu dipasteurisasi dengan menggunakan metode ini maka biasanya susu akan dipanaskan di suhu sekitar 63oC selama sekitar 30 menit.

Ultrapasteurization

Proses pasteurisasi ultra ini dilakukan dengan menggunakan cara memanaskan susu serta krim sampai ke suhu 138oC selama sekitar minimal dua detik. Susu hasil pasteurisasi ultra ini harus disimpan di dalam lemari pendingin agar dapat bertahan antara dua sampai tiga bulan.

Ultra High Temperature (UHT) Pasteurization

Ultra High Temperature atau UHT ini merupakan metode pasteurisasi susu yang paling familiar serta banyak digunakan di dalam produk susu cair kemasan.

Pasteurisasi UHT ini dilakukan dengan menggunakan cara pemanasan krim atau susu sampai ke suhu 138oC sampai ke 150oC selama sekitar satu atau dua detik.

Susu yang dihasilkan dengan menggunakan metode ini bila dikemas di dalam tempat yang kedap udara steril dapat bertahan sampai 90 hari tanpa harus di lemari pendingin.


Efek Pasteurisasi Pada Komponen Dalam Susu

Temperature suhu yang digunakan di dalam proses pasteurisasi tergolong tinggi untuk ukuran pemanasan susu terlebih pada bagian proses pasteurisasi jenis ultra dan UHT.

Temperature yang tinggi ini dapat menyebabkan perubahan komponen dalam susu baik dari segi fisik ataupun kimia.

Proses pemanasan susu dengan menggunakan temperatur tinggi bukan hanya dapat menyebabkan kematian enzim dalm susu namun juga dapat menghancurkan mikroorganisme jahat namun juga dapat mengubah karakteristik asli dari produk tersebut seperti rasa.

Bahkan proses pasteurisasi yang menggunakan suhu sangat tinggi dapat merusak vitamin, mineral dan juga nutrisi lainnya yang ada di dalam susu yang ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh. Efek pasteurisasi terhadap komponen yang ada di dalam susu antara lain sebagai berikut :

  • Rusaknya kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin C yang ada di dalam susu.
  • Proses dari pasteurisasi dapat mengubah gula susu atau laktosa menjadi beta laktosa.
  • Hilangnya Sebagian kandungan fosfor dan kalsium yang ada di dalam susu.
  • Rusak sekitar 20% kandungan iodin di dalam susu 


Perubahan yang terjadi dalam komponen susu ini berbanding lurus dengan kenaikan temperatur pemanasan serta lama waktu pemanasan.

Lalu Apakah Susu Pasteurisasi Bermanfaat Untuk Kesehatan

Perubahan komponen dalam susu pasteurisasi ternyata dapat mengakibatkan beberapa efek kesehatan ketika akan dikonsumsi. Sebagian contohnya karena adanya perubahan molekulnya sehingga susu pasteurisasi dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang yang mengkonsumsinya.

Reaksi alergi ini juga dapat dipicu dari kandungan bakteri yang mati pada susu pasteurisasi yang tidak dikenali oleh tubuh menjadi sebuah produk buangan. Pemanasan suhu tinggi dapat memicu beberapa penyakit contohnya seperti asma.

Dalam pengobatan untuk penyakit asma ini seringkali dokter akan menyarankan pasiennya untuk mengganti susu pasteurisasi dengan mengkonsumsi susu segar.

Selain itu juga mengkonsumsi susu pasteurisasi dapat mengurangi kepadatan tulang akibat dari hilangnya atau berkurangnya kalsium selama dalam proses pemanasan yang bertemperatur tinggi dimana bila terus menerus akan menyebabkan osteoporosis.

Ternyata susu pasteurisasi memiliki berbagai efek samping karena pemanasan produk pada temperatur tinggi, maka dari itu lebih baik mulai saat ini mulai untuk mengurangi susu pasteurisasi yang sudah dikemas.

Susu pasteurisasi dapat membuat nilai nutrisi susu menjadi berkurang. Susu memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya ada protein lemak, vitamin dan juga mineral.

Dan setelah proses pasteurisasi terjadi kandungan nutrisi serta manfaat susu tetap masih ada dan sama. Intoleransi laktosa merupakan kondisi dimana tubuh tidak dapat mencerna laktosa yaitu jenis gula yang ada di susu dan produk olahan susu sehingga dapat menimbulkan berbagi macam keluhan pencernaan.

Secara garis besarnya mengkonsumsi susu yang telah diproses pasteurisasi ini lebih dianjurkan dibandingkan mengkonsumsi susu segar karena proses dari pasteurisasi terbukti efektif dalam membunuh kuman penyebab penyakit.

Maka dari itu akan sangat penting untuk anda memastikan bahwa susu serta produk olahan susu yang akan anda beli sudah melalui proses pasteurisasi. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)