Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

15-10-2020 03:05:35
Madu Anak Vitabumin

Suhu tubuh anak yang masih dalam masa tumbuh kembang memang suka berubah-ubah. Sangat penting orang tua ketahui bahwa paham suhu normal anak dan kapan waktu anak dikatakan demam. Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.

Suhu pada anak juga bisa diukur dari berapa usia anak tersebut. Kemudian juga berpengaruh pada bagian tubuh mana yang diukur dengan menggunakan thermometer. Berikut ini suhu normal anak yang perlu orang tua ketahui:

1.Suhu Untuk Bayi Berusia 0 Hingga 2 Tahun

  • Suhu pada mulut: 35,5 – 37,5 derajat celsius
  • Suhu pada rectum atau dubur: 36,6 – 38 derajat celsius
  • Suhu pada telinga: 36,4 – 38 derajat celsius
  • Suhu pada ketiak: 34,7 – 37,3 derajat celsius

  

2.Suhu Untuk Anak Yang Berusia 3-10 Tahun 

  • Suhu pada telinga: 36,1 – 37,8 derajat celsius
  • Suhu pada mulut: 35,5 – 37,5 derajat celsius
  • Suhu pada ketiak: 35,9 – 36,7 derajat Celsius
  • Suhu pada rectum atau dubur: 36,6 – 38 derajat Celsius

 

Para ahli pada umumnya telah menyepakati bahwa suhu badan normal anak adalah 37 derajat Celsius. Kemudian suhu tersebut juga menjadi suhu normal setiap orang. Karena suhu bayi maupun anak-anak tersebut suka sekali berubah-ubah. Dan biasanya suhu tubuhnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi penyebab suhu anak berubah-ubah. Berikut ini adalah yang dapat menyebabkan suhu normal anak berubah-ubah:

  • Aktifitas anak, seperti anak banyak gerak atau sangat aktif sehingga akan meningkatkan suhu tubuh pada anak dibandingkan anak-anak yang tidak beraktifitas.
  • Minuman dan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Suhu tubuh anak dapat berubah dapat dipengaruhi dengan apa yang mereka makan atau minum.
  • Di waktu pagi hari anak cenderung lebih mudah mengetahui suhu tubuhnya rendah dibandingkan pada waktu siang hari.


Nah, itulah yang mampu mempengaruhi suhu badan normal anak yang wajib orang tua ketahui. Dalam mengukur suhu tubuh pun orang tua juga perlu memahaminya terlebih dahulu. Karena beberapa faktor yang bisa menjadi faktor yang dapat mempengaruhi suhu normal tubuh anak. Menurut para ahli ada beberapa cara untuk mengukur suhu tubuh anak, salah satunya adalah menggunakan thermometer digital. Cara ini yang paling mudah, cepat dan akurat dengan hasilnya.

Lalu kapan waktu anak bisa dikatakan mengalami demam? Anak dinyatakan deman jika suhu rectum atau dubur dan telinganya mencapai 38 derajat Celsius lebih. Kemudian suhu mulutnya mencapai 37,8 derajat Celsius dan suhu ketiaknya 37,2 derajat Celsius. Oleh karena itu jika dirasa anak sedikit hangat tubuhnya dibandingkan biasanya, coba untuk mengukur suhunya menggunakan thermometer apakah anak demam atau tidak.

Anak-anak yang mengalami demam menurut riset Kesehatan adalah di atas 38 derajat Celsius. Biasanya demam pada anak juga ditandai dengan tubuhnya panas, wajah anak mulai memerah dan berkeringat. Demam tinggi biasanya juga disertai dengan adanya sakit kepala, nafsu makan menurun, lemas, tubuh anak menggigil hingga anak mengalami nyeri di otot-ototnya.

Sakit demam tidak boleh orang tua sepelekan. Karena dapat berdampak buruk pada Kesehatan anak untuk beberapa hari ke depan. Anak juga tidak akan bisa beraktifitas seperti biasanya. Oleh sebab itu, para orang tua tidak boleh mengabaikan sakit demam yang anak derita. Dengan begitu dalam penangannya pun orang tua dapat berperan sebagai langkah pertolongan pertama bagi mereka.

Kapan anak perlu dibawa ke dokter? Saat demam berlangsung dan saat demam mampu di handle atau ditangani sendiri di rumah maka tidak perlu untuk pergi ke dokter. Namun jika demam tak kunjung turun selama 3 hari sebaiknya segera larikan si kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Namun jika dalam kurun waktu 2 hari saja demam anak turun hanya dengan mengompres dan memberikan nutrisi yang cukup untuk anak tentu orang tua tidak perlu khawatir dengan keadaan anak. Mari menjaga pola makan dan gaya hidup sehat anak sejak dini dengan mengajarkan mereka makan makanan bergizi dan rajin berolahraga agar tubuhnya berkembang dengan baik.

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Cara Memasak Ikan Salmon untuk Anak

Cara memasak ikan salmon untuk anak memang bisa bervariasi yang menarik. Ibu bisa membuatnya dengan berbagai macam olahan yang sehat untuk anak
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)