Mengatasi Sariawan di Tenggorokan Pada Anak dengan Mudah

08-09-2020 04:52:23
Madu Anak Vitabumin


Ketika anak sariawan biasanya ia akan mudah rewel serta nafsu makannya turun. Ini dikarenakan pada saat mengunyah akan terasa sakit karena gesekan di dalam mulut. Di beberapa kasus sariawan di tenggorokan pada anak pilihannya adalah memberikan obat ringan untuk mereka.

Sariawan membuat orang dewasa yang mengalaminya saja tidak nyaman apalagi anak-anak. Tentu bagi anak-anak yang mengalaminya akan lebih sakit dan terasa sekali dampaknya pada nafsu makan mereka.

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit sariawan, termasuk anak-anak. Saat sariawan menyerang, anak-anak cenderung akan mudah rewel, sering kesakitan dan tidak mood untuk bicara.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa anak yang mengalami sariawan nafsu makannya akan turun dengan drastic. Ini bisa menyebabkan si anak mengalami penurunan berat pada tubuhnya saat sariawan.

Ditambah lagi jika anak mengalami sakit sariawan dibagian tenggorokannya. Jika sariawan berada di area bibir atau sekitar mulut, masih bisa Sebagian lain yang tidak sariawan digunakan untuk mengunyah makanan.

Nah jikalau sariawan ada di tenggorokan tentu saja hal ini membuat apa saja yang masuk ke tenggorakan, si kecil akan merasakan sakit.

Itu sebabnya sariawan di tenggorokan pada anak memang sangat merepotkan. Untuk itu berikut tips mengatasi atau menyembuhkan sariawan di tenggorokan anak dengan mudah:

1.       Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti kiwi, jambu biji, lemon, stroberi, leci dan papaya.

2.       Berikan yoghurt pada anak. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu mengatasi infeksi tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri jahat.

3.       Hindarkan anak-anak mengkonsumsi makanan pedas, panas dan asin. Makanan yang mengandung pedas dan asin akan menambah buruk kondisi sakit tenggorokan anak.

4.       Stres pada anak juga dapat memperburuk kondisi sariawannya. Jadi, sebaiknya berikan ruang pada anak untuk rileks dan tenang. Bisa dengan membawa anak rekreasi atau membiarkan anak melakukan apa yang ia suka.

5.       Ajarkan anak berkumur gargle atau kumur di tenggorokan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan satu sendok teh garam.

6.       Mengompres dengan es untuk meredakan pembengkakan dan peradangan pada bagian yang terluka.

7.       Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

8.       Mencukupi kebutuhan asupan tubuh anak seperti nutrisi dan vitamin agar daya tahan tubuh anak menjadi kuat.

Sakit sariawan pada tenggorakan memang sejak kini belum diketahui penyebab pastinya, namun beberapa ahli Kesehatan mengatakan bahwa sariawan di tenggorokan dikarenakan infeksi. Akan tetapi ada pula yang mengatakan dari perubahan hormone tubuh, alergi, kekurangan asupan nutrisi, stres hingga luka yang terjadi dalam jaringan dalam mulut dapat menjadi penyebab sariawan di tenggorokan.

Namun beberapa hal berikut bisa menjadi faktor penyebab sariawan tenggorakan pada anak:

·         Daya tahan tubuh lemah

·         Kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh

·         Terjadi gangguan kekebalan tubuh

·         Kurangnya kebersihan gigi dan mulut

·         Infeksi jamur mulut

·         Efek samping dari obat-obatan tertentu

·         Luka akibat gigitan di mulut, bibir dan lidah

·         Mengalami alergi dan penyakit autoimun

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi Kesehatan mulut anak. Karena system imun tubuh mereka masih berkembang sehingga anak-anak mudah sekali terserang penyakit, tak terkecuali sakit sariawan di tenggorokan pada anak. Kendala yang akan dialami oleh anak Ketika sariawan di tenggorokan adalah susahnya menelan makanan yang mereka konsumsi.

Dengan begitu, untuk menghindari sakit sariawan di tenggorokan anak semakin parah, sebaiknya berikan makanan yang super lembut pada anak. Misalnya bubur sumsum atau makanan yang diblender halus. Selain menghindarkan sakit sariawan yang semakin parah, makanan halus juga membantu memudahkan anak untuk menelan makanan.

Untuk mencegah anak dehidrasi, sebaiknya rutin memberikan air putih atau air yang dingin dengan teratur padanya. Perawatan yang disudah dijabarkan di atas bisa orang tua lakukan di rumah secara bertahap hingga sariawan di tenggorokan anak membaik.

Mencegah atau menghindarkan anak agar tidak terserang sariawan, orang tua bisa menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat pada anak sejak dini. Agar anak tumbuh dengan maksimal yaitu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuhnya.


artikel terkait : Cerita Malin Kundang

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)