5 Alasan Mengapa Sarapan untuk Anak itu Penting?

13-06-2020 06:39:25
Madu Anak Vitabumin


Situasi rumah saat pagi hari memang bisa dibilang cukup kacau. Anda harus memasak untuk menyiapkan sarapan, membangunkan suami dan buah hati hingga mempersiapkan perlengkapan sekolah anak. Karena kondisi yang sangat sibuk inilah, seringkali anak malah meninggalkan waktu sarapannya. Awalnya hanya terlewat sekali, dua atau tiga kali, tapi jika dibiarkan bisa menjadi kebiasaan buruk.

Apakah memang kesibukan di rumah membuat anak melewatkan waktu sarapan? Berdasarkan data yang dilansir Indian Pediatrics pada tahun 2008 silam, penyebab terbesar anak tidak sarapan adalah tak suka dengan menu yang disiapkan. Sementara itu hal lainnya adalah karena tidak memiliki waktu sarapan lantaran bangun terlambat sampai si ibu yang tak terbiasa menyiapkan sarapan.

Padahal, sebetulnya sarapan memiliki dampak yang sangat penting bagi si anak. Bukan hanya sekadar mengisi perut, sarapan punya banyak manfaat yang membuat kenapa anak-anak wajib melakukannya. Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya kenapa sarapan untuk anak itu penting, berikut lima alasan yang akan kami jelaskan sebagai pertimbangan untuk Anda.

artikel terkait : madu anak

Sarapan Membuat Kinerja Otak Lebih Cemerlang

Alasan pertama mengapa sarapan untuk anak itu sangat penting adalah sarapan bisa membuatnya lebih cerdas di sekolah. Ketika tidur, sistem metabolisme tetap melakukan tugasnya dengan membakar habis karbohidrat dan glukosa dalam tubuh. Kedua gizi ini sangatlah penting untuk dikonsumsi di pagi hari karena bisa memaksimalkan fungsi otak dan meningkatkan daya konsentrasi.

Seorang dokter Gastroenterologi sekaligus pakar nutrisi yang mengajar di Universitas Harvard yakni Ronald E. Kleinman, mengungkapkan bahwa secara rata-rata, anak yang selalu melewatkan sarapan memiliki daya pikir lebih rendah dibandingkan mereka yang selalu makan di pagi hari. Pendapat ini juga dikuatkan oleh survei di Inggris, sehingga sarapan memang hal yang sangat penting.

Sarapan Membantu Menguatkan Daya Ingat

Berkaitan dengan kinerja otak yang cemerlang, alasan berikutnya kenapa sarapan sangat penting bagi anak adalah membantu menguatkan daya ingat. Dalam penelitian Journal of American Dietetic Association pada tahun 2005, menyimpulkan bahwa sarapan cenderung menguatkan fungsi kognitif yang erat kaitannya dengan memori.

Hal ini membuktikan jika anak-anak yang sarapan lebih aktif dalam diskusi di kelas dan mampu menjawab soal-soal akademis lebih baik karena daya ingat yang optimal. Supaya nutrisi yang masuk lebih maksimal, perbanyak protein dalam asupan sarapan buah hati Anda, seperti telur.

Diabetes dan Obesitas Bisa Dicegah dengan Sarapan

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa diabetes dan obesitas memiliki kaitan yang erat dengan sarapan. Anak yang tidak sarapan bakal mudah lapar sehingga bakal sering jajan sembarangan yang kebersihannya kurang diperhatikan. Berbeda dengan anak yang sarapan, orangtua jelas akan memperhatikan asupan gizinya supaya seimbang jumlah kalorinya seperti pisang, roti gandum, susu dan telur.

Sementara untuk anak-anak yang memang sudah punya berat badan berlebih, sarapan juga sangat penting karena mampu mengurangi risiko diabetes. Kok bisa? Karena ketika anak tidak sarapan, mereka bakal mengalami resistensi insulin yakni butuh banyak insulin supaya gula darah normal.

Risiko Maag Dapat Berkurang Berkat Sarapan

Tanpa disadari, sarapan akan membentuk kebiasaan hidup sehat bagi anak kecil. Selain membuat kenyang, sarapan rupanya membuat buah hati terhindar dari risiko sakit pencernaan seperti penyakit maag. Seperti yang sudah diketahui, penyakit maag terjadi saat produksi asam lambung meningkat dalam perut karena tidak ada bahan makanan yang diolah.

Kebiasaan membiarkan perut kosong di pagi hari seperti melewatkan sarapan jelas meningkatkan risiko sakit maag. Jika dibiarkan, maag akan mengganggu kegiatan si kecil dan membuatnya harus menahan nyeri pada perut. Bahkan kalau terlalu menjadi masalah, anak akan melewatkan jadwal sekolah karena maag yang diderita sudah parah. Untuk itulah, orangtua harus membiasakan sarapan sejak dini.

Anak yang Sarapan Lebih Stabil Secara Emosi

Saat pagi hari, anak terbangun dalam kondisi puasa karena tertidur selama 8-10 jam. Bisa dibayangkan kalau mereka tidak sarapan sebelum berangkat sekolah, tentu akan kehilangan energi. Jangan diremehkan, kegiatan belajar mengajar di sekolah jelas butuh energi untuk berpikir, fokus dan memahami pelajaran tersebut. Ketika energi yang dibutuhkan kurang, sangat bisa membuat emosi anak menjadi kacau.

Ketika anak tidak stabil secara emosi atau menjadi moody hanya karena tidak sempat sarapan, hal itu akan mempengaruhi kegiatannya. Bukan tak mungkin kalau perut kosong akan membuat emosi anak bermasalah dan mudah tersinggung ketika bermain dengan teman-temannya. Namun jika anak terbiasa sarapan, mereka akan bisa lebih tenang dan bersemangat dalam menjalankan hari-harinya.

Bagaimana? Sudah menemukan jawaban yang tepat mengapa sarapan untuk anak itu sangat penting, bukan? Untuk itulah sebisa mungkin sebagai orang tua, Anda harus mulai mengajarkan kebiasaan sarapan untuk anak. Jangan terlalu banyak, asalkan porsi yang tepat dengan gizi seimbang sudah sangat tepat.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)