Mengenali Tanda Perut Bayi Kembung dan Berbunyi

09-09-2020 09:28:33
Madu Anak Vitabumin

Hadirnya buah hati ke dalam sebuah keluarga yang baru saja menikah adalah suatu hal yang paling dinanti. Kehadiran seorang bayi dikehidupan mereka merupakan sebuah anugerah. Ketika si bayi kemudian hadir ke tengah-tengah dunia mereka tentu banyak hal baru yang bakalan dijumpai, salah satunya dalam menghadapi perut bayi kembung dan berbunyi yang kerap terjadi.

Jika bayi mulai rewel dan dan susah tidur tanpa alasan yang pasti, coba cek perut si kecil apakah sedang kembung. Apabila perut si kecil terasa keras ketika dipegang dan perutnya terdengar seperti bergemuruh besar kemungkinan dia mengalami perut kembung. Banyak orang tua pasti mengira bahwa bunyi keras di dalam perut bayi mereka berasal dari lambung bayi. Pada kenyataannya bunyi keras dari dalam perut bayi itu berasal dari usus kecil dan besarnya lho.

Umumnya perut bayi kembung dan sering berbunyi memang hal yang normal terjadi. Bayi juga tidak bisa terhindar dari perut kembung karena bayi yang baru lahir tentu sedang mengadaptasikan dirinya ke dunia luar setelah 9 bulan berada di dalam kandungan. Bunyi gemuruh yang berasal dari usus besar dan kecil tersebut merupakan sebuah proses gerakan yang ada di usus dalam mencerna serta mendorong makanan.

Tahukah Anda? Bahwa struktur usus kita mirip sekali dengan sebuah terowongan panjang yang memiliki rongga-rongga. Itu sebabnya perut akan menciptakan suara-suara seperti gemuruh tak terkecuali pada bayi dan anak-anak. Walaupun terkadang bunyi perut bayi terdengar samara tau tidak begitu jelas, orang tua tetap bisa mendengarnya sekilas. 

Penyebab Perut Bayi Kembung dan Sering Berbunyi

Penyebab perut bayi kembung dan sering berbunyi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa faktor tersebut diantaranya adalah:

  1. Posisi Ibu saat menyusui salah
  2. Susu formula mengandung zat besi tinggi
  3. Saat menyusui si kecil menelan banyak udara
  4. Si kecil menelan susu dengan cepat atau terlalu cepat
  5. Si kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu
  6. Penggunaan empeng pada bayi
  7. Tidak disendawakan setelah menyusu
  8. Lubang botol dot terlalu kecil

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan perut bayi kembung dan berbunyi. Yang pasti adalah saat perut kembung dan bunyi bahwa ada yang tidak beres dengan perut bayi. Oleh karena itu orang tua perlu mencari tahu, agar perut kembung pada anak dapat teratasi dengan segera. Walaupun perut kembung bukanlah suatu hal yang berbahaya, orang tua tidak boleh meremehkan begitu saja.

Jika si kecil mengalami perut kembung, sebaiknya berikan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut dan dadanya agar menghangatkan tubuh bayi. Usahakan untuk menghangatkan tubuh anak di kondisi cuaca yang sedang dingin atau saat musim hujan. Karena bayi terbiasa dengan kondisi yang hangat saat berada di dalam kandungan sehingga saat lahir si kecil juga harus menyesuaikan kondisi di luar rahim yang sering berubah-ubah.

Gejala yang sering ditimbulkan dari perut bayi kembung dan berbunyi adalah si kecil lebih sering buang gas atau kentut, muntah yang disertai sakit perut, perut lebih keras setelah makan dan demam disertai diare pada bayi. Kembung pada bayi memang suatu hal yang sering terjadi pada bayi di bawah 4 bulan. Namun jika sudah disertai dengan tanda-tanda yang serius seperti bab mengeluarkan darah tentu Anda harus segera membawa bayi Anda ke dokter.

Untuk menghindari perut bayi kembung dan berbunyi, sebaiknya sering membaluri minyak telon ke tubuh si kecil setelah mandi dan di malam hari. Lakukan lebih sering apabila kondisi cuaca lebih dingin dari biasanya dan saat musim hujan tiba. Karena udara dingin akan memudahkan si kecil terkena perut kembung.

Agar si kecil tidak terserang kembung dan berbunyi lakukan hal berikut ini:

  1. Pastikan posisi saat akan menyusui bayi sudah benar untuk meminimalisir udara yang masuk saat si kecil menyusu.
  2. Usahakan untuk sendawakan buah hati Anda setelah selesai menyusui. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan si kecil dari gas berlebih dalam perut.
  3. Para Ibu dianjurkan untuk menyusui anak dengan tenang dan rileks, serta usahakan menyusui anak sebelum ia terlalu lapar.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)