Begini Perkembangan Janin 4 Bulan yang Membuat Takjub dan Bahagia Para Calon Ibu

17-12-2020 06:06:33
Madu Anak Vitabumin

Memasuki usia kandungan yang kempat merupakan saat-saat yang dinantikan. Karena perkembangan janin 4 bulan yang berkisar 17 hingga 20 minggu ini memang sudah bisa dirasakan pergerakannya secara intens.

Walaupun pergerakan bayi sudah terjadi di beberapa minggu awal kehamilan namun belum begitu terasa oleh Ibu hamil.


Bagaimana Perkembangan Janin 4 Bulan

Di usia kehamilan 4 bulan juga sudah diketahui bentuk dan lekuk tubuh bayi secara jelas saat dilakukan USG 4D. Sehingga tidak heran jika bulan keempat masa kehamilan memang yang paling dinantikan.

Dan menurut kepercayaan agama islam bahwa kehamilan yang memasuki 4 bulan merupakan saat ketika ruh ditiupkan, jadi pada usia ini pun kemudian akan diadakan pengajian agar anak yang dilahirkan kelak menjadi anak yang soleh atau solehah.

Usia kandungan yang memasuki 4 bulan memang sangat spesial, sehingga banyak para calon Ibu yang mempersiapkan segala yang terbaik untuk menanti kelahiran sang buah hati nantinya.

Usia kandungan yang memasuki 4 bulan juga yang lebih terlihat karena bayi semakin membesar di dalam rahim Ibu. Itu sebabnya, banyak baju Ibu di usia ini yang beberapa tidak muat untuk dipakai di badan mereka.

Lalu bagaimana sebetulnya perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan ini di rahim para Ibu?

Tentu saja perkembangan bayi yang sehat di dalam rahim yang memasuki usia kandungan 4 bulan akan memiliki ukuran berkisar 13cm dan memiliki berat 140gr.

Organ-organ tubuhnya juga mulai tumbuh secara optimal karena biasanya dari kepala kemudian bagian-bagian lainnya.

Bagian pertama yang akan terbentuk sempurna adalah kepalanya. Di usia kandungan 4 bulan tempurung bagian kepalanya akan mulai mengeras.

Usia kandungan 4 bulan juga diikuti saraf pada tulang bagian belakangnya pun mulai menyelubungi sebuah lapisan seperti pelindung yang istilah medisnya adalah mielin.

Tidak hanya itu saja, kelenjar keringat pun sudah terbentuk dengan baik pada jaringan-jaringan dalam tubuh.

Kemudian pada tali pusat si bayi dalam rahim pun berkembang dengan baik hingga menjadi saluran makanan dan minuman terbaik bagi bayi di dalam kandungan. Biasanya akan mengembang maupun menguat dengan sendirinya.

Memasuki usia 17 minggu janin akan semakin besar karena perkembangannya yang pesat dari minggu ke minggu.

Usia kandungan ini pun wajah si kecil semakin tampak dan tumbuh alis serta bulu mata. Walaupun di usia kandungan ini si kecil masih belum bisa membuka matanya namun ia sudah mampu menggerakkan bola matanya dengan baik. Mulut si kecil juga sudah mampu membuka dan menutuo dengan sendirinya di usianya yang memasuki 17 minggu. Lalu jari jemarinya juga akan terbentuk dan sudah mulai bisa perlaha mengepal.

Masuk usia kandungan 18 minggu biasanya pembuluh darah mulai nampak di permukaan kulitnya. Lalu telinganya mulai terbentuk dengan baik walaupun belum sepenunya sempurna namun sudah bisa memberi respon terhadap bunyi-bunyian seperti bunyi musik.

Di usia kandungan ini si kecil juga sudah bisa dilihat jenis kelaminnya, karena sudah terbentuk sempurna. Gerakan janin di usia kandungan 18 minggu juga sudah lebih terasa dan sangat jelas.

Di usia kandungan 19 minggu, jani sudah mampu menelan cairan ketuban. Tidak hanya cairan ketuban saja, tapi si kecil juga sudah memiliki ginjal yang berfungsi dengan baik dalam produksi urine.

Kemudian rambut di kepalanya mulai bermunculan atau tumbuh secara optimal. Ia juga sudah bisa mencium, mendengar, menyentuh serta melihat karena otaknya mulai terbentuk secara bertahap.

Masuk usia kandungan 20 minggu, tubuh janin terlindungi oleh lemak yang biasa disebut dengan istilah ilmiahnya yaitu vernix caseosa yang mampu melindungi kulitnya dari cairan ketuban.

Pada tahapan ini, janin juga akan mulai banyak menelan. Di usia ini pula janin Ibu dalam kandungan akan mulai sangat aktif bergerak hingga Ibu bisa merasakan gerakannya di perut Ibu.

Tidak hanya menendang, si kecil juga akan berputar di dalam rahim Ibu. Kandungan yang berusia 20 minggu biasanya memiliki ukuran normalnya adalah 26cm dan berat badanya sebanyak 300gr.

Nah, perkembangan janin 4 bulan memang sangat menakjubkan dan banyak membuat para Ibu bahagia mengetahui pertumbuhan bayi mereka minggu demi minggu yang selalu dinantikan.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)