Penyebab Sesak Napas pada Balita

27-05-2020 03:45:07
Madu Anak Vitabumin

Gangguan pada saluran pernapasan tentu akan sangat mengganggu, baik bagi orang dewasa terlebih lagi untuk balita. Ketika sesak napas melanda, pasti sekujur tubuh yang merasakan tersiksa karena pasokan oksigen ke dalam tubuh akan terganggu atau berjalan tidak normal bagi setiap penderita.

Orang dewasa bisa mengeluh ketika sesak napas, lain halnya dengan anak ketika belum bisa berbicara. Peranan orang tua harus peka ketika memerhatikan beberapa gejala, seperti lubang hidung anak terbuke lebar dan kulit antara rusuk dan tulang leher begitu tertarik seperti menahan sakit sesak napas.

Saluran pernapasan itu terbagi menjadi dua, ada saluran pernapasan bagian atas yang terdiri atas mulut, hidung, dan tenggorokan. Ada saluran pernapasan bagian bawah yang terdiri atas bronkus dan paru-paru. Keduanya memiliki peranan penting untuk memasok oksigen ke dalam darah supaya lancar.


artikel terkait : madu anak

Penyebab Saluran Napas Balita Terganggu

Lantas kondisi apa yang menyebabkan terjadinya sesak atau terganggunya saluran napas pada balita? Ada berbagai sebab, diantaranya bronkiolitis atau infeksi paru-paru karena virus yang mendatangkan peradangan serta sumbatan pada saluran bronkiolus serta paru-paru sebagai sistem pernapasan.

Asma juga bisa menjadi sebab utama datangnya sesak napas pada anak karena terjadi penyempitan di saluran napas. Asma bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yang paling kuat adalah faktor keturunan atau genetik. Paparan debu dan cuaca yang dingin juga bisa menjadi sebab terjadinya asma.

Pneumonia, salah satu sebab kenapa terjadi sesak terutama pada anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan juga jamur yang mengganggu sistem kerja saluran napas. Kasus pneumonia parah akan mendatangkan kuku membiru dan bibir membiru dan dikenal dengan istilah paru-paru basah.

Terakhir, penyebab sesak napas pada anak yang akan dibahas dari artikel kali ini adalah reaksi anafilaktik atau sebuah kondisi di mana penderita kesulitan berbicara, detak jantung cepat, dan napas terdengar mengi. Penyebabnya bisa beragam, bisa dari makanan, serbuk sari, atau juga pengaruh obat tertentu.

Cara Menangani Sesak Napas pada Balita

Berbagai kondisi di atas sebenarnya bukan tidak bisa diobati secara mandiri. Anda tetap bisa tidak perlu pergi ke dokter dengan catatan tahu apa sebab sesak napas yang diderita. Misal, kalau sesak napasnya karena alergi debu, ya tinggal menjauhi sumber debu, seperti jalanan, benda-benda berdebu, dsb.

Jika sesak napasnya diakibatkan setelah Anda meminum obat dengan kandungan tertentu, Anda bisa segera menghentikan konsumsi obat itu dan menggantinya dengan obat lain. Biasanya ada beberapa kondisi tubuh yang tidak cocok dengan dosis obat tertentu, seperti obat bebas di warung-warung kecil.

Cara mengobati penderita sesak napas karena asma berikutnya yang paling akurat adalah mengonsumsi atau menggunakan obat. Bisa bentuknya yang diminum atau yang dihisap, sesuai kebiasaan menggunakan obat jenis apa. Orang yang tahu sebab sesaknya kenapa pasti lebih mudah mencari obat.

Berikutnya kalau sesak napas disebabkan menghirup asap rokok, asap kendaraan, atau berbagai polusi udara yang tidak sedap, Anda bisa langsung menjauhi sumber polusi. Jangan memaki orang yang merokok di tempat umum karena bisa jadi ada salah paham, sebaiknya Anda yang menghindarinya saja.

Jenis-jenis Sesak Napas pada Balita

Jenis-jenis sesak napas pada anak itu bisa beragam, artinya tidak selalu sesak napas itu artinya satu jenis penyakit. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran napas diantaranya mengi, kondisi di mana napas balita ditandai dengan bunyi ngik ngik seperti siulan kecil yang pelan dan halus. Penyebab mengi ini bisa karena saluran napas yang mengecil, karena adanya sumbatan di bagian saluran bawah.

Kedua, jenis sesak napas yang mengganggu dan bisa terjadi pada balita adalah stridor atau laringomalasia. Kondisi ini ditandai dengan suara melengking dan nada tinggi yang terdengar saat balita menarik napas. Konon kondisi ini tidak berbahaya dan akan menghilang saat bayi berusia 2 tahun.

Jenis penyakit sesak napas ketiga yang bisa terjadi pada balita maupun orang dewasa adalah munculnya suara serak saat balita menangis dan batuk. Munculnya suara serak ini karena adanya penyumbatan pada laring, yakni berupa penumpukan lendir. Berbagai gejala bisa menyebabkan hal ini, diantaranya infeksi laring, infeksi trakea, dan terjadinya infeksi juga pada saluran napas lain, yakni bronkial.

Terakhir adalah kondisi di mana bayi napasnya tersengal-sengal, terus batuk, bahkan bersuara serak dari stetoskop. Pada kondisi seperti ini gangguan saluran pernapasan pada balita disebut sebagai pneumonia dan orang tua wajib waspada kalau anak sudah mengalami tanda-tanda atau gejala tidak nyaman ini.

Apa pun penyakit atau gejala aneh yang terjadi pada bayi, seyogyanya selaku orang tua harus waspada dan peka dengan setiap perubahan pada tubuh bayi. Tidak semua bayi memberikan sinyal yang sama, semisal menangis ketika sakit, ada juga yang hanya diam saja.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)