Inilah Penyebab Sakit Pundak dan Cara Mengatasinya dengan Benar

17-12-2020 05:54:58
Madu Anak Vitabumin


Keluhan sakit pundak terus saja terjadi dan secara umum memang menjadi sakit yang banyak dialami oleh tiap orang. Walaupun sakit pundak sendiri bukanlah suatu kondisi yang serius namun cukup mengganggu aktifitas kita dalam sehari-hari.

Penyebab sakit pundak dan cara mengatasinya juga bisa bervariasi. Tergantung kondisi dan perawatan yang dijalani. Oleh sebab itu, penanganannya pun bisa dilakukan di rumah dengan bantuan saudara atau pun teman.

Penyebab sakit pundak bisa beragam. Pundak yang terletak pada bagian tubuh yang penting yaitu lengan atas, tulang belikat dan selangka ini terhubung secara baik oleh otot maupun sendi-sendi sehingga membuat tubuh bergerak dengan bebas.

Walaupun demikian menggerakkan terlalu sering tulang pundak bisa meningkatkan seseorang terkena cedera. Inilah yang kemudian banyak dikeluhkan tentang permasalahan sakit pundak.

Sakit pundak bisa terjadi karena sebuah cedera yang dialami seseorang. Bisa dikarenakan terlalu sering berolahraga berat, mengangkat sebuah beban berat hingga menderita suatu penyakit tertentu yang kemudian membuat sakit pundak muncul. Berikut ini yang bisa menjadi penyebab sakit pundak terjadi:

Bursitis

Orang yang sering menggerakkan pundak biasanya bisa mengakibatkan peradangan bursa atau biasa disebut bursitis. Bursa sendiri merupakan sebuah kantung yang memiliki isi cairan yang ada di sekitar persendian.

Fungsi dari bursa adalah sebagai pelumas sehingga meminimalisir gesekan antara tulang dan otot tak terkecuali pada sendi bahu tersebut. Bursitis yang terjadi bisa mengakibatkan sakit bahu sehingga akan lebih kesulitan dalam memakai pakaian atau bersisir.

Frozen Shoulder

Pundak kaku atau istilah kerennya sering disebut dengan frozen shoulder merupakan sakit pundak yang erat terjadi pada sendi-sendi sekitar pundak. Biasanya pundak akan lebih terasa kaku dan nyeri ketika digerakkan dalam aktifitas sehari-hari.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya peradangan jaringan yang biasa menempel di sendi pundak. Apabila tidak segera diobati biasanya sakit ini akan dirasakan hingga bertahun-tahun lamanya.

Tendinitis

Peradangan yang terjadi akibat tendinitis atau tendon mengakibatkan sakit pundak berkelanjutan. Tendon adalah sebuah penghubung jaringan antara tulang dan otot.

Seperti pada bursitis, tendinitis juga diakibatkan oleh terlalu banyak pergerakan bahu yang bisa menyebabkan sakit pundak. Tendinitis terjadi juga bisa diakibatkan oleh penuaan.

Osteoarthritis

Radang sendi disebut juga dengan osteoarthritis yang menimbulkan tulang mengalami kerusakan melalui persendian.

Radang sendi bisa terjadi di bagian sendi pada tubuh, tak terkecuali pada sendi pundak atau bahu ini. kebanyakan radang sendi diakibatkan terjadinya cedera.

Kemudian efeknya bisa terjadi kaku-kaku pada pundak. Bila tak segera diobati akan semakin memperburuk kondisi pundak atau bahu.

Dislokasi Bahu

Saat tulang lengan bagian atas lepas dari belikat maka akan terjadi dislokasi bahu. Kondisi ini mengakibatkan bergesernya tulang karena sebuah cedera.

Bisa karena sebuah kecelakaan sehingga terjadi benturan atau bisa juga karena jatuh dari tempat yang lumayan tinggi.

Yang paling parah kondisi dislokasi bahu ini bisa menimbulkan memar hingga bengkak pada pundak. Kemudian akan mengakiatkan sakit pundak parah dan sendi tergeser. Banyak kondisi yang seperti ini tidak mampu menggerakkan pundaknya.

Sakit pundak memang seringkali membuat kita kerepotan karena bisa mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Oleh karena itu, sakit pundak harus segera diatasi agar tidak menimbulkan sakit yang berkelanjutan dan tidak semakin parah sakit pundak yang dialami.

Nah, untuk mengatasi sakit pundak bisa lakukan langkah-langkah seperti:

Mengkonsumsi Obat Tertentu

Meredakan sakit pundak karena nyeri maupun pembekakan tendinitis, radang sendi, dislokasi bahu, bursitis, osteoarthritis, frozen shoulder dan lain-lain biasanya dokter akan meresepkan obat yang bersifat antiinflamasi non steroid, misalnya ibuprofen atau celecoxib.

Namun dokter akan menyuntikan kortikosteroid apabila diperlukan seperti terjadi pembekakan parah di jaringan otot maupun terjadinya tendon pundak.

Fisioterapi

Biasanya untuk mengatasi nyeri pada jaringan otot di pundak melakukan fisioterapi merupakan pilihan yang tepat karena bisa membantu meredakan nyeri serta memulihkan kondisi sakit pundak dengan cepat.

Dengan bantuan fisioterapis yang tahu bagian-bagian mana saja yang perlu untuk dilakukan tindakan. Sehingga bisa mengatasi sakit pundak secara optimal.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)