Penyebab Paru-Paru Basah pada Anak

06-10-2020 10:08:02
Madu Anak Vitabumin

Paru paru basah merupakan sebuah kondisi yang dapat terjadi akibat dari peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Paru paru basah ini biasanya dapat terjadi akibat dari infeksi dalam paru-paru.

Paru paru basah sebenarnya merupakan suatu istilah yang dapat digunakan dalam menggambarkan adanya peradangan pada paru paru yang dapat menyebabkan terbentuknya timbunan cairan di dalam jaringan paru.

Kondisi yang seperti ini dapat menggambarkan dalam beberapa penyakit seperti pneumonia akibat dari infeksi bakteri atau virus yang termasuk infeksi virus corona atau covid 19 dikarenakan kantung udara dalam paru paru dipenuhi oleh cairan atau nanah. Penyakit ini dapat sangat brakibat serius bila diderita oleh bayi, anak kecil, lansia dan juga orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Gejala Paru Paru Basah

Penyakit paru paru basah ini dapat dikenali dari berbagai gejala umum, antara lain:

  • Batuk kering atau batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning, hijau, coklat atau pun kemerahan (batuk darah).
  • Nyeri dada yang semakin bertambah parah ketika batuk
  • Nafas yang terasa berat atau terasa sesak, bahkan ketika sedang beristirahat
  • Demam, menggigil dan juga sering berkeringat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kelelahan atau terlihat tidak memiliki energi
  • Mual, muntah dan diare
  • Jantung berdebar lebih kencang

 

Penyebab Paru Paru Basah Pada Anak

Ada beberapa hal yang dapat menginfeksi paru paru hingga mengakibatkan terjadinya paru paru basah pada anak, yaitu sebagai berikut:

1. Infeksi Bakteri

Bakteri penyebab paru-paru basah yang paling umum ialah streptococcus pneumoniae. Selain itu ada juga bakteri legionella pneumophila, staphylococcus aureus, haemophilus influenza dan mycoplasma pneumoniae. Paru paru basah ini dapat disebabkan oleh penularan kuman dari orang lain atau akibat penggunaan alat ventilator dalam jangka panjang. 

2. Infeksi Virus

Infeksi virus yang dapat menimbulkan penyakit flu, bronkitis dan juga bronkiolitis merupakan sebuah penyebab umum terjadinya paru paru basah pada balita. Paru paru basah yang jenis ini biasanya dapat lebih ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya selama satu sampai tiga minggu tanpa menggunakan obat. Namun ada juga yang dapat menjadi semakin berat. 

3. Infeksi Jamur

Paru paru basah karena infeksi jamur akan lebih banyak terjadi pada orang yang memiliki masalah kesehatan kronis atau sistem daya tahan tubuh nya yang sedang lemah. Infeksi juga dapat terjadi bila jamur dari tanah atau kotoran burung terhirup. Contohnya seperti jamur yang dapat menyebabkan paru paru basah ialah cryptococcus, histoplasmosis dan pneumocystis jirovecii.

Selain penyebab paru paru basah pada anak akibat dari infeksi, paru paru basah juga dapat terjadi dari hal lain seperti pneumonia aspirasi yang terjadi akibat masuknya benda asing seperti air liur, cairan yang ada di lambung, makanan dan atau minuman yang ada dalam saluran pernafasan menimbulkan gangguan pada paru paru. Namun dalam beberapa kasus, paru paru basah juga dapat muncul akibat dari efusi pleura.

Cara Mencegah Paru Paru Basah

Dalam mencegah paru paru basah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti:

  • Mendapatkan vaksinasi pneumonia (vaksin PCV) dan influenza
  • Tidak merokok
  • Mengurangi mengkonsumsi minuman mengandung alkohol
  • Rajin mencuci tangan, untuk menghindari penularan kuman dari orang lain atau dari benda yang terkontaminasi kuman
  • Menjaga kebersihan lingkuhan, seperti membuang sampah pada tempat nya serta secara rutin membersihkan rumah
  • Menutup mulut dan juga hidung dengan sapu tangan ketika bersin
  • Menggunakan masker ketika terdapat polusi udara atau orang yang sedang sakit batuk dan pilek di sekitar rumah dan juga kantor.


Paru paru basah merupakan sebuah masalah kesehatan yang perlu untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan dari seorang dokter spesialis paru paru, karena bila tidak ditangani dengan tepat kondisi ini dapat berpotensi menjadi semakin buruk dan membuat paru paru semakin rusak.

Dalam pengobatannya paru paru basah dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Misal bila paru paru basah disebabkan dari infeksi bakteri, dokter akan memberikan obat antibiotik.

Bila penyakit paru paru basah sangat berat hingga dapat menyebabkan gagal nafas penanganannya akan membutuhkan alat bantu nafas dan dirawat di ruangan ICU. 

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)