Penyebab Bayi Kejang Tanpa Demam

06-10-2020 09:59:50
Madu Anak Vitabumin

Kejang yang tidak disertai dengan demam biasanya terjadi pada populasi anak sekitar 0,4%. Apabila kejang pada anak terus berlanjut dan masih tanpa demam tentu saja anak akan terserang epilepsy. Akan tetapi penyebab bayi kejang tanpa demam yang paling umum terjadi dikarenakan sebuah trauma otak yang bisa memicu jaringan saraf kemudian terjadi kejang.

Tanda-tanda kejang sendiri juga biasanya disertai dengan tidak sadarkan diri hingga si bayi menunjukkan tatapan kosong. Kadang juga disertai dengan badan menjadi kaku hingga gerakan kejut sering terjadi pada kaki dan tangan bayi. Pada umumnya kejang terjadi selama tidak lebih dari 5 menit. Beberapa kejang yang terjadi lebih dari lima menit adalah tanda kejang yang berbahaya. Lalu kapan Anda harus pergi ke dokter? Berikut jawabannya:

  1. Jika kejang pertama pada bayi lebih dari lima menit, segera bawa si kecil ke dokter atau bisa hubungi pada gawat darurat.
  2. Kejang bayi tanpa demam yang menyebabkan hingga epilepsy yaitu lebih dari 10 menit. Jika terjadi melebihi 30 menit bisa melukai otak bayi. Jadi saat kejang terjadi melebihi 10 menit segera bawa bayi ke rumah sakit agar ditangani dengan segera.
  3. Jika bayi tidak pernah mengalami kejang sebelumnya, lalu mengalami kejang, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter.
  4. Jika terjadi kejang susulan dan secara intens segera periksakan bayi ke dokter dengan segera.
  5. Kejang pada bayi sering kambuh.
  6. Bayi mengalami kebingungan yang ekstrim sehingga membuatnya teller lebih dari 2 jam segera larikan anak ke dokter, namun alangkah baiknya saat kejang terjadi dan anak mulai kebingungan sebaiknya seger ke rumah sakit.

Cara mengatasi kejang pada bayi saat terjadi bisa dengan membaringkan si kecil pada bidang datar seperti kasur atau lantai. Jika dirasa saat kejang pada bayi terjadi ia berada pada tempat yang berbahaya bisa pindahkan bayi ke tempat yang lebih aman. Selain itu juga bisa dengan membiarkan si kecil tertidur atau beristirahat hingga kejangnya berangsur membaik atau pulih.

Pada saat kejang terjadi pada bayi, otaknya akan mengalami sedikit gunjangan atau biasa disebut dengan korslet sesaat, sehingga membiarkan ia tertidur atau beristirahat merupakan langkah yang paling tepat. Apabila kejang pada bayi memang sering terjadi dan sering kambuh (paroksismal), orang tua bisa berdiskusi dengan dokter untuk mencari solusi terbaik bagi bayi, bisa dengan terapi maupun operasi jika memungkinkan.

Jika kejang pada bayi memang sudah kerap terjadi, dan bayi teriindikasi epilepsy bisa dengan menaikkan dosis antikovulsan yang biasa dikonsumsinya. Sehingga orang tua tidak perlu untuk bolak balik membawa anak pergi ke UGD tiap anak mengalami kejang. Karena memang hal inilah yang bisa dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama saat bayi mengalami kejang.

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindarkan anak dari kegiatan yang bisa memicu penyebab terjadinya kejang padanya. Jika pada bayi biasanya terjadi karena suatu hal bisa kena trauma otak saat lahir dan penyebab lain yang memungkinkan ia terkena kejang. Karena pada anak usia dibawah 1 tahun kejang terjadi bisa karean trauma lahir tersebut. Namun pada anak-anak di usia lebih dari 5 tahun bisa menghindarkannya dari aktifitas yang berat seperti memanjat, berenang, bersepeda dan aktifitas berat lainnya yang bisa memicu kejang terjadi. Sehingga agar anak tetap sehat sebaiknya menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat adalah pencegahan terbaik yang bisa dilakukan para orang tua di rumah.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat pada anak sejak dini, tentu akan membantu memaksimalkan proses tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik. Karena mengkonsumsi makanan sehat atau memiliki pola makan sehat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya tersebut. Menjaga kesehatan anak dengan terus memberikan arahan yang baik padanya akan menumbuhkan kebiasaan baik yang tertanam dalam dirinya. Tanpa disadari hal itulah yang membantu para orang tua dalam menjaga kesehatannya untuk jangka waktu panjang di masa depan anak-anak.

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)