Penyakit yang Kerap Muncul Ketika Musim Hujan Tiba

14-06-2020 08:56:05
Madu Anak Vitabumin

Bulan September telah tiba dan bahkan sudah memasuki tanggal pertengahan. Bagi masyarakat Indonesia, September juga bisa menjadi awal dari datangnya musim penghujan. Sebagai negara tropis, akhir tahun di Indonesia memang lebih sering didatangi curah hujan yang lumayan tinggi. Hingga pergantian tahun nanti, hujan akan tiba bahkan sampai setiap hari.

Dibandingkan musim panas, cuaca di musim hujan memang lebih tidak menentu. Bisa saja pagi hari terik lalu beranjak siang langsung mendung, hingga matahari enggan terbit karena awan mendung terlalu gelap. Meskipun suhunya relatif lebih dingin, musim hujan justru patut diwaspadai karena ada banyak penyakit yang ikut serta dan bisa menyerang siapapun.

artikel terkait : madu anak

Kenapa Banyak Orang Sakit Saat Musim Hujan?

Pada dasarnya yang namanya penyakit, bisa muncul kapan saja tidak hanya ketika musim hujan. Hanya saja ketika musim hujan, kemunculan penyakit lebih sering disebutkan karena penularan yang makin cepat. Adanya perubahan cuaca yang ekstrim di mana siang hari panas terik dan kemudian mendadak hujan deras, membuat tubuh harus beradaptasi sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh.

Belum lagi cuaca mendung dan hujan membuat Anda sedikit mengurangi kegiatan fisik yang lambat laun memicu tubuh jarang bergerak. Padahal untuk memiliki metabolisme yang sehat dan daya tahan tubuh kuat, haruslah rajin beraktivitas fisik. Hal lain yang membuat banyak penyakit muncul saat musim hujan adalah kurangnya paparan sinar matahari yang membuat virus dan bakteri lebih mudah berkembang.

Inilah Beberapa Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, DBD adalah salah satu ‘momok’ di musim hujan karena sangat menular. Jika penanganan yang diberikan telat, penderita bahkan bisa mengalami nyeri sendi, pendarahan serius, tekanan darah turun drastis sampai akhirnya kehilangan nyawa. Penyebab utama DBD adalah genangan air sampai lingkungan yang kotor.

2.  Leptospirosis

Kerap disebut sebagai kencing tikus, penyakit ini merupakan infeksi bakteri Leptospira Interrogans yang berbentuk spiral. Anda bisa terkena leptospirosis jika menyentuh tanah, air, tanah basah sampai tanaman yang terkontaminasi urine binatang (tikus, sapi, babi, anjing, reptil, amfibi, hewan pengerat) yang terinfeksi.

Gejala leptospirosis biasanya adalah sakit kepala, mual, mata merah, demam tinggi, menggigil, muntah, sakit perut dan nyeri otot betis. Jika dibiarkan, leptospirosis bisa memicu gagal ginjal, gagal napas, gangguan hati sampai meningitis.

3.  Diare

Saat musim hujan tiba, diare juga jadi penyakit yang sering dialami banyak orang. Seperti yang sudah diketahui, penderita diare akan mengalami feses cair dan sering buang air besar. Usut punya usut, diare rupanya disebabkan oleh bakteri E. Coli, rotavirus, cryptosporidium atau shigella. Meskipun juga bisa disembuhkan dengan obat umum, diare tak bisa diremehkan karena bisa mampu membahayakan nyawa.

4.  Malaria

Sama seperti DBD, malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Adalah nyamuk Anopheles yang mengandung parasit Plasmodium dan akhirnya memicu infeksi. Malaria bisa meningkat drastis di musim hujan dan mampu mengancam nyawa. Sejauh ini kawasan Indonesia Timur seperti Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat lebih sering diserang malaria.

5.  Influenza/Flu

Inilah penyakit musim hujan yang paling sering muncul dan dialami oleh masyarakat Indonesia. Bisa menyerang semua umur, flu rupanya disebabkan oleh virus influenza tipe A, B atau C. Seseorang yang terpapar flu bisa menyebarkan virusnya melalui bersin, batuk atau sentuhan pada benda tertentu.

Karena sering menimpa banyak orang, Anda bisa menemukan obat flu dengan mudah. Namun meskipun begitu, jangan remehkan penyakit flu karena jika dibiarkan tanpa pengobatan, bisa memicu komplikasi penyakit yang lebih berbahaya seperti pneumonia.

6.   Demam Tifoid (Tipes)

Secara medis, penyakit tipes memiliki istilah demam tifoid. Tak banyak yang cukup menyadari kalau tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri penyebab tipes ini bisa ditemukan di makanan/minuman yang tidak sehat. Jika dibiarkan, tipes bisa memicu komplikasi seperti pneumonia, radang otot jantung, pleuritis, gagal jantung akut sampai kematian.

Tips Ampuh Atasi Penyakit-Penyakit di Musim Penghujan

Peribahasa menyebutkan bahwa sedia payung sebelum hujan. Hal ini bisa diartikan bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati penyakit musim hujan. Untuk itulah, supaya tetap bugar Anda bisa melakukan berbagai cara. Pertama adalah selalu mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah.

Jika perlu, konsumsi vitamin penunjang daya tahan tubuh seperti madu anak paramorina dan selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika Anda merasa diare, muntah sampai demam, perbanyak juga konsumsi air mineral. Untuk orang dewasa, kebutuhan cairan tubuh mencapai 2-2,5 liter per hari. Tak hanya cairan, seimbangkan juga ion dalam tubuh agar metabolisme tetap optimal dan terhindar dari sakit.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)