Pentingkah Tidur Siang untuk Anak?

22-05-2020 07:18:31
Madu Anak Vitabumin

Mungkin hampir setiap anak tak menyukai waktu tidur siang. Beberapa anak merasa bahwa tidur siang adalah penganggu waktu mainnya bersama dengan teman-temannya. Maka tidak heran, bila banyak sekali anak yang susah untuk tidur siang dan harus dimarahi terlebih dahulu oleh orang tuanya agar mau saat jam tidur siang. Memang seberapa penting tidur siang untuk anak itu sendiri?

Para orang tua termasuk Anda mungkin menyuruh anak-anaknya untuk tidur siang bukan tanpa alasan, benar? Namun ada beberap orang tua yang tak membiarkan anak untuk tidur siang karena menurutnya akan sulit tidur saat malam hari. Akan tetapi ternyata memang tidur siang sangat diperlukan sekali oleh anak-anak.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa anak dengan usia balita memerlukan waktu istirahat 12 hingga 14 jam per harinya. Lalu sebenarnya mengapa anak harus tidur siang? Apa manfaatnya? Daripada Anda semakin penasaran maka langsung saja simak informasi tentang pentingnya tidur siang untuk anak dan seperti apa tidur siang yang baik sekaligus tips membiasakan anak untuk selalu tidur siang berikut.


artikel terkait : madu anak

Mengapa Anak Harus Tidur Siang?

Makan dan tidur merupakan dua kebutuhan dasar anak yang penting sekali untuk dipenuhi. Nutrisi dan tidur yang cukup penting untuk anak dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan demikian, di masa perkembangannya tersebut anak memerlukan waktu tidur yang lebih bayak dari orang dewasa. Kebutuhan waktu tidur anak yang banyak membuat harus membagi waktu tidurnya di siang dan malamnya.

Bila anak meleawatkan tidur siang maka kemungkinan besar anak tak bisa mencukupi waktu tidurnya hanya di malam hari saja. Disitulah fungsi tidur siang dibutuhkan oleh anak. Selain itu, tidur siang akan membantu anak supaya tak kelelahan sehingga anak bisa tidur dengan nyenyak saat malam hari. Secara psikologi, tidur siang bisa membuat anak menjadi lebih segar dan tenang.

Manfaat tidur siang ternyata tak hanya itu, karena tidur siang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dengan tidur siang hormon yang diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal ketika mereka beristirahat total. Manfaat tidur siang lainnya yaitu akan membuat tubuh anak menjadi sehat, bugar, dan mempunyai cukup energi untuk beraktifitas.

Lama Durasi Tidur Siang Anak yang Ideal

Tidur siang yang diperlukan anak berbeda-beda tergantung pada usia anak. Perlu Anda ketahui bahwa anak dengan usia 1-3 tahun memerlukan waktu tidur sebanyak 12-14 jam per harinya. Anak usia 3-5 tahun memerlukan waktu tidur sebanyak 11-12 jam per harinya. Sementara anak dengan usia 5-12 tahun per hari memerlukan waktu tidur 10-11 jam.

Untuk mencukupi kebutuhan waktu tidur anak ini, anak dapat mengambil waktu tidur siang selama 1 sampai 3 jam dan disesuaikan dengan tidur malamnya, agar total waktu tidur dari anak tak lebih ataupun kurang. Idealnya, anak mengambil waktu tidur siangnya selama 90 menit atau 1,5 jam.

Sebaiknya jangan memaksakan anak untuk tidur siang karena justru paksaan tersebut akan membuat anak menjadi semakin tak sua dengan tidur siang dan membuat tidurnya siangnya kurang berkualitas. Jadi Anda bisa membiarkan anak mengambil waktu tidur siangnya dengan sendirinya. Bila dari kecil telah dibiasakan tidur siang maka anak akan tahu kapan waktu tidur siangnya.

Bila anak tetap tak ingin atau tak bisa tidur siag, sebaiknya Anda membiarkannya main di kamarnya. Anak bisa membaca buku atau bermain sendiri dengan tenang dikamarnya. Setidaknya anak bisa mendapatkan waktu istirahat. Setelah itu, Anda dapat memajukan jam tidur malam anak agar anak tetap mendapat waktu tidur yang cukup.

Cara Membiasakan Anak Tidur Siang

Anda bisa membiasakan anak tidur siang dengan cara menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Karena lingkungan akan berpengaruh pada kepuasan tidur anak. Selain itu, jaga suhu kamar supaya anak tetap bisa nyaman. Anda bisa mencari tahu waktu anak mulai mengantuk pada siang hari. Anda bisa mengetahuinya melalui tanda anak yang lebih rewel, mengusap mata, dan terus menguap.

Pada waktu-waktu tersebutlah Anda sebaiknya mengajak anak untuk tidur siang. Terapkan dan cobakan lagi pada hari selanjutnya secara rutin. Dengan begitu, maka Anda telah membangun kebiasaan tidur siang bagi sang anak. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatakan bahwa teman-temannya juga tidur siang setelah makan siang dan akan bermain lagi setelah bangun nanti.

Itulah informasi tentang pentingnya tidur siang untuk anak, durasi tidur siang anak yang ideal, dan cara membiasakan anak untuk tidur siang. Semoga informasi yang telah disebutkan diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah memaksa anak hingga memarahinya agar anak tidur siang, karena justru hal tersebut bisa membuat anak semakin tak menyukai tidur siang.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)