Pengaruh Gizi Untuk Kecerdasan Si Kecil

11-06-2020 07:06:54
Madu Anak Vitabumin


Tahukah Anda jika makanan ternyata sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Kok bisa? Ya, karena ternyata jika sejak awal tak ada keseimbangan antara berat dan tinggi badan maka akan ada pengaruhnya juga terhadap pembentukan otak. Oleh sebab itu, Anda sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak hingga usia 5 tahun.

Si kecil yang perkembangannya sangat lambat bisa disebabkan oleh pembentukan otak ataupun tubuhnya yang kurang baik akibat kurangnya asupan gizi. Jadi Anda sebagai orang tua sangat penting untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Bukan tanpa alasan, melainkan karena nantinya akan berdampak pada pertumbuhan otak dan juga perkembangan tubuhnya.

Mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang terutama untuk perkembangan otak si kecil haruslah menjadi perhatian dari orang tua, karena seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kecerdasan sangat erat kaitannya dengan gizi dan nutrisi. Lalu apa pengaruh dari gizi terhadap perkembangan sebenarnya? Dan zat gizi apa saja yang dibutuhkan si kecil untuk perkembangan otaknya? Simak informasinya berikut ini.


artikel terkait : madu anak

Apa Itu Gizi?

Apa yang dimaksud dengan gizi? Gizi merupakan proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsinya secara normal melalui proses digesti, absorbs, transportasi, penyimapanan, metabolism, serta pengeluaran zat sisa yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan juga fungsi normal serta organ-organ yang akan menghasilkan energi.

Gizi adalah salah satu penentu dari kualitas sumber daya manusia. Kecukupan gizi sangat dibutuhkan oleh setiap individu sejak dalam kandungan, bayi, kanak-kanak, masa remaja ataupun hingga usia lanjut. Zat besi ialah salah satu komponen gizi mikro yang mempunyai peranan penting dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Gizi dan kesehatan anak adalah aspek yang penting dalam tumbuh kembang si kecil. Asupan gizi haruslah lengkap dan juga seimbang, agar kesehatannya akan terus terjaga dan pertumbuhannya pun sangat optimal. Anak-anak mulai usia 0 hingga 5 tahun haruslah mendapatkan gizi sesuai dengan kebutuhan tubuhnya pada usia tersebut, karena kekurangan salah satu unsur bisa membuat pertumbuhan akan terganggu.

Pengaruh Gizi untuk Otak Anak

Anak cerdas tentu saja akan membuat senang para orang tua. Akan tetapi mereka tak lahir begitu saja, melainkan para orang tua harus menciptakannya. Hal yang harus Anda tahu bahwa untuk membuat si kecil sehat dan cerdas salah satunya adalah dengan membantu proses tumbuh kembang otak anak agar optimal. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi untuk perkembangan otak anak secara tepat.

Lalu apa pengaruhnya gizi tersebut terhadap kecerdasan anak? Faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan otak anak adalah gizi yang diberikan terlebih pada masa percepatan pertumbuhan otak. Seorang anak yang mengalami gangguan akibat kurangnya iodium maka si anak akan kehilangan kecerdasan sebesar 10 hingga 50 IQ poin. Itulah mengapa kebutuhan gizi anak haruslah menjadi perhatian para orang tua.

Pemenuhan gizi bayi sejak dalam kandungan hingga usia 5 tahun sangatlah penting, dan jika tidak terpenuhi maka pertumbuhan otak dan juga tubuhnya tak akan bagus. Anak dengan ktubuh pendek mengindikasikan bahwa masa lalunya sudah kronis. Akan tetapi, hingga usia 18 tahun pun asupan gizi masih sangat penting untuk pertumbuhan fisik anak.

Telah banyak enelitian yang menyimpulkan pentingnya gizi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Sejumlah studi di Jamaika, Filipina, dan negara lainnya membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat bermakna antara tinggi badan dan kemampuan belajar anak. Bahkan pemberian makanan tambahan anak bertumbuh pendek usia 9-24 bulan akan dapat meningkatkan kemampuan belajar saat usia 7-8 tahun.

Zat Gizi untuk Perkembangan Otak Anak

Apa saja zat gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak? Ada banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak diantaranya yaitu protein dan asam amino, kolin, AA-DHA, dan zat gizi mikro seperti zat besi, tembaga, zat seng, iodium, folat, vitamin A, dan masih banyak lagi lainnya.

DHA (decosahexaenoic acid) telah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk membantu dalam mengoptimalkan proses perkembangan otak anak. DHA adalah bahan baku pembentuk asam lemak esensial otak yang mempunyai fungsi penting yakni membentuk sel-sel saraf otak, melindungi serabut saraf otak, dan juga memelihara otak serta indra penglihatan terutama adalah retina.

Lalu darimana Anda bisa mendapatkan zat gizi tersebut? Tentu saja dari makanan khusus perkembangan otak atau seringkali disebut dengan brain food. Brain food bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang otak, memperbaiki dan juga meningkatkan fungsi otak anak. Anda bisa memberi si kecil makanan seperti keju, gandum murni, oatmeal, buah dan sayur, telur, daging, ikan, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk memberikan madu anak paramorina agar semakin mantap otak buah hatinya.

Demikianlah informasi terkait dengan pengaruh gizi untuk perkembangan anak. Untuk mendapatkan anak yang cerdas, tentu saja Anda sebagai orang tua memiliki peranan penting dalam pemenuhan gizinya. Karena terbukti gizi memiliki hubungan dengan tumbuh kembang otak anak. Anda bisa memberikan makanan seperti yang telah disebutkan diatas untuk pemenuhan gizi anak dan mengoptimalkan fungsi otak. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)