23 Asupan Makanan Pelancar Asi Paling Ampuh yang Wajib Bunda Tahu dan Coba Di Rumah

23-03-2021 09:17:56
Madu Anak Vitabumin


Pasti di sini banyak sekali Bunda yang mengira bahwa hanya daun katuk yang menjadi idola sebagai asupan pelancar Asi kan? Padahal banyak sekali makanan-makanan yang bisa menunjang kelancaran Asi Bunda lho.

Jadi tidak hanya daun katuk saja yang bisa membuat asi jadi lancar. Mau tahu apa saja makanan pelancar asi yang bisa Bunda konsumsi? Simak artikel ini sampai selesai ya Bunda.

Bagi Bunda yang baru saja dikarunia seorang putra atau putri tentu saja memberikan asi adalah hal utama yang wajib diberikan.

Sebelum itu, apakah para Bunda sudah tahu pentingnya asi bagi kehidupan bayi? Manfaat makanan pelancar asi ini bisa Bunda rasakan pasca lahiran.

Dan tidak hanya Bunda saja yang merasakan namun si kecil pun bisa merasakan.

Beberapa manfaat makanan pelancar asi antara lain adalah mencegah si kecil dari lapar atau rewel, meningkatkan imunitas tubuh bayi apalagi kolostrum (asi pertama untuk bayi), dan masih banyak manfaat lainnya.

Kolostrum asi pertama ini memiliki zat-zat banyak gizinya. Karena kolostrum ini dihasilkan dari kelenjar susu yang berada di tahap akhir para Bunda saat hamil.

Zat-zat yang terdapat di kolostrum ini juga menyimpan zat untuk pertahanan tubuh, jadi wajib diberikan ke bayi kita untuk pertama kali.

Akan tetapi terkadang banyak Ibu muda yang tidak keluar beberapa hari setelah bayi lahir, jangan khawatir Bunda.

Hal ini memang bisa terjadi dan Bunda tak perlu cemas karena kecemasan hanya akan memperlambat keluarnya kolostrum ini.

Jadi apa yang harus dilakukan ketika beberapa hari air susu tak keluar dari payudara Bunda? Sebetulnya Bunda bisa lho melakukan terapi payudara sendiri menjelang lahiran.

Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di area payudara Bunda dan bisa membuat asi keluar setelah lahiran.

Caranya sangat mudah kok Bun, bisa dengan menstimulasi diri dengan sering-sering menenangkan diri, menghangatkan payudara secara teratur, merangsang putting susu, memijat dengan lembut dengan benar, perbanyak konsumsi minuman hangat dan lain sebagainya.

Macam-macam Makanan Pelancar Asi yang Paling Ampuh

Banyak sekali kok Bun cara untuk menstimulasi agar asi keluar ketika si kecil nanti lahir. Sehingga Bunda bisa memberikan kolostrum yang banyak mengandung zat gizi tersebut untuk si kecil.

Tetapi perlu diingat ya Bun, setiap orang kan pasti berbeda-beda produksi asinya. Jadi Bunda jangan merasa minder atau kecil hati ketika melihat Bunda lain bisa memproduksi berbotol-botol asi dalam sehari.

Karena hal ini bisa membuat asi Bunda jadi tidak lancar akibat stres.

Di jaman sekarang ini bisa dengan mudah dijumpai makanan untuk pelancar asi, bisa dari suplemen maupun makanan-makanan segar.

Nah, agar Bunda bisa prepare untuk kelahiran si kecil dengan membekali diri makanan apa aja sih yang bagus untuk Ibu menyusui dan yang bisa membuat produksi asi jadi lancar.

Berikut macam-macam makanan dan minuman yang bisa menjadi asupan pelancar asi yang bisa Bunda coba:

1.) Teh Hijau

Banyak yang mengatakan bahwa teh hijau itu mengandung kafein sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh Ibu menyusui.

Memang benar sekali jika teh hijau itu mengandung kafein di dalamnya. Tapi tidak lantas Ibu menyusui tidak diperbolehkan mengkonsumsinya.

Karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau ini menjadi minuman pelancar asi lho, Bun. Jadi boleh-boleh saja teh hijau ini dikonsumsi oleh Ibu menyusui tapi pada porsi yang benar ya.

Bisa konsumsi seminggu dua atau tiga kali saja. Manfaat dari teh hijau sendiri juga tak kalah penting yakni mengandung antioksidan serta mineral yang tinggi sehingga bisa membuat tubuh lebih rileks dan menjaga sirkulasi dalam darah jadi teratur. Teh hijau juga bermanfaat menjaga kadar kolesterol.

2.) Jambu Biji Merah

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Apalagi bagi kaum perempuan yang jika mendengar kata kolagen pasti mata langsung berbinar-binar.

Ya, benar, jambu biji merah mengandung banyak vitamin dan paling tinggi kandungan kolagennya.

Terutama pada vitamin C yang dikandungnya tersebut mampu menyerap zat besi dengan baik sehingga dapat membantu meningkatkan produksi asi.

3.) Yoghurt

Makanan yang memiliki rasa manis dan asam ini cukup menjadi candu bagi sebagian orang.

Ternyata selain mampu menghaluskan kulit, yoghurt ini bisa meningkatkan produksi asi Bunda jadi lebih banyak dan lancar lho.

Ini dikarenakan protein pada yoghurt sangat tinggi sehingga bisa membantu Ibu menyusui lebih banyak memproduksi asinya.

4.) Daun Kelor

Kita semua tahu bahwa daun kelor termasuk kategori superfood yang kaya akan vitamin A, kalsium, protein, vitamin C dan potassium di dalamnya.

Daun kelor juga mengandung galaktogog yang bisa membantu Bunda dalam meningkatkan produksi asi lebih banyak. mengkonsumsi daun kelor secara teratur bisa menjadi asupan pelancar asi Bunda.

5.) Almond

Kacang-kacang bisa membantu Ibu menyusui untuk memproduksi asi dengan baik. Terutama pada kacang almond ini.

Vitamin E serta asam lemak omega-3 yang ada pada kacang almond bisa meingkatkan kadar produksi asi.

Seperti halnya pada daun kelor, kandungan galaktogog pada kacang almin bisa meningkatkan asi Bunda.

Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan cemina maupun topping makanan tertentu misalnya es krim atau cokelat yang banyak digemari kaum perempuan.

6.) Ubi Jalar

Sumber kalori tinggi yang ada pada ubi jalar bisa meningkatkan produksi asi Ibu menyusui jadi lancar. Kandungan serat pada ubi jalar juga baik bagi pencernaan Bunda.

Walaupun tidak semua Bunda tahu bahwa ubi jalar ini bisa meningkatkan produksi asi, sehingga jarang sekali makanan yang satu ini dikonsumsi saat program menyusui si kecil.

Padahal kandungan vitamin dan kalium di ubi jalar sangat tinggi serta bagus bagi Ibu menyusui.

7.) Pare

Walaupun pare memiliki rasa yang tidak bersahabat dengan lidah karena pahit, tapi penting untuk Bunda tahu bahwa pare sendiri menjadi makanan untuk asupan pelancar asi lho.

Kandungan air yang tinggi pada pare bisa menghidrasi Bunda sehingga produksi asi jadi lancar dan banyak Bun.

Tak kalah dengan makanan pelancar asi lainnya bahwa kandungan baik pada pare bisa membantu tubuh melawan dari serangan radikal bebas.

Pare juga membantu asi jadi melimpah dan lebih padat sehingga membuat si kecil kenyang dengan cepat.

8.) Beras Merah

Karbohidrat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi nasi. Namun banyak dari Bunda yang tidak tahu bahwa beras merah bisa menghasilkan asi yang lebih banyak.

Kandungan yang ada pada beras merah mampu membantu merangsang suatu hormone yang bisa memperlancar asi Bunda.

Jadi Bunda bisa mengganti beras putih yang biasa dikonsumsi dengan beras merah ini agar produksi asi lebih banyak dan lancar.

9.) Biji Wijen Hitam

Kalsium tinggi pada biji wijen hitam ini mampu meningkatkan serta melancarkan asi yang keluar.

Selain itu biji wijen hitam juga dikenal mampu membantu memulihkan kondisi Bunda yang baru saja melahirkan.

Mengkonsumsi biji wijen hitam juga mudah kon Bun, bisa dengan susu, roti atau ditaburkan pada makanan-makanan lainnya.

Namun secukupnya saja ya Bun, karena apapun yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk Kesehatan.

10.) Asparagus

Sayuran hijau yang satu ini memang tinggi akan kandungan seratnya. Jadi bisa membantu menjaga Kesehatan pencernaan dan tentu saja pelancar asi.

Kandungan vitamin K dan A yanga da di asparagus ini bisa menstimulasi perkembangan hormone pendukung untuk produksi asi Bunda.

Pengolahan asparagus juga cukup mudah, bisa dijadikan sup hangat lezat atau bisa disandingkan dengan telur maupun jagung.

Namun jika Bunda tidak mau repot bisa dengan merebus atau mengukusnyanya saja dan berikan sedikit mentega yang bisa langsung siap dikonsumsi.

11.) Biji Fenugreek

Tahukah Bunda, bahwa biji fenugreek menjadi makanan pelancar asi paling ampuh yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 tinggi yang sangat penting bagi otak si kecil.

Tidak hanya itu saja, biji fenugreek juga mengandung nutrisi beta karoten, kalsium, zat besi dan vitamin B.

12.) Sayuran-sayuran Hijau

Berbagai macam sayuran yang berdaun hijau menjadi makanan pelancar asi yang kaya akan sumber zat besi, asam folat dan kalsium.

Kandungan vitamin pada sayuran hijau membantu kaum Bunda untuk memproduksi asi lebih banyak.

13.) Ikan Salmon

Lemak esensial dan omega-3 bisa memperkaya dan menjadi makanan pelancar asi bernutrisi tinggi.

Jika Bunda ingin asi Bunda lancar maka bisa memperbanyak makan makanan seperti ikan salmon ini.

Untuk anak juga bisa menjadi makanan terbaik untuk MPAsi lho Bun ikan salmon ini.

14.) Tahu

Siapa sangka makanan pelancar asi yang satu ini kerap dianggap tak berkhasiat apa pun. Padahal kenyataannya, tahu menjadi makanan pelancar asi yang paling ampuh lho, Bun.

Mengingat tahu sebagai sumber protein seperti vitamin, mineral dan kalsium di dalamnya. Sehingga bagus untuk ibu menyusui.

15.) Buah Alpukat

Asupan makanan pelancar asi bisa didapatkan pada buah alpukat. Buah alpukat mengandung vitamin E tinggi.

Selain vitamin E, ada juga vitamin C, asam folat dan potassium yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Buah ini juga cukup mudah diolah dan dijadikan santapan para Ibu.

16.) Telur

Telur menjadi makanan pelancar asi paling ampuh karena telur menjadi sumber prona (protein nabati) yang sangat tinggi.

Dan lemak baik yang ada pada telur mampu meningkatkan produksi air susu ibu dengan lebih cepat. Walaupun begitu jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya ya, Bun.

17.) Buah Pisang

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah pisang? Pasti semua orang di dunia ini tahu buah yang satu ini dan banyak disukai.

Buah pisang ternyata mengandung zat kalium terbaik yang bisa membantu menjaga elektrolit dan cairan di asi jadi lancar. Tidak heran jika buah yang satu ini menjadi makanan pelancar asi terbaik.

18.) Wortel

Wortel memiliki warna oranye cerah dan berbentuk kecil-kecil. Wortel juga dikenal dengan vitamin A paling tinggi dan mengandung zat enzim phytoestrogens yang dapat menjadi asupan makanan pelancar asi kaum Ibu.

19.) Oatmeal

Memang banyak sekali makanan pelancar asi yang bisa Bunda konsumsi sehari-hari.

Salah satunya oatmeal ini di mana banyak direkomendasikan oleh banyak ahli gizi di Indonesia dalam membantu melancarkan dan meningkatkan produksi asi.

20.) Buah Pepaya Mentah

Kenapa harus papaya yang mentah bukan yang masak? Hal ini dikarenakan buah papaya mentah mengandung banyak nutrisi dan gizi yang bisa menjadi makanan pelancar asi.

Buah papaya mentah ini bisa diolah menjadi masakan yang bisa dicampur dengan sayuran lainnya.

21.) Buah Semangka

Buah semangka mengandung banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain mengandung banyak air, buah semangka juga mengandung serat dan fruktosa tinggi yang bisa mensuplai produksi asi jadi lancar.

22.) Daging Sapi

Kabar menyenangkan dari daging sapi di mana daging sapi masuk daftar salah satu makanan pelancar asi paling ampuh lho.

Daging sapi juga bisa menjadi sumber energi bagi para Ibu pasca melahirkan. Daging sapi yang kaya kandungan nutrisi dan gizinya ini bisa meningkatkan produksi asi Ibu.

23.) Ikan Gabus

Kandungan albumin pada ikan gabus bisa memulihkan luka Ibu paska melahirkan si kecil. Selain itu juga bisa menjadi makanan pelancar asi Ibu setelah si kecil lahir.

Hal ini dikarenakan ikan gabus mampu meningkatkan hormone tertentu seperti oksitisin dan prolactin yang bagus bagi ibu menyusui lho.


Manfaat Baik Menyusui bagi Ibu dan Si Kecil

Itulah 10 makanan untuk asupan pelancar asi yang banyak Bunda tidak tahu dan terlewatkan begitu saja.

Meskipun kita sudah melahirkan si kecil dengan baik dan selamat, perjalanan seorang Ibu masih terus berjalan terutama dalam mengAsihi ini.

Memberikan asi eksklusif dan hingga usia si kecil mencapai 2 tahun penting untuk Bunda lakukan.

Selain Bunda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli susu, namun pemberian asi sendiri lebih diutamakan karena banyak kandungan yang tidak kita dapati di dalam susu formula pada umumnya.

Jadi perjuangan Ibu terus berjalan ya Bun. Jangan mengabaikan asupan makanan yang Bunda konsumsi sehari-hari karena bisa mempengaruhi produksi asi Bunda.

Jadi penting bagi Bunda untuk menerapkan pola makan sehat ya. Bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan menjauhi makanan cepat saji agar asi tetap memiliki kualitas terbaiknya yang nantinya akan dikonsumsi si kecil.

Jika asupan makanan bisa Bunda jaga dengan baik, maka si kecil bisa tumbuh kembang dengan maksimal dong.

Memang tidak mudah bagi sebagian Ibu untuk tetap istiqomah menjalankan ritual makan makanan sehat sebagai pelancar asi.

Boleh kok Bun sesekali makan makanan instan namun jangan sering-sering ya. Kalau bisa sih tidak sama sekali ya Bund, demi terjaganya kualitas asi yang diberikan untuk anak.

Walaupun belum terbiasa karena memang sejak dulu sudah memiliki pola makan yang tidak sehat dan untuk merubahnya pun membutuhkan effort yang keras maka bisa kok Bun perlahan-lahan merubahnya.

Karena kita semua tahu tidak ada yang instan dalam sebuah upaya, maka bisa dengan niat yang kuat dan usaha yang lebih lagi demi mencukupi asupan pelancar asi bagi si kecil.

Dan dari sini Bunda pasti akan paham bagaimana pentingnya memberikan yang terbaik bagi si kecil demi memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Jadi tidak heran jika proses menyusui ini menjadi proses yang paling panjang dan membutuhkan perjuangan karena memang tak ada pengorbanan yang sia-sia jika dilakukan sepenuh hati dan upaya yang keras.

Manfaat memperbanyak asupan pelancar asi dan menyusui sendiri juga tidak hanya baik bagi bayi namun juga baik bagi Bunda lho. Apa saja manfaatnya, berikut ini uraiannya :

  • Mengurangi resiko terhadap kematian mendadak pada si kecil atau SIDS
  • Mengurangi tingkat stres ibu
  • Membantu mengurangi pendarahan pada rahim pasca persalinan
  • Mengurangi resiko Ibu terkena kanker ovarium
  • Menjadi KB Alami kaum Ibu
  • Tulang si kecil menjadi lebih kuat
  • Menurunkan berat badan Ibu lebih cepat
  • Mengurangi resiko Ibu mengalami kanker payudara


Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)