Obat Diare Pada Bayi 0-6 Bulan

23-12-2020 03:24:05
Madu Anak Vitabumin

Setiap Ibu di dunia tentu saja tidak menginginkan anak-anak mereka jatuh sakit. Terutama bagi mereka yang tengah menjadi orang tua baru di mana seorang bayi sudah dinanti-nanti sejak lama tentu akan sangat hati-hati dalam merawat anak.

Resiko bayi jatuh sakit memang sangat besar, mengingat daya tahan tubuh mereka belum berkembang secara sempurna. Yang sering terjadi pada bayi adalah terjadinya diare. Obat diare pada bayi 0-6 bulan yang aman dikonsumsi tentu saja sangat banyak.

Namun diharapkan orang tua memilih obat diare untuk bayi dengan hati-hati dan sesuai dengan resep dokter jika akan diberikan obat-obatan kimia sebagai solusinya. Pada umumnya diare pada bayi ini bisa terjadi akibat bakteri maupun virus yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Akan tetapi tidak semua bayi diare diakibatkan oleh infeksi, ada juga yang dikarenakan pola makan sang ibu yang berubah atau berubahnya pola makan bayi saat diberikan MPAsi. Bisa juga disebabkan oleh obat yang dikonsumsi anak hingga intoleransi susu.

Mengatasi diare pada bayi dengan segera tentu saja menjadi hal utama yang harus dilakukan. Mengingat bayi tidak boleh dehidrasi maka orang tua perlu untuk segera mengobati si kecil dengan baik.

Karena cairan yang hilang akibat diare bisa menyebabkan tubuh si kecil kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi dehidrasi inilah yang berbahaya bagi kesehatan buah hati Anda. Karena daya tahan tubuhnya pun masih dalam proses tumbuh kembang maka alangkah baiknya untuk tetap menjaganya.

artikel terkait : obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Obat Diare Pada Bayi 0-6 Bulan

Obat diare pada bayi 0-6 bulan memang tidak boleh sembarangan. Jika sudah diketahui tanda-tanda anak mengalami dehidrasi sebaiknya segera membawanya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun, apabila si kecil masih bisa untuk diatasi sendiri di rumah karena tidak menunjukkan ia harus mendapatkan pertolongan medis maka cara mengatasi diare pada bayi berikut ini bisa dilakukan di rumah:

Memberikan Makanan Pilihan Untuk Pemulihan

Seperti yang kita tahu bahwa asupan makanan bergizi dapat menjadi obat yang paling alami bagi tubuh dalam proses pemulihan. Makanan bergizi dan mengandung vitamin yang banyak tentu saja dapat mencukupi kebutuhan asupan dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan dapat menyembuhkan atau mengurangi sakit diare seperti nasi, roti panggang dan roti tawar.

Tidak hanya itu saja, sayuran dan buah-buahan dapat menjadi makanan terbaik dalam menyembuhkan diare. Buah-buahan seperti wortel, edamame dan pisang menjadi pilihan tepat.

Menghindari Untuk Memberikan Si Kecil Mengkonsumsi Makanan Atau Minuman Tertentu

Memberikan makanan maupun minuman tertentu hanya akan menambah parah kondisi diare bayi. Bayi yang sudah diberikan makanan penunjang asi memang tidak bisa sembarangan diberikan apa pun, terlebih lagi jika sedang diare tentu ada makanan dan minuman tertentu yang perlu dihindari.

Jika Anda membuat makanan penunjang Asi sendiri maka hindari memberikan sayuran hijau seperti brokoli serta minuman yang berkarbonasi. Ini disebabkan makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan gas dalam perut ketika diare. 

Jangan Memberikan Obat Anti Diare Sembarangan

Saat panik menghadapi anak sakit, orang tua cenderung akan memikirkan cara tercepat untuk menyembuhkan tanpa memikirkan efek samping yang akan terjadi pada bayi. Obat anti diare yang umum untuk menyembuhkan diare belum tentu aman diberikan pada si kecil.

Sebab dosis orang dewasa dengan anak-anak apalagi pada bayi tentu saja sangat berbeda. Itulah mengapa tidak boleh memberikan obat anti diare pada si kecil tanpa resep dari dokter.

Efek samping yang bisa ditimbulkan antara lain mual, muntah hingga dapat menurunkan gerakan pada usus bayi.

Memberikan Obat Syrup Dan Tablet Zinc

Jika kondisi bayi ketika diare menyebabkan ia lemas dan terlihat dehidrasi maka langsung segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Biasanya dokter akan menyarankan dua obat diare pada bayi 0-6 bulan yang aman untuk dikonsumsi, yaitu beruba syrup maupun tablet zinc yang bisa membantu meredakan diare pada bayi.

Umumnya resep yang disarankan oleh dokter adalah kedua obat tersebut. Sehingga mengikuti resep dokter merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengatasi diare pada bayi. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)