Menstruasi adalah Siklus Bulanan yang Harus Di Pahami Oleh Wanita

23-12-2020 03:12:21
Madu Anak Vitabumin

Menstruasi adalah siklus bulanan yang di alami oleh setiap Wanita Pasti banyak wanita yang mengalami perubahan ketika menstruasi ya?

Maka dari itu perlu untuk mengetahui ciri-ciri haid akan datang agar anda menjadi lebih siap dalam menghadapi haid yang akan datang. Menstruasi, haid atau datang bulan ini merupakan proses ketika wanita mengeluarkan cairan darah haid yang berasal dari vagina selama beberapa hari yang biasanya paling lama berlangsung dalam sepuluh hari.

Menstruasi atau datang bulan biasanya akan datang sebulan dalam satu kali yang biasanya akan di dahului oleh gejala PMS terlebih dahulu. Menstruasi ini juga merupakan hal alamiah yang akan dan juga harus di alami oleh para wanita.

Namun ternyata tidak semua para perempuan yang mengalami menstruasi atau PMS ini mengalami ciri-ciri haid akan datang sehingga membuat mereka kesulitan dalam mengetahui kapan haid akan datang. Namun bagi yang belum mengetahui ciri-ciri haid akan datang berikut penjelasannya.


artikel terkait : obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Ciri-ciri Haid Akan Datang

Muncul Jerawat

Munculnya jerawat merupakan sebuah tanda menstruasi yang sangat paling mudah untuk dikenali. Kadar hormon dalam tubuh akan meningkat menjelang datangnya menstruasi yang dapat menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak atau sebum secara berlebihan.

Timbunan minyak yang ada wajah ini lama lama akan membuat menyumbat pori sehingga dapat membuahkan sebuah jerawat.

Payudara Terasa Kencang, Padat Dan Nyeri Ketika Disentuh

Bila payudara terasa kencang, lebih berat, terasa bengkak dan merasakan nyeri terlebih di area sisi terluarnya maka ini merupakan sebuah ciri akan datangnya menstruasi sebentar lagi.

Perbuahan payudara yang dirasakan tersebut diakibatkan karena naiknya hormon prolactin dimana merupakan hormon yang meningkatkan produksi susu.

Kram Perut

Kram perut merupakan sebuah ciri haid akan datang yang paling sering dirasakan oleh para wanita.

Biasanya kram perut ini muncul di satu hari sampai dua hari menjelang terjadinya menstruasi anda. Tenang, kram perut ini biasanya akan menghilang ketika anda sudah mengalami haid.

Rasa Nyeri

Dalam sepuluh hari sebelum datang nya haid, biasanya anda akan mulai mengalami ciri atau gejala akan datangnya haid.

Sekitar sebanyak delapan puluh persen wanita biasanya mengalami rasa nyeri di beberapa area seperti rasa nyeri pada sendi, rasa nyeri pada punggung dan juga rasa nyeri pada pinggang.

Perut Kembung

Sudah makan dengan teratur, namun perut tetap saja terasa sangat kembung dan juga bergas? Bisa jadi itu merupakan sebuah tanda bahwa sebentar lagi anda akan kedatangan haid.

Dalam mengatasinya maka anda dapat mencoba mengurangi asupan makanan yang tinggi garam dan diganti dengan memperbanyak makan sayur serta buah dan juga melakukan olahraga secara rutin.

Kecapekan Namun Susah Untuk Tidur

Ketika datang bulan akan datang sebentar lagi maka biasanya anda akan menjadi lebih susah tidur walau badan sudah merasa kecapekan sekali.

Gejala ini merupakan akumulasi dari kombinasi perubahan hormon dalam menjelang menstruasi ditambah lagi dengan mengalmai stress fisik karena badan yang kelelahan serta stress emosional  akibat dari aktivitas harian.

Sakit Kepala

Ada beberapa wanita yang akan datang bulan biasanya mengalami sakit kepala berat. Ternyata semua itu ada hubungannya dengan perubahan kadar estrogen tubuh yang dapat mengganggu hormon di dalam otak sehingga hasilnya sakit kepala tidak bisa untuk dihindari.

Sembelit Atau Diare

Ada juga beberapa wanita yang mengeluhkan gangguan pencernaan beberapa hari sebelum datang bulan datang seperti sembelit atau bahkan bisa jadi menjadi diare. Hal ini karena adanya kenaikan hormon dalam menjelang menstruasi.

Peningkatan prostaglandin ini memicu udud dalam berkontraksi sehingga dapat menyebabkan terjadinya diare, sedangkan itu peningkatan progesterone dapat memicu terjadinya sembelit pada wanita yang akan mengalami menstruasi.

Perubahan Emosional (Mood Dan Juga Perilaku)

Wanita yang sedang mengalami haid biasanya akan cenderung lebih sensitif, sehingga para wanita akan menjadi mudah marah, cemas, bersedih dan juga mudah tersinggung.

Dengan keadaan seperti itu membuat tidur pun menjadi tidak nyenyak karena biasanya anda merasa menjadi lebih lelah dari biasanya.

Ada berbagai gejala yang muncul sebelum datangnya menstruasi, hal ini meliputi dari gejala fisik, emosional dan juga psikologis. Namun tidak semua wanita ini mengalami gejala akan datangnya datang bulan. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)