Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Balita

16-06-2020 06:16:15
Madu Anak Vitabumin


Tumbuh kembang balita menjadi salah satu hal yang penting untuk dicermati setiap orang tua. Terkadang, saat mengikuti fase tumbuh kembangsang buah hati beberapa orang tua melupakan hal-hal sepele. Ini menjadikan anak rentan terkena penyakit. Seperti batuk dan flu yang kerap menyerang balita pada umumnya meskipun si kecil sudah divaksin.

Pada kenyataannya, vaksin tidak sepenuhnya menjamin buah hati Anda terhindar dari penyakit. Anak yang terserang batuk dan flu membuat kebanyakan orang tua menjadi kebingungan. Terlebih daya tahan tubuh atau sistem imun buah hati Anda menjadi lemah. Lantas apakah sebenarnya sistem imun itu? Setiap anak sudah dibekali sistem imun sejak lahir.

Namun kekebalan tubuh pada anak usia dini belum sempurna. Sistem imun ini akan menguat seiring bertambahnya umur. Seiring bertumbuhnya bayi, kemampuan imunitas tubuh semakin kuat melawan virus, kuman dan organisme jahat. Terutama pada saat bayi terserang penyakit. Normalnya, anak usia dini dapat mengalami sakit selama 8 kali dalam satu tahun.

Jenis penyakit yang menyerang balita bermacam-macam. Dari kebanyakan jenisnya, penyakit infeksi telinga, batuk dan flu dapat menggerus daya tahan tubuh si kecil. Untuk itu, saat si kecil sedang sakit maupun sehat sudah seharusnya Anda berupaya meningkatkan daya tahan tubuhnya. Berikut kami sajikan beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh pada balita.

artikel terkait : madu anak

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lewat Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Dahulu aktivitas ini disebut sebagai hal yang sulit dilakukan. Namun, seiring berkembangnya zaman, olahraga dianggap sebagai kebutuhan. Ada banyak manfaat yang didapat setelah melakukan olahraga secara rutin. Tidak terkecuali pada balita. Meski berusia dini, balita juga memerlukan olahraga.

Olahraga menjadi langkah yang paling alami dan efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu rutin dan konsisten melakukan olahraga dapat meningkatkan sel dalam tubuh. Sel tersebut bermanfaat membasmi kuman secara alami. Menerapkan olahraga yang tepat juga mampu menguatkan otot jantung, tulang dan tubuh. Sehingga tubuh mampu menangkal serangan penyakit.

Lantas olahraga apa yang cocok untuk si kecil? Olahraga yang cocok untuk anak balita dimulai dari aktivitas ringan. Olahraga ini misalnya menggenggam tangan, menengok ke kanan dan ke kiri, berjalan cepat dan berlari. Saat anak sudah berusia lima tahun ajak si kecil untuk melakukan aktivitas di luar ruangan seperti bersepeda.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lewat Makanan

Tips meningkatkan daya tahan tubuh balita juga dapat dilakukan melalui asupan makanan. Balita memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup. Kebutuhan gizi dan nutrisi tersebut bisa didapat dengan konsumsi buah dan sayur. Kombinasi antara buah dan sayur efektif menangkal serangan virus dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh buah hati Anda.

Mengonsumsi buah dan sayur juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Untuk itu, sebaiknya pilih buah dan sayuran yang mempunyai kandungan vitamin tinggi. Misalnya saja, buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi. Sebab kandungan vitamin C terbukti ampuh meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan virus.

Jika anda ingin memberikan suplemen untuk si kecil utamakan supleman herbal seperti madu anak paramorina. 

Lebih dari itu, sayur dan buah sangat baik untuk perkembangan tubuh balita. Keduanya mengandung fitonutrien yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara tidak langsung. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari dapat melindungi buah hati dari penyakit kronis saat dewasa. Cobalah menyajikan menu jeruk, brokoli, wortel dan kacang hijau.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Istirahat

Istirahat tidak hanya penting bagi orang dewasa saja. Bagi balita, istirahat juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Istirahat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh balita. Apalagi pada saat menghadapi musim pancaroba. Si kecil akan mudah terserang penyakit saat perubahan musim tiba. Seperti batuk, flu, pilek dan alergi udara.

Untuk mecegahnya, usahakan Anda mengatur jadwal istirahat si kecil. Jam istirahat yang terbaik bagi anak-anak ialah sekitar 8 hingga 10 jam sehari. Pastikan buah hati Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Si kecil tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Sebagai orang tua Anda yang memegang kendali aktivitas si kecil.

Karena itu apabila si kecil susah tidur, usahakan melakukan hal-hal yang membuatnya cepat beristirahat, seperti menyanyikan lagu kesukaannya. Cara lainnya adalah membuat jadwal istirahat dan bermain sejak dini. Dengan cara ini aktivitas anak akan terkontrol dengan baik. Terutama waktu untuk istirahat sehingga anak Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Itulah beberapa tips mudah meningkatkan daya tahan tubuh balita. Sistem imun yang cukup akan membuat anak Anda lebih kreatif. Bahkan hal ini secara tidak langsung membantu si kecil berpikir secara cepat dan tepat di usia dini. Lebih-lebih, imun yang kuat efektif meningkatkan gerak sehingga si kecil tumbuh menjadi anak yang aktif. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)