Bagaimana Mengetahui Minat dan Bakat Anak?

31-01-2020 08:20:10
Madu Anak Vitabumin


Setiap individu mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Memiliki perbedaan adalah suatu hal yang wajar. Termasuk dalam hal minat dan juga bakat. Setiap individu pasti mempunyai minat dan bakat yang berbeda-beda. Bakat inilah yang perlu untuk dikembangkan sejak dini. Bakat itu sendiri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang. Baik bakat yang diturunkan dari orang tua. Atau bakat alami yang memang dimiliki oleh seseorang.

Bakat seseorang memang sebaiknya dikembangkan sejak usia kecil. Agar bakat yang dimiliki dapat diarahkan dengan optimal. Inilah peran penting orang tua, dalam mengembangkan bakat minat anak-anak. Untuk itu, sangat perlu untuk mengetahui bakat anak sejak dini. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki anak. Maka Anda akan lebih mudah untuk mengarahkannya. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak.


artikel terkait : madu anak

Memperhatikan Kebiasaan yang Sering Dilakukan Anak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak adalah memperhatikan hal-hal yang disukai anak. Dalam keseharian anak-anak, pasti Anda akan menemui beragam respon yang ditunjukkan anak-anak. Mulai dari hal-hal yang tidak disukai hingga hal-hal yang disukai. Pada proses inilah, orang tua wajib untuk memperhatikan kebiasaan anak Anda. Amatilah kebiasaan yang selalu dilakukan anak Anda.

Biasanya, beberapa hal yang menjadi kebiasaan adalah hal yang disukai anak. Dari beragam kebiasaan yang sering dilakukan anak, merupakan bakat yang dimiliki. Contohnya jika anak senang untuk menyanyi, walaupun dengan nada yang sembarangan. Namun hal itu menunjukkan bahwa anak menyukai bernyanyi. Sebagai orang tua hanya perlu memfasilitasi anak, agar hobi bernyanyinya berkembang.

Untuk itu, sangat perlu bagi orang tua untuk memperhatikan kebiasaan-kebiasaan, kesukaan, hal yang sering dilakukan, atau semua yang hal yang menjadi perhatian anak. Berawal dari rasa suka, sebuah hobi dapat dikembangkan lebih optimal. Kelak saat dewasa nanti, tentu saja bakat yang dimiliki tidak trependam sia-sia. Mengetahui bakat dan minat anak sejak dini akan membantu anak mengoptimalkan keahliannya.

Memberikan Ruang Kepada Anak untuk Mengekplorasi Kemampuannya

Dengan mengamati kebiasaan yang sering dilakukan anak, tentu belum bisa menjadi patokan bahwa hal tersebut adalah bakat anak. Diperlukan penelusuran lebih lanjut untuk mengetahui bakat dan minat anak. Untuk itu, Anda bisa memberi ruang kepada anak untuk mengeksplor kemampuannya. Biarkan anak-anak mencoba berbagai hal positif. Semakin banyak kegiatan yang anak coba. Maka diharapkan dapat menjadi sarana bagi anak untuk menemukan bakat-bakat yang dimiliki.

Sebagian orang tua saat ini, mungkin cukup membatasi kegiatan anak. Anak-anak dilarang melakukan beberapa kegiatan yang dirasa berbahaya menurut orang tua. Padahal dengan membatasi kegiatan anak, justru akan menghalangi anak untuk mengeksplorasi bakat atau kemampuan yang anak miliki. Bakat yang seharusnya dapat dikembangkan secara optimal, justru terhalang oleh batasan dari orang tua. Jadi bebaskan anak untuk melakukan kegiatan yang disukai. Tugas orang tua hanya perlu mengawasinya.

Memberi Kesempatan Anak untuk Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya juga bisa mendorong munculnya kemampuan atau bakat anak. Mengapa demikian? Pasalnya melalui kegiatan bersosialisasi, anak akan lebih bisa menujukkan ketertarikannya pada suatu hal. Kegiatan-kegiatan atau hal yang disukai anak, biasanya akan diceritakan oleh teman-teman sebayanya. Sebagai wujud aktualisasi diri seorang anak, secara tidak sadar anak akan menceritakan kegemaran-kegemaran yang sering ia lakukan.

Kegemaran yang sering dilakukan anak, jika mendapat pengakuan dari orang-orang sekitarnya. Tentu akan menambah kepercayaan diri anak. Selain dapat membantu menemukan bakat minat seorang anak. Memberikan kesempatan anak bersosialisasi juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk behubungan denagn orang lain. Anak-anak belajar bagaimana hidup berdampingan dengan orang lain.Tentu saja bakat bersosialisasi juga perlu dikembangkan sejak dini.

Mengikutsertakan Anak Pada Berbagai Kegiatan Perlombaan

Untuk dapat lebih menggali bakat yang dimiliki anak, Anda bisa mengikutsertakan anak pada berbagai perlombaan. Bakat anak akan terlihat dari hasil yang dicapai oleh anak. Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan jenis lomba yang akan diikuti adalah persetujuan anak. Anda sibuk mendaftarkan anak Anda ke berbagai perlombaan, tetapi anak Anda tidak ingin mengikuti lomba tersebut. Tentu saja baik proses ataupun hasil yang dicapai tidak akan sesuai harapan.

Orang tua dapat mengamati beberapa lomba dengan hasil yang tertinggi sebagai acuan. Mendapatkan juara pada sebuah perlombaan menandakan bahwa anak memiliki bakat yang lebih dibanding kontestan yang lain. Anda dapat lebih mengembangkan bakat tersebut jika anak juga menginginkannya. Poin penting adalah anak menyukasi kegiatan tersebut. Rasa terpaksa hanya akan menghambat tumbuh kembang bakatnya.

Dari serangkain cara untuk mengetahui bakat dan minat anak. Terdapat satu hal penting yang harus diperhatikan, yaitu ketertarikan anak. Anda sudah berusaha mengembangkan bakat yang dimiliki. Tetapi anak Anda tidak menginginkannya, maka semua itu akan sia-sia. Kembangkanlah bakat serta kegiatan yang benar-benar anak sukai. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)