Mengetahui Ciri-ciri Bayi Cerdas

29-07-2020 07:37:53
Madu Anak Vitabumin

Setiap orang tua pasti menginginkan dan akan sangat senang bila mengetahui bahwa bayi mereka cerdas. Kecerdasan merupakan salah satu bekal yang sangat penting bagi anak untuk menjalani tumbuh kembang hingga masa dewasa anak nanti.

Perlu diketahui bunda bila kecerdasan bayi dapat dilihat ketika mereka masih bayi.

Dengan mengetahui ciri-ciri bayi cerdas maka bunda dapat mengarahkan dan menstimulasi bayi untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Lalu, apa saja sih ciri-ciri bayi cerdas itu? Berikut akan kita bahas bersama.


Ciri-ciri Bayi Cerdas

Ciri-ciri bayi cerdas dapat diketahui sebagai berikut:

1. Melewati Tahapan Tumbuh Kembang Lebih Cepat Dibanding Bayi Seusianya

Para orang tua pasti akan mengetahui bahwa milestone atau tahapan tumbuh kembang bayi merupakan sebuah cara yang efektif dalam mengukur apakah bayi sudah berada di jalur yang sesuai dengan usianya atau tidak.

Para orang tua dapat memerhatikan tahap pertumbuhan fisik, kognitif dan emosional mereka. Namun bila bayi telah mencapai tahapan ini lebih awal dari teman seusianya maka ini dapat dikatakan sebagai salah satu ciri bayi cerdas.

Misal seperti bayi yang berumur tiga bulan sudah dapat duduk sendiri atau ketika bayi sudah berumur sepuluh bulan sudah dapat mengucapkan beberapa kata dengan jelas.

2. Memiliki Kefokusan Yang Sangat Baik

Bayi dan ataupun anak anak terkenal karena rentang perhatian pendek mereka. Luangkan waktu sekitar lima belas menit untuk bermain mainannya.

Di waktu ini biasanya bayi akan hanya bertahan selama beberapa menit saja setelah itu mereka akan beralih ke mainan mereka yang lainnya.

Namun ciri-ciri bayi cerdas salah satunya ialah mereka dapat fokus pada sesuatu seperti fokus ke mainannya untuk waktu yang cukup lama pada usia nya yang sangat dini ini dan biasanya sebelum menginjak usia enam bulan.

3. Suka Memecahkan Masalah

Bila bayi menunjukan ciri-ciri bayi cerdas maka jangan pernah berharap bila bayi akan mudah menyerah. Dengan memiliki kemampuan kefokusannya yang ekstrem maka bayi yang cerdas akan dikarunai ketrampilan dalam memecahkan masalah yang luar biasa.

Contohnya seperti bunda menyimpan makanan favoritnya di dalam lemari maka kemungkinan besar bayi dapat menemukan cara yang cerdas untuk menemukan dan mencapai makanan tersebut.

4. Bayi Akan Menikmati Kesendirian

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi merupakan manusia kecil yang mudah bergaul dan jarang ingin ditinggal sendirian. Namun salah satu ciri-ciri bayi cerdas ialah mereka yang sering lebih suka menyendiri.

Orang tua akan melihat bayi dengan sangat senang ketika bermain sendiri. Atau bisa jadi mungkin bayi akan lebih suka ditemani anak anak yang usia nya lebih tua dari pada anak anak yang seusianya untuk membantu stimulasi emosional dan intelektual yang sedikit lebih maju.

5. Bayi Akan Sanagt Penasaran

Ciri-ciri bayi cerdas selanjutnya ialah dengan rasa penasaran yang sangat besar. Baik penasaran terhadap hal hal yang kecil hingga bayi juga dapat memerhatikan setiap gerak gerik para orang tuanya.

Biarkan bayi mengamati aktivitas yang para orang tua nya lakukan, selanjutnya para orang tua dapat menjelaskan pada bayi mereka mengenai aktivitas para orang tua nya lalu amati responnya.

6. Berat Badan Bayi Lahir Di Atas Rata-rata

Dari beberapa hasil para peneliti mengemukakan bahwa ditemukan korelasi antara berat badan bayi saat dilahirkan dengan IQ. Bayi yang dengan berat badan daat lahir di atas rata-rata maka cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.

Sementara itu, dalam memelihara otak bayi dapat diberikan ASI hingga mereka mencapai usia enam bulan dan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk perkembangan otak seperti ikan dan alpukat disaat mereka sudah mulai mengkonsumsi makanan padat.

7. Bayi Akan Selalu Waspada

Selanjutnya ciri-ciri bayi yang cerdas ialah mereka memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi. Bayi yang cerdas akan sangat sadar akan lingkungan dan orang orang yang dia sayangi sehingga bayi akan dengan cepat mengenali dan terikat dengan anggota keluarga lainnya.

Bayi akan melakukan kontak mata dengan mama sejak dini dan membalas dengan senyuman atau tanda lainnya seperti mencium, memegang muka atau memukul kecil.

Namun perlu diketahui dengan memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi ini dapat menyebabkan bayi menjadi lebih sulit tidur karena rangsangan lingkungan, dengan begitu atasi dengan menciptakan lingkungan tidur yang tenang, aman dan gelap.

Bila para orang tua menginginkan bayi menjadi cerdas maka diperlukan beberapa cara dimana salah satunya ialah dengan menjalani hidup sehat dan menjaga pola makan tetap sehat.

Semua ini berkaitan dengan para orang tua calon bayi dimana para orang tua calon bayi tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak merokok dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Karena zat tersebut dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan otak janin. Bukan hanya itu saja ketika bunda sedang hamil berarti otomatis kebutuhan makanan akan menjadi dua kali lipat.

Namun ternyata masih banyak orang yang salah kaprah mengenai kalimat tersebut. Makan dua porsi saat hamil biasa dikatakan karena makan untuk dua orang.

Memang ketika hamil, ibu hamil memerlukan tambahan kalori, tapi yang harus diingat ini merupakan tambahan bukan berarti dikalikan dua karena yang diutamakan ialah kandungan nutrisinya.

Artikel Terkait

Susu Pasteurisasi

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.
Selengkapnya

Kenapa Bayi Sering Kentut

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.
Selengkapnya

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)