Mengenal Lebih Jauh tentang Autis

31-01-2020 07:34:24
Madu Anak Vitabumin


Autisme adalah gejala yang tidak asing lagi ditemukan di masyarakat dengan kondisi di mana anak mengalami gangguan pada otak, sehingga kesulitan saat harus berbaur dengan lingkungan. Autisme juga menyebabkan gangguan perilaku yang menghambat komunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Mengikuti perkembangan zaman, autisme disebut sebagai ASD atau autism spectrum disorder dengan pertimbangan gejala dan tingkatan yang berbeda-beda pada setiap penderita. Berbagai gangguan yang menyebabkan ASD itu ada beragam, gangguan perkembangan pervasive, gangguan autistik, dan lainnya.

Data di seluruh dunia membuktikan bahwa dari 160 anak, satu diantaranya rentan terhadap serangan autisme. Itu perhitungan dunia global, sementara di Indonesia sendiri belum jelas perhitungannya bagaimana. Autisme memang tidak bisa disembuhkan, tapi terapi bisa membuat anak dapat berbaur normal dengan sekitarnya. Cara ini membantu untuk menekan potensi terasingnya autis dari sosial.


artikel terkait : madu anak

Ciri-ciri Autisme

Autisme bisa terjadi pada siapa saja, orang tua wajib tahu ciri-ciri tersebut dengan memerhatikan beberapa hal, seperti terganggunya interaksi sosial yang bersifat timbal balik pada anak. Hal ini bisa ditandai dengan kurangnya kontak mata serta ekspresi wajah yang kurang hidup saat berkomunikasi.

Hal-hal yang ditandai dengan terlambatnya kemampuan untuk berkomunikasi juga bisa menjadi salah satu sebab terjangkitnya autisme pada anak. Tanda jelasnya orang tua bisa memerhatikan dari seberapa sering anak mengulang aktivitas, maupun kata-kata yang sama dan kurang imajinatif pada usianya.

Gejala autisme berikutnya yang harus diketahui oleh orang tua sebagai ilmu adalah terpukau atau terpesona pada berbagai detail kecil dari benda. Penderita autisme juga kerap menunjukkan ketertarikan yang berlebih, terhadap sebuah benda yang sebenarnya biasa saja jika dipandang.

Indonesia masih berupa negara yang rendah tingkat penyembuhan autismenya. Hal ini dibuktikan dari seumur kasus autis itu ada, konon baru 2 orang yang kembali bisa menjalani kehidupan normal dan berprestasi. Lain hal dengan di Amerika, di mana tingkat kesembuhan melesat lebih tinggi dari di Indonesia. Tapi, kesembuhan untuk penderita autis ini juga bergantung pada seberapa parah gejalanya.

Fakta Autisme pada Anak-anak

Sebagai pengetahuan, sebagai orang tua tentu kita harus mengetahui apa saja fakta dasar tentang autisme yang semestinya semua orang pun peka. Fakta pertama, autisme itu sudah bisa didiagnosis semenjak dini, tepatnya ketika usia mencapai 2 tahun. Bisa ditandai dengan interaksi sosial si anak.

Fakta kedua tentang autisme yang harus semua orang ketahui adalah gejala autis itu tidak seragam, artinya pada setiap anak bisa jadi gejalanya berbeda-beda. Ini kenapa autisme ada yang parah dan ada juga yang ringan, sehingga potensi disembuhkannya lebih besar dan bisa berhasil jika beruntung.

Fakta berikutnya dari anak yang menderita autis adalah lebih banyak anak dengan jenis kelamin laki-laki yang menderita autis dibandingkan anak perempuan. Ada mitosnya konon keturunan dengan kulit putih lebih sering terserang autis, tapi hal itu tidak benar karena autisme bisa menyerang siapa saja.

Terakhir, fakta tentang autisme dalam artikel kali ini adalah vaksin serta imunisasi sama sekali tidak menjadi sebab datangnya autisme pada anak. Hal-hal yang berhubungan dengan vaksin atau imunisasi itu penting adanya demi menjaga kesehatan anak, jadi tidak ada hubungannya dengan autisme pada anak. Kecuali, orang tua tidak aware dan mengimunisasi anak ketika anak posisinya sedang tidak fit.

Bisakah Autisme Diatasi?

Bicara tentang pengobatan atau cara mengatasi autisme, sebenarnya tidak ada jawaban absah yang menegaskan prosedur itu bisa memperbaiki autisme secara menyeluruh. Tapi, setidaknya anak bisa berinteraksi dengan lingkungan sosial dengan semestinya seperti orang normal atau orang kebanyakan.

Terapi bicara dan bahasa bisa menjadi salah satu tindakan tepat untuk melatih kemampuan anak dalam berkomunikasi. Gangguan pada sistem bicara dan bahasa ini adalah gejala umum dan sangat jelas yang bisa siapa saja perhatikan dari anak penderita autisme. Dengan terapi, anak bisa menyesuaikan dirinya.

Terapi kedua yang dilakukan kepada anak dengan gangguan autisme adalah terapi okupasional, di mana membuat anak lebih produktif dan bisa beraktivitas seperti selayaknya semua orang. Hal ini kiranya dapat ditemukan jelas pada seorang anak autis yang bisa membuka usaha baking sendiri di Indonesia.

Berikutnya, penanganan yang bisa diterapkan pada anak penderita autisme adalah terapi fisik, seperti memberikan pijatan dan latihan menggerakkan anggota tubuh. Hal ini supaya anak penderita autis bisa menyeimbangkan antara apa yang di dalam kepala, hati, serta selaras dengan tindakan yang dilakukan.

Dari semua hal penanganan yang diterapkan di atas, paling penting untuk penyembuhan atau pengembalian anak supaya kembali normal adalah kesabaran orang tua. Besar hati dan menerima berbagai kondisi anak adalah kunci utama. Bunda dan ayah harus berdamai dengan kenyataan untuk memberikan dukungan sandaran kuat untuk anak-anak.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)