Mengatasi Bab Keras Pada Balita

28-08-2020 09:14:05
Madu Anak Vitabumin

Ketika si kecil mengalami buang air besar atau BAB keras hal itu merupakan suatu kondisi yang akan sering terjadi. Buang air besar (BAB) keras pada balita biasanya disebabkan karena si kecil kurang mengkonsumsi air.

Namun hal yang paling sering menjadi penyebab utama balita mengalami bab keras ialah pemberian makanan yang tidak sesuai dengan umur balita. Bila si kecil mengalami kondisi buang air besar (BAB) keras maka dapat membuat para orang tua menjadi panik.

Padahal panik bukanlah cara terbaik untuk mengatasi bab keras pada balita. Lalu bagaimana cara mengatasi bab keras pada balita?


artikel terkait : madu anak

Berikut cara mengatasi bab keras pada balita:

·         Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Untuk anak yang sudah memasuki usia di atas 6 bulan maka si kecil dapat diberikan minuman lain selain asi seperti air putih namun pastikan untuk ASI atau susu formula si kecil tidak berhenti. Takaran air putih yang dapat membantu mengatasi bab keras pada balita ialah sekitar 2 sampai 4 ons atau sekitar 50 ml air putih dalam satu kali minum.

·         Memberikan Jus Buah

Di dalam beberapa buah mengandung kandungan laksatif alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan balita. Buah buah tersebut seperti buah pir, buah apel dan atau buah plum. Buah buah tersebut dapat dikreasikan menjadi sebuah smoothies buah yang dapat dicampur dengan ASI atau susu formula dimana nantinya dapat berfungsi dalam mmebantu melancarkan pencernaan balita.

·         Melatih Kaki Bayi

Mengatasi bab keras pada balita sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan bayi dapat dilakukan dengan melatih tubuh anak. Caranya cukup menempatkan anak di posisi tidur telentang lalu angkat kedua kaki si kecil selanjutnya buat gerakan seolah si kecil seperti sedang mengayuh sepeda. Dengan car aini dapat membantu melepaskan tekanan yang ada pada perut serta usus dapat bekerja lebih baik lagi.

·         Makanan Tinggi Serat

Bukan hanya mengandung laksatif saja, buah juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan balita. Buah yang mengandung serat tinggi ialah buah alpukat, buah persik dan buah plum. Hindari memberikan makanan yang dapat membuat bab balita menjadi keras seperti pisang, wortel, keju dan sereal beras.

·         Memijat Area Perut Bayi

Memposisikan bayi tidur telentang lalu memijat perut bayi dimulai dari area pusarnya dengan gerakan searah jarum jam. Pijatlah dengan lembut usahakan untuk jangan terlalu keras menekan, bila si kecil menangis ketika dipijat tandanya mungkin anda menekan terlalu keras.

·         Memandikan Dengan Air Hangat

Bila si kecil dimandikan dengan menggunakan air hangat maka si kecil akan menjadi lebih rileks sehingga membantu tubuh melepaskan apa yang sudah ditahan selama ini. Bila si kecil selesai mandi cobalah untuk melakukan pijatan lembut di area perut agar dapat membantu memudahkan pencernaan si kecil ketika sedang bekerja.

·         Diet

Untuk melunakkan feses dan membantu membuat feses menjadi lebih mudah dikeluarkan maka para orang tua dapat meningkatkan asupan cairan non susu dan serat setiap hari. Dengan makanan yang berserat tinggi ini seperti buah-buah an dan jus buah yang mengandung sorbitol seperti manga, pir dan prune serta sayuran seperti brokoli dan jenis dari sereal, roti gandum dan kacang kacangan. Batasi makanan yang dapat membuat meningkatnya konstipasi seperti makanan berlemak yang rendah serat.

·         Berolahraga

Bila balita sudah dapat bergerak bebas, usahakan untuk mengajak anak keluar bermain setidaknya tiga puluh menit sampai enam puluh menit dalam satu harinya. Dengan menggerakkan tubuh ini dapat membuat usus terus bergerak dalam mendorong kotoran untuk keluar.

Bila sudah menggunakan cara cara diatas namun balita masih saja mengalami BAB keras maka sebaiknya orang tua mengkonsultasikan ke dokter anak atau bisa juga menggunakan obat sembelit. Obat sembelit ini dapat diberikan ketika malam hari sebelum balita tidur.

Bila balita sudah mengalami sembelit lebih dari dua minggu, BAB berdarah dan sembelit tidak kunjung membaik maka langkah terakhir ialah memeriksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)