Bagaimana Mengatasi Anak yang Lambat Bicara?

31-01-2020 08:24:48
Madu Anak Vitabumin

Tumbuh kembang bayi memang selalu menarik untuk diikuti. Mulai dari bayi yang hanya bisa menangis. Hingga tumbuh menjadi anak kecil yang lucu menggemaskan dengan segala celotehnya.

Ada banyak perkembangan yang dinantikan oleh orang tua dari bayinya. Salag satunya adalah perkembanagn berbicara. Bayi yang sudah bisa mengucapkan satu atau dua kata walaupun belum jelas, sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua.

Akan tetapi tidak jarang ditemui gangguan tumbuh kembang berbicara bayi. Kelainan ini biasa disebut dengan gangguan lambat bicara. Pada usia bayi seharusnya sudah mengatakan satu aatu dua kata.

Pada bayi gangguan lambat bicara, bayi sama sekali belum bisa mengucapkan satu kata atau suku kata. Seorang anak dikatakan lambat bicara jika sudah memasuki usia 1,5 tahun tetapi belum dapat mengucapkan kata yang konsisten.

Kata-kata yang mudah seperti “mama”, “papa”, “mana”, “ini”, “itu” seharusnya sudah bisa dilafalkan anak kurang lebih usia 1,5 tahun. Pada usia 2 tahun, anak sudah bisa merangkai kata-kata sederhana.

Meskipun baru terdiri dari dua kata saja seperti “mana mama”. Anda perlu curiga jika anak Anda belum jelas berbicara atau hanya bisa mengucapkan beberapa potong kata saja pada usia 2-3 tahun. 

artikel terkait : madu anak

Faktor Penyebab Gangguan Lambat Bicara Anak

Ada banyak faktor yang membuat anak mengalami keterlambatan bicara. Beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

  • Adanya gangguan pendengaran bayi, sehingga mempengaruhi kemampuan bicara bayi. Adanya hambatan perkembangan otak yang mempengaruhi kemampuan bicara seorang anak.
  • Bisa juga ada garis keturunan riwayat keluarga bayi yang mempunyai gangguan lambat belajar. 
  • Kurangnya rangsangan yang diberikan orang disekitar bayi. Sehingga mengurangi mmotivasi anak untuk berbicara. Dan berdampak mengalami keterlambatan berbicara. 



Cara Mengatasi Anak Lambat Bicara

Dari berbagai faktor yang bisa menyebabkan gangguan lambat belajar. Orang tua seharusnya bisa mengidentifikasi faktor penyebab anaknya mengalami gangguan lambat bicara. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa melakukan tindakan yang tepat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi gangguan lambat bicara. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.      Aktif Mengajak Anak Berbicara

Salah satu faktor penyebab anak mengalami ketelambatan bicara adalah kurangnya rangsangan dari orang sekitar. Untuk itu, Anda perlu memberikan rangsangan serta stimulus kepada anak dengan aktif mengajak ngobrol dan bicara. Suara adalah rangsangan terbaik bagi anak untuk melatih berbicara berdasarkan apa yang didengarnya.

Jika anak sudah mampu mendengarkan dengan jelas, maka orang tua harus mulai aktif mengajak anak berkomunikasi. Pancinglah anak untuk merespon Anda baik dalam bentuk tertawa atau mengeluarkan suara celotehan. 

2.      Mengajari Berbicara Melalui Permainan

Anak-anak masih identik dengan dunia bermain. Jadi manfaatkan hal ini dengan melatih anak berbicara melalui permainan. Melalui kegiatan yang menyenangkan seperti mendongeng, mendengarkan musik, permainan kartu bergambar akan meningkatkan motivasi anak untuk berbicara. 

3.      Ajak Anak Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebaya

Berbicara adalah salah satu jenis komunikasi dua arah atau lebih antara satu manusia dnegan manusia lain. Saat berbicara tentu Anda mebutuhkan lawan bicara. Begitu pula dengan anak-anak. Ajaklah anak Anda untuk bertemu dengan orang lain selain keluarganya di rumah.

Ajarkanlah anak untuk bersosialisasi sejak dini. Dengan bersosialisasi, anak dapat mengekspresikan perasaannya. Baik secara lisan atau gerakan. Sehingga akan mampu untuk merangsang anak untuk belajar berbicara.

4.      Lakukan Terapi

Tahap terapi ini sebenarnya tahap paling akhir. Jika Anda sudah menerapkan segala cara alami yang bisa merangsang anak bicara. Akan tetapi masih belum ditemukan perkembangan bicara anak. Maka sebaiknya Anda membawa anak Anda ke terapis. Terapi khusus yang memang diterapkan untuk dapat merangsang anak berbicara. Tentu saja terapis harus berasal dari ahli profesional yang memang mengurusi tentang keterlambatan bicara anak.

Orang tua yang awam dengan dunia kesehatan, tentu tidak mempunyai kapasitas lebih untuk bisa melakukan terapi anak lambat bicara. Cara-cara yang digunakan tentu sudah teruji dan berdampak pada perkembangan bicara anak.

5.      Berlatih Meniup

Mengajak anak untuk berlatih meniup menjadi salah satu metode untuk merangsang anak berbicara. Dengan berlatih meniup, dapat menguatkan otot wajah dan mulut. Salah satu organ penting yang digunakan untuk berbicara. Selain itu, dengan berlatih meniup dapat mengurangi risik anak cadel. Hal itu karena otot bcara yang belum matang, bisa dilatih lebih kuat dengan berlatih meniup.

Menangani anak gangguan lambat bicara sanagt diperukan. Berbicara sebgai salah satu metode komunikasi dengan orang lain. Berbicara juga digunakan untuk mengekspresikan apa yang dirasakan anak.

Jika anak gangguan lambat belajar dibiarkan, maka dikhawatirkan orang-orang di sekitarnya tidak memahami apa yang diinginkan anak.

Anak tidak bisa mengekpresikan yang dirasakan. Sehingga pada ujungnya hanya akan membuat anak rentan stres dan juga tantrum.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)