Mengajarkan Bahasa Asing Untuk Anak

15-06-2020 02:15:34
Madu Anak Vitabumin


Usia dini merupakan waktu keemasan bagi anak untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, setiap orang berlomba-lomba untuk mengajarkan buah hatinya berbagai macam hal. Salah satu hal yang diajarkan saat anak di usia dini adalah bahasa asing. Untuk mendukungnya, orang tua kebanyakan akan memberikan asupan nutrisi yang tepat. Sehingga tumbuh kembangnya maksimal.

Bolehkah mengajarkan bahasa asing kepada anak? Jawabannya adalah boleh dan sah-sah saja. Apalagi bahasa adalah media komunikasi di setiap negara. Indonesia sendiri mempunyai satu bahasa dan beragam dialek. Selain diajarkan Bahasa Indonesia, anak juga bisa diberi pengetahuan mengenai media komunikasi lainnya. Bahasa asing yang dapat dipelajari ada bermacam-macam jenisnya.

Misalnya saja Bahasa Inggris, Mandarin atau Bahasa Jepang. Setiap jenis bahasa asing yang dipelajari tersebut mempunyai manfaat bagi anak. Apalagi saat perkembangan Bahasa mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sebagian masyarakat dunia menguasai Bahasa Inggris lantaran sudah menjadi media komunikasi internasional. Sehingga, orang berbeda negara yang bertemu dapat menggunakannya untuk saling berkomunikasi.

Namun, agar bisa belajar bahasa asing diperlukan latihan sejak kecil. Apalagi tiap bahasa memiliki kosakata yang bervariasi dan banyak jumlahnya. Mustahil dalam hitungan hari seseorang dapat menghafal semua kosakata bahasa asing. Oleh karena itu tidak salah apabila Anda mengajarkan bahasa asing sejak dini. Namun, bagaimana cara mengajarkannya? Yuk, cermati tips di bawah ini.

artikel terkait : madu anak

Mengajarkan Bahasa Asing dengan Bernyanyi

Langkah paling efektif dalam mengajarkan buah hati Anda agar bisa berbahasa Inggris adalah dengan bernyanyi. Metode pengajaran dengan nyanyian sudah banyak dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Banyak sekolah yang mengajarkan bahasa dengan memanfaatkan metode bernyanyi. Anda pun bisa memanfaatkannya setiap hari di rumah bersama buah hati tercinta.

Buatlah sesi belajar si kecil lebih menyenangkan di rumah. Cara ini bisa Anda realisasikan dengan bernyanyi bersama buah hati. Usahakan untuk menyeleksi beberapa lagu anak berbahasa asing. Pemilihan lagu anak bisa disesuaikan dengan ketertarikannya terhadap karakter film animasi. Misalnya, lagu yang menceritakan tokoh dalam film. Ini akan membuat minatnya meningkat.

Ajaklah anak Anda untuk bernyanyi bersama secara berulang-ulang. Sehingga, anak dengan sendirinya dapat menghafal kosakata bahasa asing tersebut. Selain bernyanyi, tugas Anda adalah menjelaskan makna dari setiap kosakata. Lanjutkan terus hingga menjadi kebiasaan. Setelah sang buah hati memahami satu lagu lengkap dengan kosaskatanya, barulah Anda dapat mengganti dengan judul lainnya.

Mengajarkan Bahasa Asing dengan Rutinitas

Selain memanfaatkan metode bernyanyi Anda dapat mengajarkan bahasa asing pada buah hati dengan rutinitas sehari-hari. Bagaimanakah maksudnya? Maksudnya adalah membiasakan komunikasi sehari-hari dengan mengombinasikan bahasa utama dan asing. Biasanya dalam aktivitas sehari-hari Anda menggunakan Bahasa Indonesia bersama keluarga dan anak. Ubahlah kebiasaan tersebut demi mengajarkan buah hati tentang bahasa asing.

Untuk cara yang satu ini biasanya orang tua dituntut memahami bahasa asing yang ingin diajarkan pada anak dengan baik. Sehingga, ketika anak bertanya mengenai arti dan maknanya Anda bisa menjelaskan. Mulailah hal ini dengan menyuruh si kecil melakukan sesuatu namun menggunakan bahasa asing, agar anak tidak bingung lakukan pengucapan selang-seling.

Agar lebih maksimal dalam belajar bahasa asing setiap hari gunakan kosakata yang berbeda. Semakin banyak kosakata yang terekam pada memori anak, maka pemahamannya tentang bahasa asing lebih cepat. Langkah ini harus dilakukan secara konsisten setiap hari. Karena apabila hanya dilakukan dalam waktu singkat hasilnya tidak akan seperti yang Anda harapkan.

Mengajarkan Bahasa Asing dengan Game

Game juga bisa menjadi salah satu langkah yang efektif dalam mengajarkan anak agar bisa berbahasa asing. Game yang dimainkan tidak melulu bersifat online. Game ini merupakan permainan sederhana yang bertujuan melatih otak anak dalam menghafal kosakata bahasa asing. Dengan memanfaatkan game, tujuan pembelajaran mudah tercapai dan anak pun menjadi lebih ceria.

Lantas game apa yang cocok untuk mengajarkan kosakata? Ada berbagai macam permainan yang sebenarnya menjadi pilihan Anda. Salah satunya ialah permainan tebak gambar. Media yang harus disiapkan adalah beragam gambar dan sebaiknya mudah ditebak oleh si kecil. Misalnya buah-buahan, binatang maupun kendaraan. Gambar tersebut bisa dari kertas maupun berasal dari smartphone.

Permainan dapat dimulai dengan menunjukkan gambar tersebut kepada si kecil, lalu ia harus menebak gambar apakah yang diperlihatkan tersebut. Namun tebakan tersebut menggunakan bahasa asing. Terakhir, bila buah hati Anda berhasil menebak semua gambar cobalah memberikan reward agar ia merasa semangat dalam bermain dan belajar bahasa asing bersama Anda.

Jadi, sebenarnya tidak sulit mengajarkan bahasa asing kepada anak. Hanya saja setiap pengajaran bahasa memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Latihan yang mendalam dan konsisten dalam belajar sangat diperlukan agar buah hati tidak cepat bosan. Terkadang memberinya reward juga perlu dilakukan, apalagi jika sang buah hati sudah menunjukkan kemajuan.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)