Penyebab Mata Kuning Pada Bayi Baru Lahir yang Perlu Orang Tua Ketahui

16-09-2020 03:13:12
Madu Anak Vitabumin

Kebanyakan bayi yang baru lahir akan mengalami bayi kuning. Pada umumnya, kondisi seperti ini wajar terjadi dan tidak berbahaya. Selama kondisi kuning pada tubuhnya tidak menunjukkan tanda-tanda yang serius, tidak perlu memeriksakannya ke dokter.

Penyakit kuning biasanya menyerang bayi yang baru lahir, kira-kira pada usia 1 minggu. Dan gejala yang muncul terjadi pada mata dan kulit yang menguning. Penyebab mata kuning pada bayi baru lahir dikarenakan tingginya kadar zat bilirubin pada tubuh bayi.

Kondisi bayi kuning biasanya juga ditandai dengan warna tinja yang lebih pucat serta urine bayi lebih pekat. Apabila tidak ada keluhan lain pada tubuh bayi sebaiknya hanya lebih sering saja memberikan asi pada bayi serta menjemurnya setiap pagi.

Namun jika ada keluhan lain seperti bayi kejang, dehidrasi hingga tidak mau minum susu Ibunya tentu hal ini perlu diwaspadai. Sebelum kondisi si kecil semakin memburuk sebaiknya segera periksakan ke dokter anak untuk cek darah.

Karena bayi kuning sendiri merupakan kondisi di mana zat bilirubin dalam darah bayi sangat tinggi. Bilirubin merupakan zat kuning yang diproduksi oleh tubuh ketika sel darah merah dalam tubuh pecah. Memang pada dasarnya seorang bayi lebih besar memproduksi zat bilirubin dibandingkan dengan orang dewasa.

Sebab organ hati pada bayi belum berkembang secara sempurna, di mana organ hati memiliki peran dalam membuang bilirubin akan menumpuk dalam tubuh bayi yang akhirnya menyebabkan penyakit kuning tersebut.

Di beberapa kondisi yang menyebabkan bayi kuning dapat terjadi karena hal berikut ini:

1.       Kelainan sel darah merah pada bayi seperti anemia sel sabit, anemia hemolitik dan inkompatibilitas rhesus.

2.       Bayi kekurangan oksigen atau dikenal dengan hipoksia

3.       Gangguan pada saluran empedu atau organ hati

4.       Infeksi virus

5.       Bayi mengalami kelainan genetic

6.       Kekurangan enzim pada tubuh bayi

7.       Terjadi efek samping dari obat-obatan tertentu

8.       Bayi mengalami hipotiroid kongenital

Namun perlu diingat bahwa tidak semua bayi akan mengalami penyakit kuning. Ada juga bayi yang tidak kuning karena kondisi tiap-tiap bayi yang baru lahir memang berbeda-beda. Sehingga tidak semua kondisi bayi lahir dapat disamaratakan.

Resiko paling banyak terjadi saat bayi lahir kuning adalah ketika ia lahir premature atau kurang dari 37 minggu, asi ibu tidak keluar sehingga kekurangan asupan cairan pada tubuh bayi, terdapat trauma lahir pada bayi misalnya memar atau cedera, ibu menderita diabetes gestasional saat melahirkan dan lain sebagainya.

Jika kondisi bayi kuning tidak mengalami kondisi tertentu, atau bisa dibilang kuning pada bayi karena kekurangan asupan asi maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Karena untuk menanganinya sang ibu cukup mengkonsumsi makanan yang dapat membuat produksi asi melimpah sehingga si kecil tidak kekurangan asi.

Biasanya hal tersebut akan membaik selama 1 hingga 2 minggu pada bayi. Yang terpenting adalah memberikan asi secara rutin pada bayi Anda, lakukan sesering mungkin. Biasanya dokter akan menyarankan untuk memberikan asi selama 2 jam sekali secara berulang.

Akan tetapi untuk kondisi lain bisa dengan cara melakukan suntikan immunoglobulin dan fototerapi. Jika kedua cara tersebut masih tidak efektif maka bisa dilakukan transfuse darah.

Cara-cara tersebut hanya untuk kondisi bayi kuning yang sudah parah atau membutuhkan perawatan khusus.

Namun jika dokter menyarankan untuk dirawat di rumah tentu para Ibu hanya perlu melakukan pemberian asi pada bayi disertai dengan sering membawa si kecil berjemur di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D.

Selama bayi kuning memiliki kondisi tidak berbahaya Ibu tidak perlu khawatir atau cemas. Karena jika ibu terlalu memikirkan kemudian membuat sang ibu stres maka akan mempengaruhi produksi asi yang mengakibatkan tidak keluar.

Jadi, pastikan ibu tetap dalam kondisi tenang dan rileks ya. Gunakan waktu senggang ibu untuk memperbanyak membaca seputar Kesehatan anak agar menambah wawasan Ibu di dunia anak. Karena tugas seorang ibu memang tidak bisa dianggap sepele sebab harus menjaga dan mengantarkan anak tumbuh kembang dengan baik.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)