Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

11-07-2021 11:26:37
Madu Anak Vitabumin

Kolin merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan selama masa kehamilan selain nutrisi protein, asam lemak omega 3, kalsium dan juga asam folat. Peran nutrisi kolin ini tidak banyak diketahui oleh para orang. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini manfaat kolin bagi para ibu hamil sudah hampir terkenal di bagian bidang kebidanan dan juga pediatri.

Phosphatidylcholine merupakan sumber kolin yang terbuat di dalam hati. Tetapi sayangnya kandungannya masih terlalu rendah untuk dapat memenuhi persyaratan makanan. Maka dari itu kebutuhan dari kolin harus dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan sumber makanan kolin agar dapat mendapatkan manfaatnya.

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.

18 Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil

·         Telur

Telur merupakan sumber utama kandungan kolin. Di dalam kuning telur sendiri mengandung nutrisi yang sangat penting. Di dalam satu butir telur rebus cukup dalam menyediakan sekitar lima puluh persen dari kebutuhan kolin makanan selama masa kehamilan. Anda perlu untuk berhati-hati dalam membersihkan telur sebelum telur dikonsumsi. Dalam satu butir telur rebus yang besar akan mengandung seratus empat puluh tujuh milligram per porsinya.

 

·         Brokoli

Brokoli merupakan sayuran silangan yang menyediakan sebagian besar zat kolin di dalam sumber makanan ini. Mengkonsumsi sayur brokoli yang dimasak secara di rebus, di goreng atau pun dikeringkan akan sangat disarankan oleh para ahli selama masa kehamilan untuk dapat mencegah terjadinya risiko penyakit diabetes serta tekanan darah tinggi pada bayi di kemudian hari nantinya. Di dalam seratus gram brokoli mengandung sekitar delapan belas koma tujuh milligram.

 

·         Chilgoza

Chilgoza atau sering dikenal dengan nama kacang pinus merupakan biji pinus yang dapat dimakan. Chilgoza ini merupakan makanan sumber utama kolin. Mengkonsumsi chilgoza atau kacang pinus selama masa kehamilan dapat membantu dalam memberikan manfaat kognitif untuk seumur hidup dan juga untuk keturunannya nantinya. Dalam seratus gram kacang pinus telah mengandung sekitar lima puluh lima koma delapan milligram kolin.

 

·         Dada ayam

Zat kolin selama masa kehamilan dapat membantu dalam mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada anak. Selain itu juga akan sangat penting dalam perkembangan otak anak. Di dalam dada ayam panggang terdapat sumber kolin yang sangat luar biasa dan juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya komplikasi selama masa kehamilan. Dada ayam yang berat nya sekitar tiga ons mengandung sekitar tujuh puluh dua milligram kolin.

 

·         Pisang

Buah pisang bukan hanya merupakan sumber penting kalium namun juga sumber kolin yang dapat membantu dalam mencegah risiko terjadinya sembelit yang akan berhubungan dengan kehamilan serta dapat memberikan nutrisi yang sangat penting untuk ibu dan bayi nya. Di dalam seratus gram pisang telah mengandung Sembilan koma delapan milligram kolin.

 

·         Jamur shittake

Dalam kemasan jamur shittake yang telah dimasak mengandung kandungan kolin. Rasa jamur shitake ini juga enak dan sangat aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain mengandung kolin, di dalam jamur shitake ini juga mengandung vitamin B, vitamin D, protein, serat, zat besi dan juga antioksidan. Dalam seratus gram jamur shitake mengandung sekitar dua ratus dua milligram kolin.

 

·         Biji bunga matahari

Bagi ibu hamil, biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang paling baik dikonsumsi karena di dalam bii=ji bunga matahari ini mengandung asam folat dan juga kolin. Biji bunga matahari ini berfungsi dalam membantu untuk memperkuat gigi serta tulang bayi dan juga mencegah risiko terjadinya penyakit diabetes gestasional. Per seratus gram biji bunga matahari mengandung sekitar lima puluh lima koma satu milligram kolin.

 

·         Quinoa

Quinoa merupakan sumber makanan yang mengandung kolin dan dapat menjadi pola makan vegan yang baik selama masa kehamilan. Makanan sumber kolin yang berasal dari biji-bijian ini mengandung tinggi serat, protein dan juga vitamin yang dapat membantu dalam mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi yang baru lahir. Di dalam seratus gram quinoa mengandung sekitar tujuh puluh koma dua milligram kolin.

 

·         Ikan salmon

Ikan salmon ini merupakan makan sumber utaman kolin. Ikan salmon ini juga mengandung nutrisi yang sangat baik selama masa kehamilan contohnya seperti asam lemak omega 3 dan juga protein. Adanya zat kolin selama masa kehamilan sangat membantu dalam proses metabolisme dan juga fisiologis yang sangat penting. Tiga ons ikan salmon mengandung sekitar tujuh satu milligram kolin per porsinya.

 

·         Susu rendah lemak

Produk dari susu merupakan makanan sumber kolin yang baik terlebih lagi susu rendah lemak. Selain rendah lemak susu rendah lemak ini juga rendah karbohidrat, rendah kalori serta membantu mencegah penambahan berat badan ibu hamil selama masa kehamilan. Kolin sendiri dapat memastikan manfaat kognitif yang sangat tinggi bagi keturunannya. Dalam seratus gram susu rendah lemak mengandung enam belas milligram kolin.

 

·         Kacang navy

Jenis kacang-kacangan seperti kacang navy ini merupakan jenis kacang yang paling baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan dan masa menyusui. Kandungan kolin yang ada di dalam kacang navy ini memiliki manfaat untuk ibu hamil yang dapat meningkatkan perkembangan tulang serta otak bayi dan dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil. Dalam satu cangkir atau sekitar seratus delapan puluh dua gram kacang navy matang telah mengandung delapan puluh satu koma tiga puluh lima milligram kolin.

 

·         Minyak kedelai

Bagi ibu hamil dan ibu menyusui, minyak bunga matahari dapat menjadi sumber makanan yang paling baik karena merupakan makanan sumber kolin. Selain itu juga minyak kedelai ini rendah lemak tidak jenuh serta menjadi minyak nabati yang baik dalam mengatur penambahan berat badan selama masa kehamilan. Dalam seratus gram minyak kedelai mengandung sekitar tiga ratus lima puluh milligram.

 

·         Ikan gindara

Jenis makanan laut memang dianggap sangat aman dikonsumsi selama masa kehamilan namun dalam jumlah yang tidak berlebih. Ikan gindara sendiri merupakan ikan yang sangat bergizi serta sehat bila dikonsumsi dan hampir mirip dengan jenis ikan salmon.

Dengan mengkonsumsi ikan gindara atau ikan cod ini selama masa kehamilan maka dapat membantu dalam menghilangkan risiko cacat lahir bagi para keturunan nantinya. Sekitar seratus gram ikan gindara telah mengandung enam puluh lima koma dua milligram kolin.

 

·         Kacang merah

Kacang merah termasuk dalam makanan sumber kolin dan juga antioksidan yang sangat kaya. Para ahli kesehatan pun juga menyarankan untuk mengkonsumsi kacang merah selama masa kehamilan untuk dapat mencegah risiko terjadinya cacat lahir serta penyakit diabetes gestasional.

Sebelum mengkonsumsi kacang merah ini maka pastikan untuk memasak atau merebusnya dengan menggunakan cara yang benar. Dalam seratus gram kacang merah mengandung enam puluh lima koma sembilan milligram kolin.

 

·         Roti gandum utuh

Roti gandum bukan hanya mengandung kolin namun juga ada berbagai macam nutrisi penting lainnya dimana ada kandungan serat, zat besi dan juga asam folat. Dengan adanya nutrisi ini dapat membantu perkembangan bayi untuk lebih sehat serta membantu memberikan nutrisi yang cukup bagi para ibu hamil. Dalam seratus gram roti gandum utuh mengandung dua puluh enak koma lima milligram kolin.

 

·         Daging sapi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila daging sapi masuk ke dalam sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi dimana salah satunya yaitu kolin. Daging sapi yang sudah matang dengan berat tiga ons atau delapan puluh lima gram mengandung sekitar seratus lima belas milligram kolin yang dapat memenuhi sekitar dua puluh satu persen rekomendasi nutrisi kolin setiap harinya.

 

Di dalam daging sapi juga menjadi sumber protein serta zat besi yang dapat menangani masalah anemia bagi seseorang yang menderita penyakit anemia ini. Dan untuk seseorang yang mendekati anemia maka orang tersebut memiliki sel darah merah yang jumlahnya terlalu sedikit dan atau tidak berfungsi dengan benar.

Maka dari itu mengkonsumsi daging sapi menjadikan alternatif yang sangat tepat karena telah memiliki bukti dapat meningkatkan kadar zat besi yang ada di dalam darah serta dapat menjaga ketersediaan zat besi yang berada di dalam tubuh.

 

·         Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat populer dan sering dikaitkan memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena peneliti telah menyatakan bahwa mengkonsumsi kacang almond dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang menjadi pelindung jantung dan menjadi komposisi yang sehat untuk tubuh. Di dalam kacang almond ini mengandung berbagai macam nutrisi, dimana contohnya ada vitamin E, magnesium dan juga protein.

 

Kacang almond juga telah diidentifikasikan sebagai makanan sumber kolin nabati. Mengkonsumsi satu ins kacang almond atau sekitar dua puluh delapan gram telah mengandung sekitar lima belas milligram kolin yang telah mencakup sekitar dua koma lima persen dari kebutuhan setiap harinya bagi ibu hamil.

Walaupun jumlah kandungan kolin nya lebih sedikit dibandingkan makanan sumber kolin lainnya namun dengan mengkonsumsi kacang almond secara rutin dapat membantu dalam meningkatkan asupan kolin yang ada dalam tubuh.

 

·         Alpukat

Di dalam buah alpukat mengandung kolin yang sangat tinggi serta ada juga folat dan vitamin B6 yang dapat membantu dalam mendukung pertumbuhan jaringan serta otak yang sehat bagi bayi. Kandungan kalium yang ada di dalam alpukat ini juga dapat membantu dalam meringankan kram kaki atau berbagai jenis gejala kehamilan lainnya yang pada umumnya sering terjadi pada ibu hamil.

Buah alpukat juga dapat membantu meringankan mual pada pagi hari serta merupakan sumber makanan lemak tak jenuh yang sehat untuk dikonsumsi. Nutrisi ini lah nantinya akan menyerap vitamin yang lebih banyak yang ditemukan di dalam sayuran dan juga buah-buahan.

Penutup

Itulah tadi 18 makanan sumber kolin untuk ibu hamil dan juga pastinya baik untuk janin. Makanan sumber kolin yang telah disebutkan diatas juga mudah ditemukan di pasar tradisional atau pun di pasar modern sehingga anda tidak perlu bingung bila ingin membeli makanan sumber kolin. Semoga informasi dalam artikel ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. 

Artikel Terkait

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)