Kenapa Bayi Sering Kentut

25-02-2021 05:10:06
Madu Anak Vitabumin


Suatu hal yang wajar bila bayi sering kentut, karena bayi memang dapat buang gas hingga tiga belas sampai dua puluh kali dalam satu hari. Namun hal ini akan sering terjadi pada bayi yang berusia sekitar dua sampai tiga bulan.

Agar membantu si kecil merasa lebih nyaman ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua.

Bayi sering kentut merupakan dampak dari banyaknya gas atau udara yang tertelan oleh bayi, misal ketika bayi sedang menyusu, menghisap dot atau ketika si kecil sedang menangis.

Keadaan seperti ini sebenarnya normal dan tidak berbahaya namun dapat menyebabkan bayi menjadi tidak nyaman karena kembung.

Maka dari itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua agar membuat si kecil merasa lebih baik.


Alasan Kenapa Bayi Sering Kentut

Namun sebelum itu sebaiknya para orang tua mengetahui alasan dari kenapa bayi sering kentut. Berikut beberapa alasan kenapa bayi sering kentut:

Sistem Pencernaan Yang Belum Sempurna

Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna dan tumbuh dengan lambat ini membuat si kecil ketika menyusu atau mengkonsumsi makanan padat sistem pencernaan si kecil tidak memecah maknaan dengan baik.

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.

Ketidak Seimbangan Bakteri Yang Ada Di Dalam Tubuh

Seseorang atau bayi yang dilahrikan bagian usus nya memang benar-benar bersih, dimana berarti mereka tidak memiliki probiotik.

Bakteri baik dalam probiotik ini dapat membantu memproses nutrisi dalam makanan dan melengkapi enzim dalam pencernaan.

Maka dari itu bayi akan membutuhkan beberapa bulan dalam mencerna ASI yang benar. Inilah yang menyebabkan terjadinya pembentukan gas yang berlebih.

Namun setelah bayi sudah dapat mengambil bakteri baik melalui menyusui dan atau dari sumber makanan maka kentut yang berlebihan akan behenti.


Postur Menyusui Yang Salah

Bila bayi mencoba mengimbangi pasokan ASI yang banyak, maka mungkin bayi akan menelan banyak udara.

Udara inilah yang dapat membentuk gelembung di dalam usus sehingga menyebabkan bayi akan sering kentut.

Salah satu cara dalam membantu bayi ialah dengan beralih antara payudara satu dengan payudara nya satu nya ketika menyusui si kecil sehingga bayi tidak menelan udara secara berlebih.

Selain itu juga bunda dapat menempatkan bayi di dalam posisi vertical ketika menyusui.

 

Si Kecil Sering Menangis

Kehidupan di luar rahim mungkin saja menjadi suatu tantangan bagi bayi. Namun seiring bertambahnya usia si kecil akan menjadi lebih peka terhadap dunia.

Semua hal tersebut dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman sehingga membuat bayi menangis tanpa henti.

Menangis tanpa henti ini dapat menyebabkan gas berlebih masuk ke dalam tubuh si kecil dan membuat bayi menjadi sering kentut.

 

Bunda Memiliki Banyak Gas Dan Berefek Kepada Bayi

Bila bunda mencium bau aneh pada kentut bayi mungkin itu dapat disebabkan karena maknaan yang dikonsumsi oleh bunda.

Seperti bawnag putih, kol, telur, asparagus dan beberapa makanan yang kaya akan pati seperti nasi, roti dan kentang sehingga dapat menyebabkan kentut si kecil menjadi bau.

Bila anda khawatir makanan yang anda konsumsi merupakan penyebab terjadinya maka berhentilah mengkonsumsi makanan tersebut selama beberapa hari dimana minimal tiga hari.

 

Mengkonsumsi Makanan Padat Untuk Pertama Kalinya

Banyak bayi yang akan menghasilkan banyak gas di dalam tubuhnya ketika si kecil diperkenalkan dengan makanan padat pertama kalinya.

Hal ini dapat terjadi karena sistem pencernaan si kecil belum matang dan sebelumnya hanya digunakan untuk ASI.

Sehingga ketika pengenalan makanan padat akan memaksa saluran pencernaan si kecil untuk bekerja lebih keras lagi dan mengarah pada pelepasan gas.

 

Penggunaan Antibiotik

Terkadang bayi akan mengalami menderita infeksi yang memerlukan antibiotik. Antibiotik inilah yang sering menghancurkan microflora di dalam usus si kecil.

Keadaan ini menimbulkan perut kembung pada si kecil, kentut yang berlebih dan bahkan sampai si kecil mengalami diare.

Walaupun semua faktor tersebut dapat menyebabkan bayi sering kentut namun hal tersebut masih dianggap wajar dan normal karena setelah bayi sudah dapat memperkuat kemampuan pencernaan perut kembung hilang dan bayi sering kentut pun a kan berkurang dengan sendirinya. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)