Mitos dan Fakta Kelebihan Bayi Sungsang

17-09-2020 09:03:14
Madu Anak Vitabumin

Berbagai cerita tentang bayi sungsang di masyarakat memang sudah ada sejak dahulu. Mitos dan fakta tentang kelebihan bayi sungsang juga beredar dengan sangat cepat. Secara medis bayi sungsang merupakan posisi bayi dalam kandungan yang tidak normal.

Posisi normal bayi saat menjelang minggu terakhir persalinan seharusnya berada pada posisi kepala di bawah. Berbeda dengan bayi sungsang yang memiliki posisi sebaliknya.

Karena posisi tersebut kemudian masyarakat berpikiran bahwa itu istimewa. Sebab kondisi bayi sungsang bisa terjadi 3 hingga 4 persen dari semua proses kehamilan. Bisa dikatakan kehamilan sungsang memang jarang terjadi.

Lalu mitos dan fakta tentang bayi sungsang pun sudah banyak menjadi perbincangan. Berikut mitos kelebihan bayi sungsang yang perlu Anda ketahui:

·         Mempunyai Kemampuan Indera Ke Enam Atau Supranatural

Mitosnya kelebihan bayi sungsang adalah mampu melihat hal-hal ghaib hingga dapat meramal masa depan. Dikabarkan bayi sungsang juga memiliki keunikan tersendiri.

·         Memiliki Kemampuan Menyembuhkan

Konon katanya bayi sungsang memiliki kelebihan yang unik, yaitu mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Jika terdapat bayi sungsang yang lahir dengan selamat, bayi tersebut akan mempunyai kekuatan yang dapat menyembuhkan penyakit.

·         Cerdas Di Atas Rata-Rata Orang Normal

Mitos lainnya dari bayi sungsang adalah memiliki kecerdasan otak di atas rata-rata normal. Bayi sungsang juga dikatakan sangat cocok dijadikan pemimpin. Itu sebabnya bayi sungsang memiliki hal yang mampu menarik dan unik bagi Sebagian orang yang melihatnya.

Akan tetapi banyak sekali hal-hal yang terkadang diluar logika manusia yang menjadikan bayi sungsang special. Namanya juga mitos, sehingga asal muasal berita yang beredar belum tentu benar adanya. Hal tersebut bisa juga menjadi sebuah motivasi bagi para Ibu yang mengalami kehamilan sungsang. Karena mampu meningkatkan semangat kaum Ibu menjelang persalinan bayi sungsang. Karena posisi bayi sungsang yang merupakan sebuah kelainan posisi inilah yang kemudian menjadikan si bayi menjadi special.

Memiliki posisi bayi dalam rahim dengan posisi sungsang memang menimbulkan banyak tanda tanya. Oleh sebab itu banyak mitos dan fakta yang sering kita dengar di masyarakat tentang kelebihan bayi sungsang tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas mitos-mitos apa saja tentang kelebihan bayi sungsang. Selanjutnya mari simak fakta tentang bayi sungsang.

Bayi sungsang seperti yang sudah dijelaskan bahwa bayi tersebut berada pada kondisi yang tidak semestinya. Namun tidak menutup kemungkinan bayi sungsang dilahirkan secara normal, dengan catatan bahwa kondisi bayi dan sang Ibu memungkinkan. Kondisi sungsang biasanya menjadi sebuah pertanda bagi sang Ibu. Berikut fakta tentang bayi sungsang:

·         Memiliki Bayi Kembar

Pada kondisi tertentu, kondisi bayi sungsang faktanya menjadi sebuah pertanda bahwa sang Ibu mengandung bayi kembar. Resiko bayi sungsang sering terjadi pada kehamilan kembar. Itu dikarenakan kondisi ruang rahim yang makin sempit dengan dua bayi di dalamnya. Ini dapat menyebabkan bayi susah untuk bergerak dan mengalami kondisi sungsang. Biasanya tidak semua bayi kembar pada posisi sungsang, bisa saja hanya salah satu dari dua bayi tersebut.

·         Bayi Sangat Aktif Bergerak Dalam Perut

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Stoppard bahwa dari 100 bayi lahir, ada 4 bayi yang pada kondisi sungsang. Kondisi ini terbilang normal, tegas beliau. Posisi sungsang bukanlah sebuah kelainan. Kondisi ini bisa menjadi penanda bahwa bayi aktif bergerak di dalam rahim. Tentu ini menjadi sebuah pertanda baik bagi para Ibu. Kondisi bayi sungsang pada usia kehamilan muda memiliki peluang si bayi akan bergerak secara alami pada posisi yang tepat saat menjelang persalinan. Hanya 3% kemungkinan bayi masih dalam kondisi sungsang di usia 35 hingga 36 minggu saat akan menjelang persalinan.

Secara alami bayi sungsang dapat ditangani dengan berbagai macam cara, seperti melakukan ECV (External Cephalic Version). Teknik tersebut merupakan tindakan memutar bayi yang dilakukan oleh seorang dokter dengan disertai memperhatikan kondisi bayi melalui monitor. Namun apabila terjadi lilitan hal ini cukup beresiko bagi bayi dan Ibu.

Sehingga pada kondisi tertentu bayi sungsang memang membutuhkan penangan khusus dan penuh pertimbangan. Oleh karena itu persalinan normal maupun Caesar memiliki resiko masing-masing yang tidak boleh diremehkan. Dengan begitu mau melahirkan dengan cara operasi Caesar atau pun spontan (normal) seorang Ibu tetap berjuang untuk bayi mereka agar terlahir dengan selamat dan sehat.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)