Jenis-Jenis Batuk pada Anak yang Bunda Harus Tahu

31-01-2020 08:49:54
Madu Anak Vitabumin


Kesehatan buah hati jelas menjadi kepedulian bagi setiap orangtua. Apalagi, jika anak masih berusia sangat kecil seperti bayi atau balita. Di dunia ini tentu tidak ada orangtua yang ingin anak mereka sakit. Salah satu penyakit yang kerap dialami oleh anak-anak kecil dan mungkin membuat Bunda bingung adalah batuk. Sebagai tanda kalau ada yang tidak beres, batuk biasanya juga sering menjadi awal dari berbagai penyakit.

Tentu sangatlah menyiksa jika melihat buah hati tidak bisa tidur tenang karena selalu batuk. Padahal, sebenarnya batuk merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan partikel atau zat asing dari saluran pernapasan. Sehingga bisa dibilang kalau batuk adalah upaya alami tubuh untuk mencegah benda asing masuk ke saluran napas bagian bawah.


artikel terkait : madu anak

Gejala dan Penyebab Batuk yang Harus Diwaspadai

Mungkin jika terjadi sesekali, batuk masih dapat dianggap normal, karena berfungsi menggeser dahak yang yang dilakukan tenggorokan untuk menjaga saluran napas agar tetap lembab. Namun jika sudah berlangsung berhari-hari hingga beberapa minggu, Anda harus waspada. Bisa saja batuk itu merupakan awal dari penyakit seperti flu, penyakit paru, gangguan jantung hingga sistem saraf.

Beberapa gejala yang mengikuti batuk karena penyakit adalah demam, pilek, nyeri tenggorokan, tubuh terasa lemas, sesak napas hingga sulit menelan. Karena pertanda penyakit, jelas penyebab batuk sangatlah beragam, bisa karena virus, polusi udara, TBC hingga kanker.

Inilah Jenis-Jenis Batuk yang Sering Dialami Anak

Pada dasarnya, batuk bukanlah penyakit dan tidak berbahaya. Namun Bunda harus waspada jika batuk disertai dengan berbagai hal tidak wajar seperti demam tinggi hingga 39°C yang terjadi selama lebih dari tiga hari, dada terasa sesak sampai bibir dan lidah membiru hingga berdarah. Untuk itulah, Anda harus mengetahui beberapa jenis batuk yang kerap dialami anak-anak:

1. Batuk Menggonggong atau Menyalak

Mendengar suara seperti gonggongan atau menyalak mirip hewan saat buah hati batuk? Bisa saja disebabkan oleh croup atau peradangan pada laring dan trakea karena alergi, perubahan suhu, hingga Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA) karena virus. Pada anak kecil, saluran napas bakal makin sempit saat meradang, sehingga pita suaranya membengkak dan akhirnya sesak napas.

2. Batuk Rejan

Disebut juga dengan whooping cough. Batuk jenis ini biasanya diakhiri dengan suara seperti ingin muntah saat tarik napas. Batuk rejan disebabkan oleh bakteri pertussis yang bisa menular melalui percikan cairan dari hidung atau mulut, saat penderita tertawa, bersin atau batuk. Anak yang belum divaksin difteri/tetanus/pertusis lebih berpeluang mengalami batuk rejan.

3. Batuk dengan Mengi atau Stridor

Jika buah hati batuk lalu terdengar suara mengi, ini adalah tanda adanya sumbatan di jalur pernapasan bawah. Sumbatan ini bisa dipicu oleh bronkiolitis, pneumonia sampai asma. Namun, berbeda dengan mengi, stridor merupakan suara napas yang kasar dan berisik. Batuk dengan stridor paling sering disebabkan oleh pembengkakan croup karena virus.

4. Batuk Mendadak

Jika sebelumnya membahas batuk sebagai pertanda penyakit, maka batuk mendadak berbeda. Kondisi ini terjadi saat anak tiba-tiba tersedak karena makanan atau minuman masuk ke saluran napas. Batuk mendadak biasanya hanya terjadi sebentar, tapi jika berkepanjangan hingga susah bernapas, Bunda harus segera berkonsultasi ke dokter. Jangan paksa membersihkan tenggorokan dengan jari karena berbahaya.

5. Batuk Siang atau Malam Hari

Batuk malam hari sering diakibatkan oleh asma karena jalan napas lebih sensitif. Namun bisa juga karena saat anak berbaring, sumbatan pada hidung dan sinus mengalir ke tenggorokan sehingga iritasi. Sementara batuk siang hari disebabkan oleh alergi, asma, pilek, flu atau infeksi napas lain. Jangan nyalakan AC atau hindari bulu binatang peliharaan karena bisa memicunya kembali.

6. Batuk Disertai Pilek, Demam dan Muntah

Saat anak pilek, kebanyakan memang disertai batuk entah kering atau berdahak. Saat pilek, anak juga akan mengalami demam. Namun Bunda harus waspada saat batuk disertai demam lebih dari 39°C sekaligus napas cepat dan tampak lesu, bisa saja itu penyakit pneumonia. Kondisi lain batuk juga disertai muntah karena lendir mengalir ke lambung sehingga memicu mual dan hal itu tidak berbahaya.

Cara Pengobatan Batuk yang Tepat

Dengan jenis-jenis batuk yang cukup beragam, pengobatannya pun ternyata berbeda. Jika batuk disebabkan oleh infeksi virus, akan sembuh dengan sendirinya tergantung sistem kekebalan tubuh seseorang. Namun ada beberapa langkah pengobatan batuk secara sederhana, seperti rajin minum air putih supaya dahak di tenggorokan jadi encer sampai menghindari makanan yang menimbulkan alergi atau iritasi.

Saat ini, obat-obat batuk juga sudah tersedia bebas, seperti antitusif yang mengurangi keinginan batuk dan ekspektoran yang membantu mengencerkan dahak.  Jika batuk pada anak disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberi antibiotik yang wajib dikonsumsi selama seminggu. Berbeda lagi jika batuk karena asma, dokter akan menyarankan obat hirup atau inhaler.

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)