Normal Tidak Ya Hamil 13 Minggu Tapi Perut Masih Kecil?

22-12-2020 09:08:07
Madu Anak Vitabumin


Memasuki masa-masa hamil bagi wanita yang sudah menanti sejak lama adalah sebuah anugerah yang paling indah yang terjadi pada dirinya. Meski demikian seorang wanita tentu akan mengalami banyak perubahan ketika ia hamil.

Dan setiap perkembangan kehamilan pada tiap wanita pun juga berbeda-beda. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyak faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan setiap Ibu hamil berbeda satu sama lain.

Seperti pertumbuhan Ibu hamil 13 minggu tapi perut masih kecil saja ketika dilihat.

Banyak para Ibu hamil yang kemudian takut dan khawatir dengan perkembangan kehamilannya karena takut bayi tidak berkembang saat melihat perutnya masih kecil.

Semua perlu dihadapi dengan tenang dan perlu banyak mencari informasi yang benar langsung dari pakarnya.

Jangan hanya mengandalkan omongan sana sini yang malah semakin membuat Anda khawatir dalam menjalani kehamilan tersebut.

Janin pada usia 13 minggu atau memasuki trimester kedua kadangkala memang masih belum terlalu terlihat sekali. Walaupun terkadang ada juga beberapa wanita saat hamil di usia kandungan tersebut sudah terlihat membesar.

Namun bagi Anda yang masih terlihat kecil di usia kandungan tersebut jangan berkecil hati karena bisa jadi faktor di bawah ini menjadi salah satu penyebab perut Anda masih kecil ketika hamil di 13 minggu.

artikel terkait : ciri-cirihamil muda 1 minggu pertama


BERIKUT BEBERAPA FAKTOR PENYEBAB HAMIL 13 MINGGU TAPI PERUT MASIH KECIL :

Hamil Pertama Kali

Pada kehamilan wanita yang pertama biasanya perut terlihat kecil. Hal ini dikarenakan tubuh masih menyesuaikan untuk pertama kalinya ketika hamil.

Dan juga disebabkan otot pada perut maupun rahim masih kencang atau ketat sehingga menyebabkan sang Ibu hamil menjadi tegang pada kondisi tersebut.

Beberapa wanita hamil yang pertama juga akan mengalami sedikit kram perut dan hal ini sangat normal terjadi.

Gerak Bayi

Gerakan bayi di dalam rahim bisa menjadi faktor penyebab perut si Ibu jadi kecil ketika memasuki trimester kedua. Pada usia kandungan yang masuk 13 minggu si bayi tentu saja sudah mulai aktif bergerak.

Gerakan yang diciptakan oleh janin dalam kandungan di usia kehamilan tersebut biasanya akan bergerak ke bawah atau mencari posisi bawah.

Pada posisi inilah yang bisa menjadi salah satu faktor kenapa perut masih kecil meskipun sudah hamil.

Posture Tubuh Ibu Hamil

Bagi Anda yang memiliki tubuh mungil dan pendek tentu saja bisa membuat janin terlihat kecil meskipun Ibu hamil sudah memasuki usia kehamilan di trimester kedua.

Tubuh Ibu hamil yang pendek dapat mempengaruhi pula postur perut tubuh bayi dalam kandungan. Tubuh pendek ibu hamil 13 minggu akan lebih membentuk posisi perut lebih sedikit besar dan terdorong ke arah depan.

Kondisi rahim yang longgar juga memungkinkan si bayi bergerak bebas di dalam perut hingga membuat perut Ibu hamil 13 minggu tapi perut masih kecil. 

Air Ketuban Dalam Rahim

Umumnya pengaruh air ketuban menjadi penyebab perut Ibu hamil terlihat masih kecil saat memasuki usia kehamilannya di 13 minggu. Karena air ketuban sebetulnya berasal dari bayi itu sendiri dan diproduksi ketika memasuki usia kehamilan 20 minggu.

Perut Ibu hamil yang terlihat kecil disebabkan air ketubannya sedikit dalam rahim. Agar Ibu tidak cemas sebaiknya perlu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya diketahui banyak sedikitnya air ketuban yang ada dalam rahimnya.

Ukuran Bayi

Faktor lainnya yang menjadi penyebab tubuh Ibu hamil terlihat kecil adalah ukuran janin yang ada dalam kandungan Ibu hamil tersebut. Ukuran bayi menjadi pengaruh terbesar dari perubahan pada perut sang Ibu.

Jika ukuran janin memang kecil maka tidak heran jika perut si Ibu juga terlihat biasa atau langsing ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua. Apabila ukuran janin bayi Ibu dalam kandungan kecil disebabkan karena prematur biasanya akan terjadi beberapa komplikasi yang bisa dirasakan oleh para Ibu hamil.

Janin tidak berkembang juga menjadi salah satu hal yang membuat ukuran bayi tidak berkembang sempurna.

Kelainan Genetik pada Janin

Beberapa faktor genetik pada Ibu hamil bisa mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Jika terdapat kelainan genetik pada janin seseorang menjadikannya kelainan kongenital janin non genetik.

Kelainan genetik juga bisa menyebabkan kelahiran cacat pada bayi seseorang. Itu sebabnya penting bagi Ibu hamil mengetahui kondisi tubuhnya dengan baik agar bisa memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Namun kelainan genetik hanya bisa didapatkan pada garis keturunan yang sudah diwariskan oleh kedua orang tuanya.

Organ Dalam Tubuh Menyesuaikan Rahim

Ketika Ibu hamil 13 minggu tapi perut masih kecil tentu ia mengalami perubahan atau pembentukan rahim sesuai dengan tubuhnya. Itu sebabnya setiap Ibu hamil tentu saja mengalami hal-hal yang berbeda-beda.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada Ibu hamil memang berbeda-beda sehingg organ dalam yang menyesuaikan rahim seseorang bisa menjadi faktor penyebab kenapa perut masih kecil saat masuk usia kehamilan trimester kedua.

Saat hamil maka perkembangan pada organ dalam tubuh seorang Ibu akan terganggu karena proses kehamilan itu sendiri.

Ketika organ pencernaan ibu hamil mulai terdorong ke atas maupun ke samping yang kemudian menjadi penyebab mengapa hamil 13 minggu tapi perut masih kecil.

Jumlah Janin yang Ada di Rahim

Pengaruh jumlah janin yang ada di dalam rahim ibu hamil tentu menentukan besarnya perut saat hamil. Jika kehamilan kembar maka perut sang Ibu hamil tentu saja akan tampak lebih besar dibandingkan kehamilan tunggal seorang Ibu hamil.

Pengaruh jumlah janin dalam kandungan menjadi faktor yang bisa menyebabkan perut ibu kecil atau besar.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sang Ibu mengalami kehamilan dalam kondisi perut kecil karena memang secara fisik ia pendek atau mungil.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa hamil 13 minggu tapi perut masih kecil adalah suatu hal yang wajar terjadi pada Ibu-ibu yang memiliki postur tubuh lebih pendek dan mungil.

Karena setiap perkembangan janin dalam kandungan tentu saja dipengaruhi pula oleh kondisi fisik sang Ibu yang akan mengandungnya selama sembilan bulan.

Jika tidak terjadi hal yang mengkhawatirkan seperti air ketuban kurang atau janin tidak berkembang dalam kandungan maka tidak perlu di khawatirkan.

Namun apabila terjadi hal yang sebaliknya maka yang perlu untuk segera dilakukan adalah menemui dokter kandungan terdekat yang bisa menolong dengan cepat.

Karena sejatinya jika tidak dijumpai permasalahan dalam proses kehamilan, mau perut Ibu hamil besar atau kecil selama kondisi keduanya baik maka tidak usah cemas. Sebab Ibu hamil membutuhkan ketenangan pikiran saat mengandung bayinya.

Pikiran yang tenang dan tidak stres dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan bisa maksimal.

Itu sebabnya jangan sampai cemas berlebihan ya. Jaga kesehatan dan terus konsumsi makanan sehat agar janin cukup nutrisi dan gizi saat berkembang.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)