Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

21-04-2021 08:42:06
Madu Anak Vitabumin

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah.

Jadi dalam pengertian full day school ialah sekolah sepanjang hari dimana biasanya dimulai pada pukul 06.45 WIB sampai 15.30 WIB, yang memiliki durasi istirahat setiap dua jam sekali.

Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.

Terlebih lagi pada zaman saat ini banyak yang orang tua nya baik ayah atau bunda nya bekerja hanya untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, sehingga dengan adanya full day school ini sangat membantu.

Terlebih lagi bila pendidikan anak diserahkan kepada pengasuhnya dapat membuat prestasi yang diraih anak tidak sesuai dengan yang telah diharapkan oleh orang tua.

Hal ini dapat terjadi karena kemampuan dari pengasuh itu tidak untuk mendidik anak.

Apalagi bila buah hati dititipkan ke kakek serta neneknya lebih baik jangan karena di usia nya mereka itu seharusnya untuk beristirahat dan menikmati masa tua serta bukan diberi tugas untuk mendidik anak.

Maka dari itu satu-satunya cara untuk dapat mendidik anak ialah dengan bersekolah terlebih full day school ini.

Keuntungan Full Day School

Walaupun masih ada yang pro kontra dengan sistem full day school ini, namun ternyata bila melaksanakan full day school ini akan mendapatkan keuntungan baik dari siswa nya, guru nya dan juga dari para orang tua siswa.

Lalu apa saja keuntungannya? Berikut penjelasannya:

Membentuk karakter anak  

Dengan menerapkan full day school ini dapat membuat para siswa nya berada di sekolah selama delapan jam.

Dengan begitu dapat membantu para guru untuk dapat memantau kegiatan para siswa selama di sekolah.

Tingkah laku anak pun akan menjadi lebih mudah untuk dikontrol bila berada di lingkungan sekolah, selain itu juga dapat memberikan manfaat disiplin bagi anak sehingga nantinya anak dapat terhindar dari suatu pengaruh yang buruk yang mungkin akan di dapatkan bila berada di lingkungan luar sekolah.

Waktu belajar menjadi lebih lama

Dengan menerapkan full day school ini juga anak akan berada di sekolah selama sekitar delapan jam lamanya.

Anak akan memiliki waktu untuk belajar yang menjadi lebih lama dibandingkan bila anak masuk ke sekolah yang sistem nya tidak full day school.

Dengan anak berada lebih lama disekolah ini dapat membuat pemahaman anak mengenai materi pelajaran dapat lebih dalam serta juga dapat mengurangi risiko anak mengalami tidak naik kelas atau sering disebut tinggal kelas akibat dari belum terlalu memahami materi pelajaran.

Waktu bersama keluarga menjadi lebih efisien

Bila anak masuk ke sekolah yang mengikuti sistem full day school maka anak telah didampingi oleh para guru untuk mengerjakan tugas pekerjaan rumah dengan begitu membuat anak menjadi memiliki banyak waktu luang untuk bercengkerama bersama dengan keluarganya.

Dirumah nantinya anak hanya perlu untuk mengulang mata pelajaran yang telah dijelaskan tadi ketika di sekolah dan mengecek Kembali tugas pekerjaan rumah.

Dengan mengikuti sistem full day school ini dapat membantu para orang tua untuk memiliki banyak waktu dalam mengajarkan Pendidikan informal seperti, iman, karakter dan juga belajar mengenai kehidupan.

Kegiatan ekstrakurikuler anak menjadi lebih efektif

Di setiap sekolah pasti akan ada suatu kegiatan tambahan atau sering disebut dengan ekstrakulikuler.

Bila ada sekolah yang tidak menggunakan sistem full day school ini dapat membuat anak yang telah berada dirumah akan malas untuk kembali lagi ke sekolah hanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Maka dari itu bila di sekolah anak mengikuti sistem full day school maka dapat membuat para siswanya untuk tidak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini nantinya akan sangat berguna bagi anak.

Perlu untuk diketahui juga kegiatan ekstrakulikuler ini sangat penting untuk dapat menggali bakat anak.

Anak menjadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk dapat berinteraksi dengan guru dan juga temannya

Jalinan rasa emosional antara siswa dengan guru akan menjadi lebih dekat serta personal.

Karena nantinya mereka akan menjadi lebih sering untuk menghabiskan waktu secara bersama.

Orang tua tidak perlu bingung lagi bila meninggalkan anak untuk bekerja

Dengan adanya sistem full day school ini dapat membantu mengurangi kecemasan para orang tua yang bekerja sehingga tidak dapat mengawasi aktivitas keseharian anak nya ketika mereka telah pulang dari sekolah.

Selain itu juga dengan menggunakan sistem ini anak akan di didik serta di awasi oleh para guru di sekolah jadi para orang tua tidak perlu cemas lagi.

Kekurangan Dari Sistem Full Day School

Perlu untuk diketahui tidak ada yang sempurna di dunia ini maka dari itu sistem Pendidikan full day school ini juga memiliki beberapa kekurangan serta kelebihan.

Kekurangan dari sistem full day school ini diantaranya biaya pendidikan yang dikeluarkan menjadi lebih banyak, jam belajar yang panjang dapat membuat anak menjadi merasa lelah, dapat membuat anak menjadi tidak memiliki waktu untuk berinteraksi di sekitar lingkungan rumah serta walau jam belajar anak telah panjang namun tetap tidak menghasilkan prestasi akademik anak yang memuaskan, karena memang kemampuan anaklah yang akan menjadi penentu hasil akhir di semester akhir.

Penutup

Itu tadi pengertian, keuntungan dan juga kekurangan dari sistem full day school untuk anak semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya

Rukun Nikah Dan Persyaratan Nikah Dalam Agama Islam

Teruntuk kalian yang sangat menginginkan menikah maka anda perlu untuk mengetahui apa saja rukun nikah serta persyaratan nikah apa saja di dalam agama Islam itu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)