Berbagai Kumpulan Dongeng Kancil Yang Melegenda

15-04-2021 02:25:44
Madu Anak Vitabumin

Sudah tidak asing lagi dalam mendengar berbagai kisah dongeng kancil karena memang dongeng kancil ini pasti banyak sekali dongengnya. Dongeng kancil sendiri merupakan sebuah cerita rakyat fabel yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Hewan kancil ini juga terkenal menjadi hewan yang sangat cerdik, jahil serta kancil suka bertindak sesukanya dia. Dengan kecerdikannya itulah yang membuat kancil selalu dapat lolos dari mara bahaya yang mengintainya. Dongeng kancil sendiri sering digunakan oleh para orang tua untuk menidurkan si kecil.

Dongeng kancil juga sangat disukai oleh si kecil karena ceritanya yang sederhana dan mudah untuk dicerna.

Kumpulan Dongeng Kancil

Berikut ini beberapa kumpulan dongeng kancil yang dapat bermanfaat bila di ceritakan kepada si kecil:

Si Kancil dan Buaya

Di suatu hari yang cerah seekor kancil sedang menikmati hutan dengan berjalan santai tetapi tiba-tiba perut kancil mulai terasa lapar dan disitu ia melihat ada banyak sekali buah yang segar yang berada di seberang sungai yang aliran nya sangat deras.

Disitu kancil merasa sangat bingung untuk cara dia dapat menyebarangi sungai yang deras tersebut agar dia dapat mendapatkan makanannya.

Tak lama dari itu kancil pun menemukan sebuah ide yang cemerlang untuk ia dapat menyebrangi sungai tersebut. Disitu kancil melihat ada seekor buaya dan ia pun memanggil buaya tersebut.

“Hai pak buaya ayo keluar, aku memiliki kabar yang sangat bagus” teriak kancil untuk memanggil buaya.

Setelah mendengar suara kancil, buaya tersebut pun keluar lalu mendekati kancil tersebut. Buaya menjawab “Ada kabar apa kancil? Kamu sangat mengganggu tidur siangku!”

kancil menjawab dengan nada yang ceria “Aku akan membagikan daging yang banyak serta daging segar bagi kalian para pak buaya”. Buaya pun kelihatan sangat senang dan dia menjawab “Dimana daging nya?”.

Kancil pun menjawab “Karena dagingnya sangat banyak maka kamu sebaiknya memanggil para teman-teman mu pak buaya”.

Buaya pun bertanya untuk apa saya memanggil teman-teman saya dan mengapa saya dan teman-teman harus berbaris?”.

Kancil yang cerdik pun menjawab “Kalian harus baris karena saya harus menghitung ada berapa jumlah dari kalian pak buaya, agar daging yang saya bagikan itu dapat kebagian semua”.

Setelah mengatuhi jawaban kancil, buaya tersebut pun dengan cepat memanggil para teman-teman untuk berbaris. Setelah semua buaya berbaris kancil pun memulai aksinya dengan berpura-pura menghitung jumlah buaya dengan melewati satu per satu para buaya sampai ke sebrang sungai.

Sesampianya di sebrang sungai kancil pun tertawa dengan terbahak-bahak sambil berkata ”Hahaha sebenarnya aku itu tidak membawa satu pun daging, aku menyuruh kalian berbaris karena aku ingin menyeberangi sungai, wah ternyata mudah sekali ya membohongi kalian semua!” begitulah kata kancil ke para buaya.

Mendengar ucapan kancil tersebut membuat segerombolan buaya tersebut sangat marah kepada kancil dan ingin memakan kancil.

Namun semua itu sudah terlambat karena kancil sudah berhasil kabur dengan berlari sangat kencang menjauhi sekelompok buaya tersebut. Dari dongeng kancil ini telah membuktikan bahwa sebuah kekuatan dapat dikalahkan dengan kecerdikan.

Si Kancil Mencuri Timun

Pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan judul dongeng kancil yang satu ini? Yuk ceritakan lagi dongeng kancil mencuri timun kepada si kecil.

Di suatu hari yang cerah, seekor kancil sedang berjalan santai di pinggiran hutan, di saat sedang santai berjalan-jalan kancil merasakan lapar pada perutnya. Disitu dia melihat ada sebuah hamparan ladang yang ditanamin timun dan timun tersebut sedang berbuah banyak.

Kancil pun berniat untuk mengambil Sebagian timun tersebut untuk ia makan, dengan tanpa basa-basi ia langsung melewati pagar yang membatasi ladang tersebut dan langsung memakan buah timun yang sudah masak.

Setelah perutnya kenyang, si kancil pun langsung bergegas untuk meninggalkan ladang timun tersebut yang telah berantakan akibat dari ulah kancil. Tidak lama setelah kancil pergi, pak tani yang mempunyai ladang tersebut pun akhirnya datang dengan maksud untuk melihat ladang timun miliknya.

Sesampainya di ladang pak tani sangat kaget melihat ladangnya yang telah berantakan dan sebagaian dari timun nya yang sudah hilang.

Pak tani pun merasa sangat marah dengan kejadian yang menimpa ladang timunnya, setelah kejadian tersebut pak tani pun langsung memasang beberapa orang-orangan sawah dimana orang-orang sawah tersebut telah diberi lem yang sangat lengket untuk dapat menjebak pencuri yang mengambil timunnya.

Pada keesokan harinya, si kancil pun datang kembali dan kancil pun kaget melihat ada beberapa orang petani yang menjaga ladang. Namun bukan merasa takut, si kancil malah ingin menghampiri para sosok penjaga ladang tersebut.

Di dalam hati nya kancil, kancil berkata “wah sepertinya pak tani ini ingin menakuti aku dengan orang-orangan sawah ini. Dia pikir akau bodoh apa!” kata kancil sambil menendangi para orang-orangan sawah tersebut.

Ketika dia sedang menendangi orang-orang sawah tersebut tidak disangka kaki nya tersangkut di orang-orangan sawah tersebut. Kancil pun masuk di dalam perangkap pak tani dan kancil pun tidak dapat melarikan diri karena lem itu sangat lengket.

Melihat kancil yang terperangkap itu membuat pak tani sangat senang dan akhirnya kancil tersebut ia bawa pulang dan kancil itu ia kurung di dalam sebuah kendang.

Walaupun sedang dalam keadaan yang tidak bisa lari, kancil tetap tidak kehilangan akal dan ia memutar otaknya untuk mencari cara bagaimana cara untuk dia keluar dari kendang tersebut.

Tak lama kancil melihat ada seekor anjing didekatnya dimana anjing tersebut merupakan peliharaan dari pak tani tadi.

Kancil pun memanggil anjing tersebut dan berkata “Hai anjing ngapain kamu disitu?”.

Anjing itu pun menjawab “Aku disini menjaga mu agar kamu tidak kabur”.

Tidak berhenti disitu kancil pun berkata lagi kepada anjing itu “Wah aku besok pasti akan senang sekali, katanya sih besok aku akan dibawa ke acara pesta nya pak lurah, maka dari itu pak tani meminta ku untuk berisitirahat semalam disini biar aku gak capek besok”.

Mendengar ucapan kancil tersebut membuat anjing sangat marah, karena ia merasa pak tani tidak pernah sekali pun mengajak nya untuk mengunjungi sebuah pesta makan terlebih lagi dirumahnya pak lurah.

Keadaan semakin panas dengan tambahan ucapan kancil yang berkata “Aku sih sebenarnya sangat kasihan kepada mu, kamu kan sudah lama ya mengabdi dengan pak tani ini namun tidak pernah untuk diajak senang-senang. Hmm, aku jadi punya ide nih bagaimana kalau besok kamu ikut saja ke pesta makan pak lurah?”.

Anjing pun menjawab “Bagaiamana cara nya supaya aku bisa ikut ke pest aitu?”

Kancil pun menjawab sambil membujuk anjing dengan berkata “Sebaiknya sih kita harus bertukar posisi, supaya kamu besok bisa ikut ke pesta nya pak lurah”. Akhirnya anjing itu pun termakan apa yang dikatakan kancil dan mereka pun bertukar posisi.

Setelah kancil berhasil keluar, kancil pun berkata kepada anjing “Maafkan aku ya anjing, sebenarnya besok itu tidak ada pesta di rumah pak lurah. Aku berkata seperti itu agar aku dapat bebas dari kurungan ini”.

Anjing pun sangat marah kepada kancil namun tidak bisa berbuat apa-apa dan kancil pun akhirnya bebas kembali.

Dari dongeng kancil ini memiliki sebuah pesan untuk jangan terlalu mudah mempercayai omongan orang. Tetapi perlu diingat, walaupun kancil ini sangat cerdik namun sifatnya yang suka berbohong dan mencuri jangan ditiru ya! 

Si kancil dan harimau

Kisah selanjutnya ialah si kancil dan harimau.

Kisah ini bermula pada suatu hari kancil sedang asik berjalan di hutan dan tak lama kancil tersebut bertemu dengan seekor harimau yang ternyata harimau tersebut sedang kelaparan.

Harimau itu pun berkata “Wah beruntung sekali diriku hari ini yang sedang kelaparan sekarang bertemu seekor kancil jadinya bisa aku jadikan dirimu makan siangku”.

Kancil pun berkata “Apa kamu ingin memangsa ku dan memakan ku?”, harimau pun menjawab “iya, aku ingin memangsa dan memakan mu, perut ku sudah sangat lapar”.

Disini kancil merasa sangat ketakutan, namun karena kancil memiliki otak yang cerdik dia memikirkan bagaimana cara untuk melarikan diri dari harimau ini.

Kancil berkata kepada harimau “Tolong harimau jangan makan aku, aku memiliki sebuah rahasia besar dan aku akan memberi tahu kamu bila kamu tidak memakanku” pinta kancil.

Harimau pun menjawab “Rahasia apa memangnya?”,

Aku akan memberi tahumu mengenai keberadaan sabuk dewa, dan siapa  yang mengenakan sabuk dewa ini maka dia bisa terbang serta akan memiliki kekuatan seperti para dewa” kata kancil.

Mendengar cerita dari kancil ini harimau pun tertarik untuk mendapatkan sabuk dewa tersebut dan akhirnya harimau menyepakati untuk tidak memakan kancil bila kancil memberi tahu dimana sabuk dewa tersebut berada.

Akhirnya si kancil pun menunjukan dimana tempat sabuk dewa itu berada, kancil menunjuk ke area pinggir sungai dan sabuk dewa tersebut tegantung di ranting pohon.

Setelah mengetahui keberadaan sabuk dewa tersebut harimau sangat semangat untuk mengambil sabuk dewa itu.

Ketika harimau akan mendekati sabuk dewa tersebut kancil berkata bahwa “dewa sedang mandi di sungai, kamu jangan sampai ketahuan oleh dewa bila kamu ingin mengambilnya”.

Harimau pun menjawab “terus aku harus bagaimana mengambilnya agar tidak ketahuan oleh dewa?” kancil pun menyarankan cara kepada harimau dan harimau pun menuruti apa kata si kancil.

Dengan perlahan harimau menuju ke pohon dengan cara berjalan mundur. Mendekati area pohon, harimau sangat kaget karena ada seekor ular yang sedang melilit leher harimau.

Dan ternyata sabuk yang ada diatas pohon itu adalah ular yang sangat kelaparan dan bukanlah sebuah sabuk dewa.

Harimau sangat marah kepada kancil namun juga merasakan rasa sakit akibat lilitan dari ular tersebut.

Pada akhirnya si kancil itu berhasil untuk dapat melarikan diri dari harimau, ia pun berlari sambil tertawa melihat aksinya yang berhasil menjebak harimau.

Betapa cerdiknya kancil ini bukan? Dia bisa sangat menyelamatkan dirinya yang sedang dalam bahaya.

 

Penutup

Dari dongeng kancil ini kita dapat memberikan sebuah kesimpulan bahwa dengan adanya kecerdasan yang kita miliki maka dapat menyelamatkan kita dari sebuah mara bahaya. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)