Doa disaat Menjenguk Orang Sakit

23-03-2021 10:08:08
Madu Anak Vitabumin


Setiap orang pastinya tidak menginginkan untuk jatuh sakit. Namun jatuh sakit merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia walaupun orang tersebut telah berusaha dalam menjaga kesehatannya.

Ketika ada seseorang yang jatuh sakit seperti keluarga, saudara dan teman maka sudah menjadi keharusan untuk kita menjenguk atau merawat mereka.

Tahukah anda ternyata dalam menjenguk orang sakit itu ada tata cara dan juga etikanya, dimana salah satunya ialah membacakan beberapa doa untuk meminta kesembuhan.

Berikut ini beberapa kumpulan doa yang dapat dibacakan ketika menjenguk orang sakit.

Disaat ada keluarga, saudara atau teman yang sedang sakit, sebaiknya anda segera menjenguknya.

Di mana menjenguk orang yang sedang sakit itu merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh Allah Subhanallahu Wata’ala dan juga Rasul Nya.

Di saat menjenguk orang sakit, sebaiknya kamu mengetahui dan mempunyai adab yang sesuai dengan aturan agama Islam yang menjadi salah satu bentuk seseorang dalam menunjukkan rasa empati namun juga tidak lupa juga untuk memberikan doa.

Doa yang dapat anda panjatkan bisa seperti ini: “Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.” Yang memiliki arti: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit.

Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

Doa tersebut sebaiknya dibaca ketika menjenguk seseorang yang sakit agar dapat mempercepat proses kesembuhan bagi mereka yang sedang jatuh sakit.

Beberapa Doa Untuk Orang Sakit

1.) Doa Untuk Orang Tua Yang Sedang Jatuh Sakit

Bagi seorang anak yang soleh dan juga solehah, pastinya akan sedih bila melihat orang tua yang sangat disayangi sedang terbaring lemas karena sedang jatuh sakit.

Sebagai anak pastinya kita akan mengusahakan berbagai cara dalam menyembuhkan orang tua dimana salah satu caranya ialah dengan memanjatkan doa.

Doa yang dapat dibaca ialah sebagai berikut: “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.” Yang memiliki arti: "Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan.

Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

2.) Doa Ketika Anak Sedang Terbaring Lemas Karena Sedang Sakit

Sebagai orang tua pastinya akan sangat merasa khawatir bila sang buah hati sedang dalam kondisi lemas tak berdaya akibat sedang jatuh sakit.

Selain mengkonsumsi obat sebagai cara mengobati secara medis, membacakan beberapa doa juga merupakan salah satu bentuk usaha lainnya yang dapat dilakukan oleh para orang tua agar buah hatinya dapat lekas diangkat penyakitnya.

Biasanya orang tua akan mendoakan kesembuhan bagi anak nya kapan pun waktunya, terlebih ketika selesai salat pastinya akan mendoakan kesembuhan anaknya.

Doa yang dapat dibacakan oleh orang tua untuk kesembuhan anaknya ialah sebagai berikut: “Bismillaahil Kabiiri.

Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.”  Yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar.

Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan kejahatan panas api nereka.” 

3.) Doa Pengampunan Dosa dan Perlindungan Bagi Seseorang Yang Sedang Jatuh Sakit

Setiap manusia pastinya tidak ingin merasakan jatuh sakit, merasakan obat yang sangat pahit walaupun obat tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit yang diderita.

Selain itu anda dapat menyertakan doa untuk pengampunan dosa dan perlindungan bagi mereka yang sedang sakit.

Dibawah ini doa yang biasanya dibacakan oleh Rasulullah SAW ketika sedang menjenguk sahabatnya Salman Al Farisi RA : “Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.” Yang memiliki arti : “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.

Setelah mengetahui beberapa doa untuk orang sakit, selanjutnya kita akan mempelajari beberapa adab dalam menjenguk orang yang sedang sakit.

 

Adab Ketika Sedang Menjenguk Orang Sakit Dalam Agama Islam

1.) Memperhatikan Waktu dalam Menjenguk

Walaupun tidak ada ketentuan untuk menjenguk mau saat siang hari atau saat malam hari, namun sebaiknya tetaplah memilih waktu yang tepat ketika menjenguk seseorang yang sakit agar tidak mengganggu orang yang sakit dan tidak merepotkan keluarga orang yang sakit.

Dan jangan sampai kedatangan untuk menjenguk menjadi memberatkan keluarga dan menambah beban di hati keluarga mereka.

Tetapi bila menjenguk di rumah sakit biasanya akan terdapat waktu kunjungan yang biasanya disesuaikan dengan waktu istirahat para pasien.

Sebaiknya juga jangan terlalu lama dalam menjenguk orang sakit, agar orang yang sakit ini dapat menggunakan waktunya untuk dapat beristirahat.

Namun bila menjenguk orang sakit lebih dari satu kali diperbolehkan bila orang yang sakit menyukai.

2.) Menjenguk Dengan Membawa Suasana Kesenangan

Ketika sedang menjenguk orang yang sakit, sebaiknya kedatangan anda dapat memberikan kesenangan dan juga keringanan hati bagi orang yang sakit tersebut.

Karena hal itu sangat dianjurkan untuk dapat menghibur orang yang sedang sakit, bisa juga membawa sesuatu yang mungkin saja ia perlukan serta menasehati mengenai derita yang sedang dia alami.

Seperti hadits yang telah disebutkan yaitu “Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti akan Allah hapuskan berbagai kesalahannya seperti sebuah pohon meruntuhkan daun-daunnya.” (HR Muslim).

Dan ada hadits lainnya yang berbunyi: “Cobaan itu akan selalu menimpa seorang mukmin dan mukminah, baik pada dirinya, pada anaknya, ataupun pada hartanya, sehingga dia bertemu Allah tanpa dosa sedikit pun." (HR Tirmidz).

3.) Berwudhu Disunahkan Bagi Seseorang Yang Akan Menjenguk Orang Sakit

Hal ini berdasarkan dalam sebuah hadits Anas bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa yang berwudhu dan memperbaiki wudhunya lalu mengunjungi orang muslim dengan berharap mendapatkan pahala Allah, maka ia akan dijauhkan dari Jahanam sepanjang tujuh puluh kharif.

4.) Menutup Aurat

Wanita boleh menjenguk laki-laki namun dengan syarat tetap harus mengenakan pakaian yang menutupi aurat dan juga aman dari fitnah.

Hal ini telah dilakukan oleh Ummu Ad-Darda yang menjenguk seorang temannya yang bernama Anshar ahli masjid.

Hal ini disebutkan oleh Bukhari secara mu’allaq atau takdir yang telah ditetapkan oleh Allah dengan bergantung pada peran serta umat manusia melalui ikhtiar.

5.) Memberikan Semangat

Ketika akan menjenguk orang sakit hendaknya anda memberikan semangat kepada orang yang sakit.

Dengan memberikan semangat ini dapat membuat mereka untuk selalu berfikir positif dan akan terus berusaha serta berdoa agar dapat segera sembuh.

Dari Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjenguk seorang Arab badui, Ibnu Abbas melanjutkan;

“Setiap kali beliau menjenguk orang sakit, maka beliau akan mengatakan kepadanya: “Tidak apa-apa, Insya Allah baik-baik saja.” Ibnu Abbas berkata; lalu aku bertanya; “Baik?!, tidak mungkin, sebab penyakit yang di deritanya adalah demam yang sangat kritis, yang apabila diderita oleh orang tua akan menyebabkannya meninggal dunia.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kalau begitu, memang benar.”  (HR Bukhari no 5224).

6.) Menunjukkan Kepedulian

Ketika sedang menjenguk orang yang sakit, sebaiknya anda benar benar menujukan bahwa anda peduli terhadap kondisinya.

Tanyakan mengenaik perkembangan kesehatan dan juga hal lainnya untuk menunjukkan sikap simpati kepadanya.

Dari Ibnu Sinni Rasulullah SAW bersabda: “Di antara kesempurnaan menjenguk adalah engkau meletakkkan tangannya pada bagian tubuh orang yang sakit sambil bertanya, “Bagaimana keadaanmu pagi ini? Atau bagaimana keadaanmu sore ini?

7.) Melarangnya dalam Berharap Kematian

Beberapa orang yang sedang jatuh sakit sering kali akan lebih mudah dalam mengalami putus asa sehingga mereka akan lebih mengharapkan kematian datang menjemputnya.

Namun sebaiknya anda sebagai teman atau kerabatnya memerikan nasihat untuk tidak mudah menyerah dan berharap pada kematian.

Sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Rasul ketika Rasul mengunjungi pamannya, “Wahai paman, Janganlah engkau mengharap kematian. Sebab bila selama ini engkau berbuat baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, maka itu adalah kebaikan yang ditambahkan kepada kebaikanmu dulu, dan itu baik bagimu.

Bila selama ini engkau berbuat tidak baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, lalu engkau diberi kesempa- tan untuk bertaubat dari kesalahanmu, maka itu pun baik pula bagimu. Maka janganlah engkau mengharap kematian.” (HR. Ahmad dan Hakim).

8.) Menasehati

Ketika sedang menjenguk seseorang yang sakit, selain anda mendoakan untuk kesembuhannya, pastinya anda juga akan mendengar beberapa cerita keluh kesah yang sedang ia rasakan.

Di sini sebaiknya anda memberikan nasehat kepada mereka bahwa seluruh rasa sakit yang telah dia rasakan sekarang nantinya akan menjadi penebus dosa yang telah dia lakukan di masa lalu nya.

Seperti sabda Allah yang berbunyi “Sesungguhnya kita semua ini milik Allah dan hanya kepada-Nya semata kita akan kembali. Ya Allah, berilah pahala dari musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan yang lebih baik darinya.” (HR. Muslim).

9.) Membawakan Buah Tangan

Bukan hanya datang untuk menjenguk saja, sebaiknya juga kita membawakan hadiah atau buah tangan agar hatinya akan semakin bahagia dan senang.

Sebagaimana sabda Rasulullah dimana kita sebaiknya sering memberikan hadiah untuk dapat mempererat tali persaudaraan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “tahaadu tahaabbu” yang berarti: “Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594.

Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya).

10.) Tundukkan Pandangan

Ada kalanya penyakit yang sedang menyerang seseorang akan menampakkan sesuatu hal yang tidak ingin dilihatkan kepada orang lain yang dapat menimbulkan rasa malu bagi si penderita.

Sehingga dianjurkan untuk seseorang yang menjenguk untuk dapat menundukkan pandangan dan jangan menunjukkan sikap seolah dapat membuat perasaan orang yang dijenguk menjadi rishi atau sungkan.

Selain itu juga jagalah perkataan kita dengan sebaik-baiknya. Hindarilah untuk terlalu banyak bertanya yang dapat membuat orang yang sedang sakit merasa dipermalukan atau terpojokkan. 


Baca juga : Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)