Dampak Game Online Pada Anak

09-07-2020 03:13:46
Madu Anak Vitabumin

Saat ini kemajuan teknologi terlebih dalam penggunaan internet sangat memudahkan orang mengakses mengakses sebuah informasi. Salah satu yang dapat diakses seperti game online.

Game online di era saat ini sangat digandrungi oleh anak anak hingga orang dewasa.

Game online sangat di idolakan oleh para anak anak dan juga orang dewasa karena permainan game online ini menghubungkan antar pemain dengan pemain lain melalui koneksi internet.

Para pemain yang memainkan game ini biasanya sering disebut dengan gamers, para gamers pun berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik.

Dalam pengaruhnya game online ini sangat besar bagi orang yang memainkan game tersebut, dimana salah satu nya ialah anak anak.

Anak anak saat ini terbiasa dengan smartphone untuk bermain game online, padahal hal ini merupakan suatu bentuk kesalahan orang tua yang mungkin hanya ingin menunjukkan rasa kasih sayang nya kepada si anak dengan memberikan fasilitas seperti gadget canggih.

Dampak negatif game online pada anak sangat banyak seperti anak menjadi malas, lupa waktu karena hanya bermain game saja, anak menjadi kecanduan bahkan lebih parahnya lagi membuat mata anak dapat minus karena selalu menatap layar komputer atau layar gadget tanpa istirahat dalam bermain game.

Dampak game online pada anak lainnya juga dapat dari perilaku sosial dan moral anak seperti bersikap egois, keras kepala, menutup diri dengan dunia luar dan bersikap seenaknya.


Kenapa Anak Bisa Kecanduan Game Online?

Dampak game online pada anak dapat berupa menjadi sebuah kecanduan, lalu munculah pertanyaan kenapa anak bisa kecanduan game online? Berikut penjelasannya:

  1. Kurangnya perhatian dari orang tua atau kurangnya perhatian dari para orang terdekat si kecil.
  2. Anak memiliki dunia sendiri. Anak anak merasa bebas melakukan apa saja di dalam dunia game, mereka seakan akan memiliki dunia sendiri yang tidak ada batasannya.
  3. Stres dan depresi. Ketidak mampuan anak dalam mengelola emosi sehingga anak mencari hiburan lainnya dengan bermain game seharian.
  4. Bosan. Anak anak mengalihkan rasa bosan dengan bermain game seharian tanpa mengenal waktu.
  5. Orang tua yang terlalu membebaskan si anak. Orang tua yang terlalu bebas memberikan waktu untuk anak bermain gadget.

Maka dari itu bila orang tua tidak mengambil tanggung jawab maka yang akan mengambil alih tanggung jawab kita yaitu game online dan berbagai jenis media lainnya yang siap menjadi guru dan mempengaruhi di dalam kehidupan anak.


Menyembuhkan Anak Yang Kecanduan Game Online


Dalam menyembuhkan anak yang kecanduan game online, yang orang tua dapat lakukan ialah sebagai berikut:

1. Membangun Hubungan yang Dekat dengan Si Kecil

Orang tua sangat perlu menjelaskan kepada anak bahwa game hanya merupakan sebuah hiburan, jelaskan juga bahwa game bukanlah pusat dari kehidupan anak.

Orang tua juga perlu memaparkan kepada si kecil bahwa pada usia saat ini kemenangan di kehidupan nyata lebih penting dibandingkan di dalam dunia game. Seperti mendapatkan nilai bagus atau mendapatkan uang, katakan bila hal ini lebih penting dibandingkan mendapatkan kemenangan di dalam dunia game.

2. Menetapkan Waktu Bermain yang Wajar

Sebagai orang tua harus tegas dalam menangani anak yang sudah kecanduan bermain game.

Katakanlah bahwa anak boleh bermain game dengan waktu maksimal satu jam saja ketika hari sekolah dan memperbolehkan anak bermain dua sampai tiga jam ketika si kecil sedang libur sekolah.

Dengan waktu ini masih dianggap wajar sebagai rentang waktu anak dalam bermain. Selain itu batasi waktu bermainnya dengan ketat seperti tidak lebih dari jam sembilan malam, pastikan untuk para orang tua mematuhi peraturan yang dibuatnya jangan sekali kali para orang tua memberi kesempatan bermain lebih karena kasihan kepada si kecil karena bisa saja nantinya anak anak akan menyepelekan dan menjadi enggan mematuhi peraturan yang di buat. 

3. Memberikan Game Sebagai Reward

Sebagai orang tua juga dapat memulai dengan membiasakan anak bila ingin bermain game ketika mereka mendapatkan nilai sesuai dengan kesepakatan. Atau dapat juga ketika mereka sudah selesai dalam melakukan semua tugasnya dalam pekerjaan rumah dan membnatu pekerjaan orang tua. Bila hal ini dilanggar beri ketegasan bahwa anak hanya boleh bermain game ketika akhir minggu saja atau juga dapat mengurangi jam bermainnya.

4. Membantu Anak Mengingat Waktu Serta Membatasinya

Kebanyakan game terlebih game online biasanya di desain memang untuk para pemainnya menjadikan melupakan waktu dan tenggelam di dalam permainan game tersebut.

Maka dari itu orang tua sangat perlu untuk mengingatkan anak telah berapa lama si anak bermain game nya.

Dengan cara ini dapat membantu anak menjaga waktu dan membuat para orang tua juga mengetahui berapa lama si kecil bermain game.

Artikel Terkait

Susu Pasteurisasi

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.
Selengkapnya

Kenapa Bayi Sering Kentut

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.
Selengkapnya

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)