Tips Cara Memakai Softlens agar Tidak Perih bagi Para Pemula

23-12-2020 08:41:27
Madu Anak Vitabumin


Menggunakan lensa kontak diyakini khususnya kaum wanita dapat mempercantik diri dan membuat kesan yang beda. Perubahan warna mata yang terjadi karena lensa kontak memang bisa membuat seseorang terlihat berbeda dari biasanya.

Lensa kontak atau biasa disebut softlens dalam pemakaiannya tidak boleh sembarangan dan asal pakai saja, terutama buat pemula atau yang baru pertama akan memakai softlens. Jika salah penggunaan akan menyebabkan mata merah karena perih hingga iritasi.

Itu sebabnya cara memakai softlens agar tidak perih memang membutuhkan tips yang tepat. Berikut ini beberapa tips dalam menggunakan softlens, khususnya bagi pemula yang baru mau mencoba memakainya :

Cuci Bersih Kedua Tangan Sebelum Menggunakan Softlens

Menjaga kebersihan tangan penting untuk dilakukan. Mengingat dalam penggunaan softlens membutuhkan peran tangan untuk memasangnya. Jadi pastikan tanganmu bersih sebelum menggunakannya. Cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih.

Hal sederhana ini sebetulnya harus diterapkan dalam berbagai hal, tidak hanya ketika akan memasang softlens. Karena tangan merupakan sarana berpindahnya kuman dari suatu tempat atau apa-apa yang kamu sentuh sebelumnya. Mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh kuman-kuman yang ada di tangan.

artikel terkait : minyak zaitun untuk wajah


Bersihkan Wadah Softlens Dan Masukkan Softlens Ke Wadah Untuk Dibersihkan Juga

Membersihkan softlens sebelum dipakai atau dipasang penting untuk dilakukan. Langkah ini juga meminimalisir kuman ada pada softlens. Biasanya saat membeli softlens pasti sepaket dengan cairan pembersihnya. Jadi gunakan cairan tersebut untuk dipakai membersihkan softlens yang baru saja dibuka segelnya.

Pegang Soflens Dengan Benar Jangan Sampai Terjatuh

Memegang softlens yang sudah dibersihkan dengan cairan pembersih di ujung telunjuk tangan. Pastikan softlens pada posisi yang tepat dan benar saat di ujung telunjuk tersebut. Posisi softlens yang benar adalah membentuk huruf U, atau membentuk mangkuk secara sempura yaitu melengkung. Jika posisinya kebalikannya maka pastikan kamu membaliknya dengan benar. Jangan gunakan lensa kontak yang sudah rusak karena dapat menyebabkan iritasi mata.

Pakai Softlens Secara Perlahan Dan Pastikan Pas Pada Bola Mata

Yang pertama adalah pastikan tangan bersih dan kering ketika akan memasang softlens. Siapkan cermin, kemudian buka mata dengan lebar jika perlu dengan bantuan tangan yang satunya untuk membuka mata. Lalu tahan sebentar untuk kemudian memasukkan softlens perlahan dari atas ke bawah kelopak mata dengan bersamaan. Setelah softlens masuk pejamkan mata kemudian kedip secara perlahan beberapa kali jika terasa tidak pedih dan nyaman maka softlens terpasang dengan baik.

Tips cara memakai softlens di atas adalah yang paling basic dan aman digunakan bagi pemula. Jika sudah terpakai hindari hal-hal yang bisa membuat mata tidak nyaman seperti menggosok mata hingga lupa meneteskan cairan ke mata saat menggunakan softlens. Karena penting bagi kita ketahui bahwa membiarkan beberapa jam tanpa meneteskan cairan softlens ke mata saat digunakan dapat membuat mata kemerahan dan perih.

Pada umumnya, tetes mata khusus saat menggunakan softlens memang penting untuk diaplikasikan dalam beberapa jam sekali agar mata tidak pedih dan kering saat menggunakan softlens. Jika akan menggunakan softlens namun kamu akan berdandan atau memakai make up, pastikan softlens terpasang sebelum mengaplikasikan make up ke wajah ya. Jadi memakai softlens dulu baru menggunakan make up kemudian.

Kemudian Saat Akan Melepas Softlens Caranya Yang Benar Adalah :

Seperti saat akan memasang softlens, pastikan sudah mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun. Kemudian keringkan tangan dengan handuk bersih.

Arahkan bola mata kamu ke atas atau ke samping saat akan mengambil softlens.

Capit secara perlahan softlens menggunakan jari kamu, bisa dengan ibu jari dan telunjuk. Atau ibu jari dengan jari tengah.

Setelah berhasil mencapit softlens tarik secara perlahan keluar hingga softlens dapat keluar dengan aman dari mata.

Basahi softlens yang sudah terlepas dengan menggunakan cairan pembersih softlens kemudian gosok lembut selama kurang lebih 30 detik agar kotoran pada softlens tidak menempel.

Bilas kembali softlens menggunakan cairan pembersihnya lalu letakkan pada pada wadah softlens yang sudah tersedia beserta tambahkan cairan di dalamnya lalu tutup rapat dan simpan di tempat sejuk.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)