Cara Merawat Telinga yang Benar dan Menjaga Kesehatan Pendengaran untuk Jangka Panjang

23-03-2021 04:22:05
Madu Anak Vitabumin


Telinga merupakan salah satu indra yang termasuk dalam indar pendengaran yang ada di tubuh kita dan peran telinga ini sangat amat penting fungsinya dimana fungsi telinga ialah untuk menangkap bunyi serta mengirimnya ke dalam otak untuk dapat diterjemahkan.

Maka dari itu kita sebagai manusia sangat perlu untuk merawat telinga dengan baik agar pendengaran tidak menjadi terganggu dan tidak mengalami kerusakan.

Namun ternyata masih banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara merawat telinga yang benar itu seperti gimana.

Kebanyakan orang merawat telinga hanya dengan membersihkan telinga mereka karena mereka menginginkan zat cerumen atau kotoran telinga keluar dari telinga.

Zat atau kotoran telinga sebenarnya normal bagi tubuh untuk memproduksi zat itu dan sebenarnya juga zat tersebut dapat membantu dalam melindungi telinga dan dapat melumasi telinga.

Dan bila tidak ada kotoran di dalam telinga maka kemungkinan dapat membuat telinga menjadi gatal dan juga kering.

Zat atau kotoran dalam telinga sendiri memiliki sifat antibakteri yang berarti telinga dapat membersihkan diri.

Kotoran yang ada di dalam telinga sendiri berfungsi seperti filter bagi telinga karena dapat mencegah hal yang berbahaya untuk telinga seperti kotoran dan debu agar menjadi penjebak supaya tidak dapat masuk ke dalam telinga.

 

Beberapa Cara Dalam Merawat Telinga

Merawat telinga agar telinga tetap sehat merupakan proses untuk seumur hidup. Dengan merawat telinga sendiri merupakan langkah untuk melindungi pendengaranagar dapat membantu anda untuk menikmati musik dan percakapan tanpa merasakan ketegangan.

Selain itu juga dengan memiliki telinga yang sehat dapat memungkinkan anda untuk memiliki keseimbangan yang jauh lebih baik serta juga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Maka dari itu kita sangat perlu untuk merawat telinga kita. Berikut ini beberapa cara merawat telinga yang dapat kita lakukan:

 

1.) Hindari Menggunakan Earphone Dengan Volume Yang Terlalu Keras

Bila kamu termasuk yang senang dengan mendengarkan musik melalui earphone, maka hindari untuk menggunakan volume yang terlalu besar.

Karena suara musik yang langsung masuk ke dalam menuju gendang telinga yang bila terlalu keras dapat mempengaruhi pendengaran.

Kamu dapat melindungi telinga mu dengan menggunakan aturan 60/60 yang sarannya ialah mendengarkan dengan earphone pada volume yang tidak lebih dari 60% dan tidak lebih dari 60 menit dalam satu hari.

Dan sebaiknya juga pilihlah aerphone yang dengan setelan over the ear.

Jangan lupa juga bahwa mendengarkan musik keras apa pun bukan hanya musik yang diputar lewat earphone sendiri dapat membuat munculnya risiko gangguan pendengaran yang disebabkan dari suara kebisingan ini.

Gunakanlah volume yang sewajarnya saja sehingga akan tetap aman ketika sedang mendengarkan musik.


2.) Membersihkan Earphone Seminggu Sekali

Bukan hanya merawat kebersihan telinga saja karena anda juga harus membersihkan earphone bila anda menggunakannya.

Hal ini bertujuan untuk dapat mencegah masuknya bakteri dan mencegah bakteri dapat berkembang biak pada earphone sehingga dapat menyebabkan penyakit telinga.

Cara dalam membersihkan earphone pun cukup mudah hanya dengan menggunakan air hangat yang telah ditetesi sabun cuci lalu gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam air lalu di keringkan dengan menggunakan lap kering selanjutnya gosok earphone dan jangan sampai earphone terkena air.


3.) Membersihkan Telinga Dengan Menggunakan Cara Yang Benar

Mungkin anda berfikiran bahwa anda harus rutin membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds. Namun ternyata anggapan tersebut adalah salah, karena justru penggunaan cotton buds ini tidak dianjurkan.

Memasukkan cotton buds ke dalam telinga dapat berisiko mendorong kotoran yang ada di dalam telinga menjadi lebih masuk ke dalam telinga.

Selain itu memasukkan sesuatu ke dalam saluran telinga juga akan berisiko dapat merusak organ sensitif yang ada di dalam telinga. Jadi, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

Sebenarnya ada cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga yang memiliki fungsi dapat mencegah debu dan juga partikel berbahaya lainnya yang masuk ke dalam telinga.

Jadi fungsi cairan lilin akan sangat penting dalam menjaga kesehatan telinga. Atau bisa juga anda dapat meminta bantuan dokter untuk dapat membantu membersihkan telinga dengan menggunakan alat khusus.


4.) Gunakan Pelindung Telinga Ketika Sedang Salam Keadaan Kebisingan

Ketika kamu berada di suatu lingkungan yang penuh dengan suara keras dan bising maka ada baiknya bila kamu menggunakan pelindung telinga.

Contohnya ketika kamu sedang bekerja di pabrik yang suaranya bising akibat dari suara-suara mesinnya, ketika kamu berada di sebuah klub dan ketika kamu berada disebuah perkumpulan aktivitas yang membuat kamu harus berteriak untuk melakukan percakapan akibat dari suasananya yang bising.

Menggunakan pelindung telinga dapat membantu mengurangi tingkat paparan kebisingan dan juga risiko dari gangguan pendengaran.

Tapi perlu diingat ya, pelindung telinga yang dapat melindungi pendengaran ini bukan berarti menggunakan earphone ya.

Gunakanlah pelindung telinga dengan baik dan hindari untuk memodifikasi pelindung telinga agar tetap dapat berfungsi dengan efektif.

Selain memperhatikan kenyamanan ketika sedang dipakai, pilihlah juga pelindung pendengaran yang memang telah memenuhi standar kesehatan.

Periksa dan juga kenali dengan cermat pelindung telinga sebelum kamu gunakan. Apakah pelindung telinga tersebut mampu dapat memberikan kebutuhan komunikasi serta kemampuan mendengar yang memadai.

 

5.) Hindari Menggunakan Ear Candle

Salah satu cara merawat telinga yang lumayan cukup populer di masyarakat ialah dengan menggunakan terapi ear candle.

Namun ternyata banyak para dokter yang tidak menyarankan dalam penggunaan ear candle ini karena metode ini sendiri tidak terbukti efektif dalam membersihkan telinga dan tidak jelas apa manfaatnya bagi kesehatan telinga.

Karena penggunaan ear candle cenderung lebih berbahaya karena dapat menyebabkan cedera pada area telinga seperti tersumbat di saluran telinga atau bisa juga sampai terbakar.


6.) Hindari Untuk Menggunakan Cotton Buds

Sebenarnya kotoran yang ada di dalam telinga dan berbentuk cairan yang ada di dalam telinga merupakan keadaan yang wajar akan dialami oleh siapa pun.

Cairan dan kotoran ini juga penting karena dapat membantu melindungi telinga dari debu yang masuk dan juga sesuatu yang akan berbahaya bagi telinga bila masuk di dalam saluran telinga.

Memasukkan cotton buds atau benda apa pun ke dalam saluran telinga dapat memiliki risiko merusak organ sensitif seperti gendang telinga.

Karena bukannya bersih, namun telinga dapat berisiko untuk terkena infeksi. Telinga sendiri memiliki cara kerja sendiri dalam membersihkan dirinya sehingga menggunakan cotton buds tidak dianjurkan.

Sebaiknya cukup gunakan handuk basah untuk membersihkan area bagian pangkal telinga atau dapat juga meneteskan obat pembersih telinga sehingga kotoran yang ada di dalam telinga dapat keluar dengan sendirinya.


7.) Istirahatkan Telinga Untuk Masa Pemulihan

Istirahatkan telinga anda selepas anda menghadiri konser musik, karena dengan beristirahat dapat membantu pendengaran pulih dan dapat tetap bekerja dengan normal.

Para peneliti juga telah menemukan bahwa telinga membutuhkan rata-rata sekitar 16 jam ketenangan untuk dapat pulih dari satu hari yang bising.

Pemulihan pendengaran dapat dilakukan dengan menggunakan cara mengecilkan volume ketika sedang berbicara, menghindari mendengarkan musik yang keras dan juga gunakan volume yang rendah ketika sedang menonton TV atau pun mendengarkan radio.

Atau kamu juga dapat melakukan meditasi dengan melakukan yoga sehingga dapat membuat suasana menjadi tenang.


8.) Melakukan Olahraga Dapat Membantu Menjaga Kualitas Pendengaran

Bukan menjadi rahasia lagi bila olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan tidak terkecuali pada bagian telinga.

Dengan berlatih kardio seperti berlari, berjalan dan atau bersepeda dapat membuat darah memompa ke seluruh bagian tubuh termasuk juga di bagian telinga.

Dengan begitu dapat membantu bagian internal telinga untuk tetap sehat dan dapat bekerja semaksimal mungkin.

Namun ketika melakukan olahraga yang terlalu berat dengan alunan musik yang kencang dan keras seperti gym atau zumba dapat menggunakan pelindung telinga agar pendengaran telinga tetap dapat terjaga.

Hindari juga mengangkat beban yang terlalu berat dengan menahan nafas ketika sedang berolahraga.

Karena dengan menahan nafas dan mengejan ketika sedang mengangkat beban dapat merusak telingan di bagian dalam.

 

9.) Menjaga Area Telinga Agar Tetap Dalam Keadan Yang Kering

Setelah anda mandi atau pun berenang maka segera keringkan telingga dengan menggunakan handuk yang lembut.

Cara ini dilakukan untuk menghindari telinga dari kelembapan. Kelembapan yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri masuk dan menyerang saluran telinga sehingga dapat menyebabkan telinga menjadi infeksi.

Anda juga dapat menghalangi masuknya air ke dalam telinga dengan menggunakan pelindung telinga ketika sedang berenang atau pun mandi.

Pilihkan pelindung telinga yang nyaman serta aman untuk berenang sehingga pendengaran masih tetap terjaga.

Namun bila anda masih merasa ada air masuk ke dalam telinga maka anda dapat memiringkan kepala ke samping serta tarik sedikit cuping telinga agar air di dalam telinga dapat keluar.


10.) Melakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Agar merawat telinga dan kesehatan pendengaran tetap dapat terjaga, maka anda dapat melakukan pemeriksaan rutin telinga anda dengan dokter THT anda.

Dokter nanti akan dapat membantu menguji gangguan pendengaran dan dapat memberikan rekomendasi yang telah disesuaikan untuk dapat menjaga kesehatan telinga.

Dengan begitu dapat kamu dapat mendeteksi dini gangguan telinga yang mungkin saja dapat terjadi akibat dari kerusakan pendengaran yang terjadi secara bertahap.

Hal ini akan sangat penting karena bila kehilangan pendengaran dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Depresi dan juga demensia sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran yang tidak pernah diobati, maka dari itu pastikan bila telinga anda diperiksa secara rutin ya.


10.) Mengkonsumsi Obat Sesuai Dengan Petunjuk

Obat-obatan tertentu seperti obat anti inflamasi non steroid atau (NSAIDS) seperti aspirin, ibuprofen dan juga naproxen terkadang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Diskusikan pengobatan dengan dokter anda bila anda khawatir obat tersebut dapat mempengaruhi kemampuan pendengaran anda dan mengkonsumsinya hanya dengan sesuai petunjuk.


Penutup

Di atas tadi merupakan beberapa cara merawat telinga agar telinga tetap sehat. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam merawat telinga anda menjadi tetap sehat.

Jangan lupa share artikel ini agar orang yang berada disekitar anda tidak salah dalam merawat telinga mereka. 


Baca juga : Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)