Cara Menyuburkan Rambut Bayi

29-07-2020 07:56:56
Madu Anak Vitabumin


Selain tentang berat badan bayi ternyata ada hal lain yang membuat para orang tua menjadi khawatir yaitu perkembangan dan pertumbuhan rambut bayi.

Memiliki sebuah rambut yang tebal dan sehat merupakan keinginan dari semua orang, termasuk dari para orang tua yang memiliki buah hati yang masih bayi jga pasti menginginkan jika kelas rambut si kecil tebal dan juga sehat.

Namun sering kali masalah rambut datang sehingga merusak kondisi rambut. Banyak para orang tua yang bertanya mengapa rambut bayi tipid dan tidak lebat? Lalu bagaimana cara menyuburkan rambut bayi dan lain sebagainya.

Biasanya kekhawatiran akan memuncak ketika setelah beberapa bulan dari kelahiran rambut bayi tidak kunjung tumbuh dan malah cenderung menjadi botak. Berikut beberapa cara menyuburkan rambut bayi yang harus diketahui oleh para orang tua:

 

1. Mencampurkan Alpukat Dengan Madu

Cara menyuburkan rambut bayi yang pertama dapat dengan menggunakan bahan alpukat dan juga madu. Buah alpukat sendiri dipercaya mengandung vitamin E alami dan sedangkan madu terbukti sangat ampuh dalam menguatkan akar rambut dan juga mencegah kerontokan rambut.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu langkah awalnya mengambil daging buah alpukat yang sudah matang lalu hancurkan daging alpukat hingga lembut tanpa menggunakan tambahan air, kemudian tambahkan satu sendok madu murni dan campurkan hingga menjadi pasta yang lembut.

Setelah itu usapkan secara langsung ke rambut bayi dan kulit kepala bayi, diamkan selama sekitar sepuluh menit lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa sehabis itu tetap menggunakan shampoo bayi agar semua noda alpukat benar benar hilang.

 

2. Makanan Bayi Yang Kaya Akan Vitamin D

Cara menyuburkan bayi selanjutnya setelah bayi dicukur dapat melalui asupan makanan bayi. Hal ini juga berlaku bagi bayi yang hanya dapat mendapatkan asupan nutrisi dari ASI.

Untuk ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi agar dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut bayi yang lebat dan sehat. Seperti memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D contohnya wortel, kacang almond, labu, walnut dan ubi.

 

3. Menggunakan Lidah Buaya

Buah dari lidah buaya dapat membantu menyuburkan rambut bayi dengan syarat usia bayi sudah menginjak satu tahun ke atas sudah dapat menggunakan lidah buaya. Karena ketika usia sudah di atas satu tahun kulit bayi sudah bersih dan bagian kulit kepala bayi sudah tidak sensitif lagi. Senyawa dalam gel lidah buaya juga dapat membantu merangsang kekuatan folikel rambut dan membuat rambut dapat cepat lebih panjang.

Cara menggunakan lidah buaya juga cukup gampang dengan menggunakan lidah buaya sebelum mandi cukup ambil beberapa lidah buaya yang segar kemudian lepaskan antara kulit dna ambil bagian gel nya saja, bila perlu hancurkan gel lidah buaya hingga menjadi pasta yang kental.

Usapkan langsung kepada rambut bayi dan pastikan untuk menggunakan handuk di bagian bawah agar bayi menjadi lebih nyaman. Lakukan hal ini secara hati hati agar gel dari lidah buaya tidak mengenai kulit bayi setelah itu diamkan beberapa menit hingga meresap dan bila sudah meresap cuci besih kepala bayi dengan shampoo bayi.

 

4. Menggunakan Kemiri

Bayang para orang tua yang memberikan minyak kemiri untuk membantu menyuburkan rambut bayi. Cara nya juga gampang cukup dengan mmebeli minyak kemiri yang sudah jadi dan dijual dipasaran.

 

5. Menggunakan Buah Pisang Dan Minyak Zaitun

Di dalam buah pisang mengandung kandungna mineral seperti kalium yang dapat membuat rambut tumbuh menjadi lebih cepat. Sedangkan dengan menggunakan minyak zaitun dapat membuat folikel rambut menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan baik.

Cara menggunakan buah pisang dan minyak zaitun untuk menyuburkan rambut bayi juga cukup mudah dengan menghancurkan satu buah pisang yang sudah matang dengan satu sendok minyak zaitun, lalu campurkan bahan yang sudah menjadi bentuk pasta ini sehingga nyaman untuk kulit bayi.

Bila memiliki yoguhrt organik maka dapat tambahkan satu sendok teh di dalam campuran pasta tersebut. Setelah itu usapkan ke bagian rambut dan kulit kepala bayi, jangan lupa juga untuk memijat kepala bayi dengan lembut setelah itu diamkan selama sekitar sepuluh menit lalu bilas sampai bersih.

 

6. Rajin Menggunakan Shampoo

Mengjaga kebersihan kulit kepala dan rambut bayi dengan memberikan shampoo setiap ketika mandi. Shampoo bayi yang mengandung bahan alami seperti ekstrak lidah buaya dan ph balanced dapat membantu mencegah kerontokan rambut bayi.

Bukan hanya itu saja kandungan tersebut juga dapat menyuburkan rambut bayi sehingga menjadi lebat dan sehat.

 

7. Menggunakan Minyak Argan

Manfaat dalam minyak argan selain untuk kecantikan kulit ternyata juga dapat digunakan untuk menyuburkan rambut dan sedang hangat diperbincangkan.

Cara menyuburkan rambut bayi dengan minyak argan ini juga terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi kuat, tebal dan halus.

  

8. Memotong Rambut Bayi Sesekali

Cara selanjutnya ialah dengan memotong rambut bayi walaupun ada beberapa orang tua yang takut untuk memotong rambut bayi nya yang baru lahir.

Namun ternyata dengan memotong pertama kali rambut bayi di usia tujuh hari lahirnya bayi dapat mmebuat rambut bayi menjadi lebih subur dan lebat.

Bila khawatir akan kepala bayi yang menjadi botak sehingga menyebabkan bayi menjadi mudah pilek maka dapat menggunakan topi yang nyaman dikepala bayi.

 

9. Rajin Menyisir Rambut Bayi

Dengan menyisir rambut bayi dapat menjadi stimulan yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah pada kulit kepala bayi.

Supaya rambut lebih lebat sisirlah dengan lembut hingga rambut bayi dapat tumbuh dengan sehat. Jangan lupa untuk memotong ujung rambut bayi secara teratur karena hal ini sangat penting dalam membuat bayi menjadi tampil rapi.

 

10. Menggunakan Daun Sledri

Di dalam sledri ini mengandung protein, kalsium, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Cara menyuburkan rambut bayi dengan sledri ini juga cukup mudah, hanya dengan mencampurkan remasan daun sledri dengan air lalu di oleskan ke kulit kepala bayi, dengan begitu rambut bayi akan tumbuh dengan lebat dan hitam.

 

11. Dengan Menggunakan Madu

Madu telah terbukti dapat menguatkan akar rambut serta dapat mencegah kerontokan pada rambut. Caranya pun gampang dan hampir sama dengan menggunakan lidah buaya, oleskan madu di kepala bayi dan dipijat dengan lembut setelah itu didiamkan selama sekitar lima belas menit dan bilas sampai bersih.

Dengan begitu dapat membuat rambut bayi tumbuh subur, lebat, lurus dan sehat. 

 

Semua yang sudah dijelaskan diatas juga perlu diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bayi yang kaya akan tinggi protein karena juga dapat mendukung tumbuhnya rambut yang sehat.

Namun sebaiknya jangan terlalu khawatir terlebih dahulu karena seringkali pertumbuhan setiap bayi itu berbeda antara satu bayi dengan bayi lainnya. Mungkin saja memang pertumbuhan rambut bayi lambat, jadi intinya sebagai orang tua harus lebih bersabar dan telaten dalam merawat rambut bayi. 

Artikel Terkait

Susu Pasteurisasi

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.
Selengkapnya

Kenapa Bayi Sering Kentut

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.
Selengkapnya

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)