Ingin Menyapih Anak? Berikut Cara Jitunya

23-06-2020 09:58:03
Madu Anak Vitabumin

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan menjadi hal yang wajib bagi seorang ibu. Setelah memasuki usia 6 bulan, ibu juga masih berkewajiban memberikan ASI hingga anak usia 1 atau 2 tahun meskipun tidak eksklusif.

Kandungan air susu ibu memang tidak dapat tergantikan oleh susu formula apapun. Kandungan ASI adalah nutrisi terbaik untuk anak. Maka penting bagi ibu untuk berusaha memaksimalkan memberi ASI pada anak. 

Ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif dan masih bisa melanjutkan pemberian ASI hingga 2 tahun menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Adanya kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi seorang ibu yang berhasil melewati masa menyusui hingga tuntas.

Namun, ada satu hal yang cukup menjadi kendala seorang ibu menyusui yaitu menyapih anak. Menyapih adalah fase saat ibu berusaha menghentikan pemberian ASI pada anak. 

Manfaat Memberikan Extended Breastfeeding

Extended breastfeeding adalah memperpanjang masa menyusui anak. Periode wajib pemberian ASI adalah pada saat bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Pada masa ini anak wajib menerima ASI eksklusif.

Sedangkan periode menyusui di atas usia 6 bulan termasuk extended breastfeeding. Lantas mengapa diperlukan extended breastfeeding? Seorang ibu sangat perlu melakukan extended breastfeeding, karena banyak manfaat yang akan diperoleh.

Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh saat meberikan extended breastfeeding.

  1. ASI untuk anak 2 tahun, ternyata memiliki kandungan yang sama dengan ASI untuk usia 1 tahun. Bahkan kandungan ASI yang telah berusia 2 tahun lebih masih mempunyai sumber protein, lemak, kalsium, serta vitamin yang sangat dibutuhkan anak. Sehingga akan sia-sia jika tidak diberikan kepada anak. 
  2. Menurut hasil penelitian, sistem kekebalan tubuh seorang anak yang diberikan ASI lebih tinggi dibanding anak yang tidak memperoleh ASI
  3. Momen menyusui dapat meningkatkan hubungan keakraban ibu dan anak.
  4. Menyusui anak hingga pada usia satu tahun lebih, menurut penelitian dapat mengurangi resiko penyakit tertentu pada ibu. Contohnya risiko kanker payudara, kanker ovarium, penyakit jantung, diabetes, dan yang lainnya.

Perlukah Menyapih Dengan Memaksa?

Banyak kepercayaan masyarakat Indonesia yang meyakini bahwa menyapih anak harus dengan menggunakan pemaksaan. Contohnya dengan menggosok cabai atau brotowali pada puting.

Cara ini dirasa akan sangat kejam untuk anak. Bahkan akan menyakiti anak Anda. Cabai tentu akan membakar serta menyengat mulut anak.

Begitu pula dengan brotowali. Brotowali akan menyebabkan anak muntah dan juga bisa berakibat diare. Sebaiknya gunakanlah cara-cara yang penuh cinta saat menyapih anak. 

Cara Menyapih yang Alami 

Alasan ibu menyapih anaknya ada beragam. Ada yang disebabkan ASI memang sudah tidak keluar, payudara yang terluka, bayi kehilangan minat dalam menyusu, atau memang sudah saatnya bayi disapih.

Usia normal melakukan sapih memang biasanya anak mnginjak usia 1 tahun lebih. Sebaiknya untuk 1 tahun pertama, ibu masih memenuhi kebutuhan ASI anak. 

Pada intinya, meskipun kegiatan menyusu itu bermanfaat bagi anak. Ibu tetap harus menyapih anak.

Agar tidak terbawa sampai besar. Menyusui seorang anak sudah ada patokan waktunya sendiri-sendiri.

Sehingga dibutuhkan ketegasan dari ibu untuk menghentikan menyusui. Lantas bagaimana cara menyapih anak? Menyapih sebaiknya dilakukan dengan cinta, bukan dengan paksaan. Berikut ini beberapa cara menyapih anak secara alami.

  1. Jangan menawarkan ASI, tapi juga jangan menolak memberikan ASI. Cara ini termasuk metode menyapih paling lembut yang bisa Anda terapkan. Tidak perlu trik-trik yang rumit. Ibu hanya perlu memberikan ASI jika anak menginginkannya. Jangan pernah menawarkan minum ASI jika anak tidak memintanya. Kekurangannya metode ini akan membutuhkan waktu lama, sehingga diperlukan kesabaran.  
  2. Mengurangi satu sesi menyusui juga bisa digunakan sebagai salah satu metode menyapih. Lakukan pengurangan sesi menyususi setiap harinya selama satu minggu berturut-turut. Baru kemudian terus meningkat setiap minggunya. Metode ini akan lebih cepat dari metode sebelumnya. Namun ada konsekuensi yang harus ibu peroleh, yaitu ibu akan mengalami pembengkakak payudara. Selain itu, stok ASI juga akan berkurang, karena tidak dikeluarkan.
  3. Memberikan alternatif pilihan yang lain selain ASI pada waktu-waktu menyusui. Ibu berusaha mengalihkan perhatian anak dengan menawarkan hal yang lain. Contohnya memberikan camilan favorit anak di jam-jam menyusui. Atau bisa juga mengajak anak jalan-jalan santai di sekitar rumah. Alihkan perhatian anak sebelum anak meminta menyusu.

Keputusan menyapih anak dari payudara adalah kewenangan sepenuhnya oleh ibu. Jadi jangan biarkan pendapat orang lain mematahkan semangat Anda untuk menyapih atau menyusui.

Cobalah untuk tidak terlalu memikirkan pendapat orang lain. Ibu juga perlu memberikan pendapatnya tentang cara menyapih anak menurut keyakinan ibu.

Agar orang lain juga bisa memahaminya. Pada intinya, percayakan segala tahapan menyusui Anda sesuai dengan naluri ibu. Untuk kebahagiaan ibu dan anak.    

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)