Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 7 Bulan yang Penting Bagi Para Ibu Di Rumah

08-12-2020 10:51:12
Madu Anak Vitabumin

Menghadapi berbagai macam situasi dan perubahan-perubahan yang dialami oleh bayi memang menjadi hal yang paling cepat. Apalagi ketika mendapati bayi-bayi sudah beranjak semakin besar, seperti tidak terasa waktu berlalu bersama si buah hati.

Beberapa orang tua tentu akan mengalami di mana si kecil  susah makan dan membuat daya tahannya menurun, entah karena cuaca yang kurang baik maupun kondisi pola makan bayi yang kurang bagus.

Ketika bayi jatuh sakit biasanya orang tua kemudian akan panik dan mudah sekali putus asa. Padahal dengan kepanikan, solusi yang didapatkan tentu saja kurang untuk dilakukan. Jadi saat bayi jatuh sakit, seperti panas dan demam, orang tua tidak perlu panik agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Umumnya, yang sering terjadi pada bayi adalah sakit panas karena kondisi tubuh bayi yang masih memiliki kekebalan yang kurang maksimal. Cara menurunkan panas pada bayi 7 bulan bisa dengan langkah-langkah berikut ini:


Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 7 Bulan

Membubuhkan Bawang Merah

Walaupun cara ini cukup klasik akan tetapi khasiat dari bawang merah sejak dulu memang tidak diragukan lagi. Apalagi jika dalam dunia kesehatan bawang merah ampuh dalam meredakan panas bayi. Caranya pun juga terbilang sangat mudah karena cukup hanya dengan mengoleskan ke beberapa bagian tubuh si kecil yaitu punggung dan perutnya. Untuk hasil yang maksimal bisa ditambahkan dengan minyak telon

Kompres dengan Minyak Serai

Bayi 7 bulan yang mengalami sakit panas bisa diberikan minyak serai untuk meredakannya. Mengompres bayi dengan menggunakan minyak serah saat panas merupakan pilihan yang tepat dalam mengatasinya. Hal ini dikarenakan inyak serai mengandung zat baik yang memiliki efek dalam meringankan panas bayi.

Mengoleskan Minyak Lavender

Selain memiliki aroma yang sedap, minyak lavender memiliki manfaat lain seperti menurunkan panas demam yang dialami oleh si kecil. Aromanya yang menyegarkan juga mampu dijadikan aroma terapi karena dapat membuat si kecil nyaman ketika menghirupnya. Walaupun demikian, agar tidak lengket jika hanya minyak lavender saja, bisa dengan menambahkan air dingin sedikit untuk menghilangkan kesan lengket ketika dioleskan ke tubuh si kecil.

Berikan Asi Lebih Sering

Ketika bayi panas, memberikan asi langsung ke bayi dengan frekuensi lebih sering dapat menurunkan sakit panas yang dideritanya. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada asi bisa menjadi obat alami yang mampu menurunkan panasnya dengan lebih cepat. Itulah mengapa banyak dokter menyarankan memberikan asi lebih sering dari biasanya pada bayi ketika ia sakit panas.

Membuat Suasana Sekitar Nyaman

Panas bisa membuat si kecil tampak gelisah dan rewel pada kondisi suhu tubuhnya. Itu sebabnya orang tua perlu untuk memberikan suasana kamar si kecil lebih nyaman, misal agak dibuat sejuk agar suhu tubuhnya lekas kembali pada kondisi semula. Bisa juga dengan memberikan pakaian yang lebih nyaman dan menyerap keringat ketika anak sakit panas. Jika si kecil mengeluarkan keringat banyak dan membuat bajunya basah makan orang tua perlu untuk sering-sering menggantinya.

Langkah-langkah di atas bisa dilakukan di rumah ketika si kecil sakit panas. Namun jika kondisi bayi semakin buruk dari hari ke hari bisa langsung membawanya ke dokter agar mendapatkan penangan terbaik. Lalu kapan bayi saat sakit panas dikatakan parah dan harus segera menghubungi dokter? Berikut jawabannya:

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)