Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

03-11-2020 08:38:35
Madu Anak Vitabumin

Menidurkan bayi yang susah tidur agar tidur terlelap memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh para orang tua, terlebih bila bayi terbangun ketika tengah malam sehingga membuat bunda menjadi kelelahan. Bila kondisi ini terus menerus terjadi maka dapat berdampak pada kesehatan bayi dan juga ibu ataupun ayah nya.

Maka dari itu berikut cara menidurkan bayi yang susah tidur dengan efektif. Pada dasarnya bayi masih memiliki pola tidur yang tetap, namun karena bayi belum dapat membedakan antara siang dan juga malam maka bayi cenderung tidak mengikuti siklus tidur yang normal.

Untuk bayi yang baru lahir idealnya akan tidur selama 16 jam satu hari. Namun sebelum anda mencari cara menidurkan bayi yang susah tidur sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari bayi mengalami susah tidur. Mungkin ada beberapa penyebab bayi menjadi susah tidur diantaranya:

  • Perut bayi lapar
  • Popok basah karena bayi buang air besar
  • Bayi ingin ditemani tidur atau tidak dapat tidur sendiri
  • Kondisi ruang tidur bayi tidak nyaman seperti panas, silau atau terlalu dingin 


Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur 

Ada beberapa cara dalam menidurkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara yang dapat para orang tua lakukan:

Mengatur Suhu Ruangan

Sama dengan orang dewasa, anak bayi pun juga dapat tidak menikmati tidurnya diruangan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Maka dari itu aturlah suhu ruangan kamar serta kelembapan kamar agar menjadi nyaman sehingga dapat menjadi cara menidurkan bayi yang susah tidur menjadi tidur nyenyak.

Pada dasarnya suhu kamar tidur yang ideal untuk bayi ialah sekitar dua puluh satu sampai dua puluh dua derajat celcius.

Memijat Bayi

Cara menidurkan bayi yang susah tidur selanjutnya ialah dengan memberikan pijat bayi. Pijatan yang lembut dapat membuat bayi menjadi merasa nyaman dan juga rileks. Pijatlah bagian lengan, kaki, tangan dan juga perut bayi sebelum tidur.

Pijatannya tidak perlu terlalu lama, cukup dengan melakukan pijatan sekitar lima belas menit. Dalam memijat bayi ini anda dapat menggunakan baby oil dan hentikan pijatan bayi bila bayi tidak merasa nyaman dan juga menangis.

Memberikan Pakaian Yang Nyaman

Bila anda menginginkan bayi yang susah tidur menjadi nyenyak maka gunakan pakaian yang bahannya menggunakan kandungan katun.

Cara ini juga merupakan cara menidurkan bayi yang susah tidur agar bayi dapat tidur lebih cepat. Selain itu juga pakaikan popok yang dapat mudah menyerap cairan dalam mengantisipasi apabilabayi pipis agar tidak bocor dan tidak mengganggu tidur bayi.

Memperhatikan Penerangan Kamar Bayi

Buatlah kamar bayi dalam keadaan yang redup dengan begitu menjadi cara yang sangat efektif menidurkan bayi yang susah tidur. Cahaya pada kamar tidur bayi dapat berdampak di irama sirkadian tubuh yaitu di siklus bayi untuk tidur dan juga bangun tidur menjadi segar.

Kamar bayi yang gelap dapat berpengaruh dalam produksi hormon melatonin dimana merupakan hormon yang memiliki tugas dalam membantu siklus tidur. 

Hindari Mengayun-Ngayun Bayi

Bila bayi telah berusia lima sampai enam bulan maka hindari untuk menidurkan bayi dengan cara menggendong dan atau mengayun bayi.

Ketika bayi terlihat sangat mengantuk cukup untuk membaringkan tubuh bayi ke tempat tidur lalu berikan kesempatan bayi menenangkan dirinya sendiri, dengan begitu dapat melatih bayi agar dapat tidur dengan sendirinya.

Membawa Bayi Ke Tempat Tidur

Pastikan posisi tidur bayi aman serta nyaman, orang tua harus memperhatikan tanda dari bayi mengantuk seperti menggosok gosok mata, menguap dan mata terasa berat. Walau bayi masih terlihat terjaga namun sudah ada tanda dari mengantuk maka segeralah membawa bayi ke tempat tidur.

Biarkan bayi menenangkan diri sampai bayi benar benar telah terlelap tidur. Yang harus diingat bagi para orang tua untuk jangan terlalu lama melakukan kontak mata dengan bayi karena dapat membuat bayi terstimulasi dalam berinteraksi lagi dengan orang tua nya.

Bukan hanya itu saja posisikan bayi tidur dengan keadaan punggung yang menyentuh kasur alias posisi telentang. Dengan keadaan posisi ini merupakan posisi teraman dan nyaman. Hindari untuk bayi posisi tidur tengkurap karena dapat membuat terjadinya sindrom kematian mendadak pada bayi. 

Artikel Terkait

Tanda-tanda Kehamilan

Banyak juga wanita yang menantikan tanda-tanda kehamilan apakah sudah muncul atau belum. Karena beberapa wanita masih bingung dengan tanda kehamilan itu sendiri.
Selengkapnya

Pentingnya Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mengatasinya

Speech delay yang biasa terjadi pada anak memiliki sebab-sebab yang perlu orang tua pahami. Karena anak terlambat bicara biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya gangguan di pendengaran anak.
Selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Apa yang Dimaksud Dengan Protein Nabati dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Apa yang dimaksud dengan protein nabati sih? Mari mengenal lebih dekat dengan protein yang satu ini.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)