Cara Menghilangkan Keringat Buntet Pada Bayi

06-10-2020 09:55:03
Madu Anak Vitabumin

Bila di kulit bayi mengalami bintik bintik merah yang dapat memberikan rasa gatal pada kulit bayi ini merupakan sebuah ciri utama dari muncul nya keringet buntet atau biang keringat. Artikel ini di khususkan untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan keringat buntet pada bayi. Walau biang keringat pada bayi sudah biasa terjadi namun tetap perlu waspada karena biang keringat pada bayi dapat menjadi tanda adanya risiko kondisi yang berbahaya.


Biang keringat memiliki nama lain yaitu miliaria dan dapat terjadi akibat dari adanya penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar dengan lancar.

Biang keringat pada bayi dapat terjadi karena pori pori kulit bayi yang lebih kecil dibandingkan pori pori kulit orang dewasa bukan hanya itu saja kelenjar keringat bayi juga belum terbentuk dengan sempurna.

Ruam merah biang keringat pada bayi biasanya akan terlihat di area lipatan kulit atau area yang tertutup pakaian seperti bokong, dada, perut dan leher.

Ruam merah biang keringat bayi juga dapat terjadi di area kepala bayi bila sering menggunakan topi.

 

Cara Menghilangkan Keringat Buntet Pada Bayi

 

Bayi dan anak anak dapat mengalami biang keringat walaupun pada umumnya biang keringat lebih sering terjadi pada bayi.

Biang keringat dapat terjadi ketika kulit bayi harus mengeluarkan keringat namun pori pori tersumbat, dengan begitu keringat yang gagal keluar ini akhirnya membuat pori pori kulit menjadi bengkak.

Biang keringat bukan masalah serius untuk bayi namun bintik merah pada kulit bayi dapat menjadi tanda bahwa bayi sedang merasa kepanasan.

Bukan hanya itu saja dengan adanya biang keringat ini membuat bayi merasa gatal dan menjadikan dirinya merasa tidak nyaman. Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi:

1. Jangan Membiarkan Bayi Kepanasan

Bila anda menduga keringat berlebihan merupakan sebuah penyebab terjadinya biang keringat pada bayi dengan begitu cara yang tepat untuk mengobati kondisi seperti ini ialah dengan menghindari si kecil dari rasa kepanasan atau gerah.

Pastikan juga untuk kulit bayi selalu kering dan mengganti pakaian bayi bila berkeringat.

Lalu tempatkan bayi juga pada tempat yangs ejuk dan tempat yang teduh. Bila bayi mulai mengeluarkan keringat sebaiknya segera mengkipasi bayi dan biarkan udara menghilangkan keringat bayi dibandingkan dengan anda mengelap menggunakan handuk. 

2. Memilihkan Pakaian Yang Tepat

Ketika udara sedang panas, pilih lah pakaian yang tidak membuat bayi menjadi panas. Sebaiknya pilih pakaian yang berlengan pendek serta melepaskan kaus kaki, sarung tangan dan penutup kepala.

Para orang tua dapat memilih bahan baju yang nyaman dan lebih tipis sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Tempatkan handuk katun pada punggung dan leher bayi yang ruam dan mengalami kemerahan sehingga dapat membantu menyerap keringat bayi.

Hindari untuk menggunakan pakaian dari kain sintetis seperti polyester dan juga nilon karena dapat membuat merangkap rasa panasnya.

Sebaiknya untuk memilih pakaian bayi dari bahan katun yang dapat menyerap keringat.

Selain itu juga dapat memilihkan pakaian bayi yang tipis dan ringan selain itu juga usahakan untuk menggunakan alas tidur bayi yang terbuat dari katun agar iritasi kulit bayi dapat terhindar ketika bayi sedang tidur.

Dengan memilih pakaian yang sesuai dengan kondisi tubuh bayi dapat menjadi salah satu cara dalam mengatasi biang keringat pada bayi.

Jangan lupa juga untuk menggunakan bayi pakaian yang longgar, sempir dan berbahan halus karena jika pakaian yang digunakan kecil, sempit berbahan kasar dapat menimbulkan gesekan yang dpaat memecahkan lenting biang keringat pada bayi.

3. Memotongi Kuku Bayi Secara Rutin

Kulit bayi yang dipenuhi dengan lepuhan kecil yang berisi air ini sebaiknya harus dihindari dengan gesekan, karena tekanan dan gesekan dapat memecahkan lepuhan dan membuat kulit bayi menjadi lecet.

Bila terjadi hal seperti itu dapat membuat biang keringat menjadi semakin parah dan berisiko menimbulkan infeksi.

Sebagai cara dalam mengatasi biang keringat pada bayi pastikan bila bayi tidak memiliki kuku yang panjang.

Bila anda melihat kuku bayi sudah memanjang segrelah untuk memotong kuku bayi setelah memotong kuku bayi segera pakaikan kaus tangan agar jari bayi tidak menyentuh atau menggesek kulit gatal yang dipenuhi dengan biang keringat.

Dengan menggunting kuku bayi ini merupakan salah satu cara dalam mengatasi dan mengobati biang keringat pada bayi dan membantu membiarkan kulit bekerja dengan maksimal untuk menyembuhkan diri.

4. Jangan Membiarkan Bayi Kehausan

Keluarnya biang keringat pada bayi dapat mengurangi kadar air yang ada di dalam tubuh. Bila bayi sedang mengalami biang keringat dan mudah berkeringat jangan sampai membiarkan bayi kehausan.

Pastikan untuk bayi mendapatkan cukup minuman yang dapat menggantikan cairan yang keluar dari tubuh nya dengan melalui keringat.

Dengan tidak membiarkan bayi kehausan ini juga dapat membantu bayi terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Cairan ini dapat di dapatkan dari ASI, susu formula ataupun air putih dan juga makanan bila bayi sudah berusia diatas enam bulan. 

5. Membuat Ruangan Menjadi Lebih Sejuk

Selanjutnya cara dalam mengatasi biang keringat pada bayi ialah dengan membuat ruangan atau kamar bayi menjadi lebih sejuk dengan menggunakan pendingin ruangan atau menggunakan kipas angin.

Namun sebelum menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin pastikan untuk arah tipuan angin tidak langsung ke tubuh bayi agar bayi tidak masuk angin dan tidak kedinginan.

Dengan ruangan yang sejuk dapat membuat bayi menjadi lebih nyaman ketika tidur dan menjadi lebih nyenyak. Bila si kecil masih terlihat kepanasan, carilah tempat yang lebih dingin dan berangin seperti teras rumah.

Sebenarnya biang keringat pada bayi dapat smebuh dengan tanpa menggunakan pengobatan khusus, namun bila ruam merah bayi bertambah parah, mengalami demam tinggi, menggigil, keluar bintik merah dan bayi menjadi rewel maka segera periksakan bayi ke dokter anak.

Sebagai panduan periksakan bayi ke dokter spesialis anak bila usia bayi masih di antara 0-6 bulan dan mengalami demam tinggi.

Biang keringan pada bayi yang sudah melewati 3-4 hari yang belum menghilang juga perlu untuk segera diperiksakan.

 

Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Keringat yang berlebih pada bayi dapat menyebabkan pori pori kulit tersumbat dengan begitu keringat tidak dapat keluar.

Bayi dan anak anak akan sering mengalami biang keringat karena kelenjar keringat bayi dan anak anak belum berkembang dengan sempurna.

Menurut para ahli penyebab biang keringat ialah lingkungan yang panas atau hangat, serta menggunakan pakaian yang terlalu tebal dapat menyebabkan biang keringat pada bayi dan anak anak.

Selain itu juga sirkulasi udara yang tidak baik dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan menjadi panas dan gerah.

Terlebih bagi masyarakat indonesia, bayi yang baru lahir dan umur masih beberapa bulan akan dibedong atau menggunakan banyak lapisan baju dengan kondisi seperti itu dapat membuat biang keringat pada bayi terjadi karena suhu panas menyebabkan badan berkeringat dan membuat keringat susah untuk keluar.

Selanjutnya keringat akan mengalir ke jaringan kulit di sekitar kelenjar keringat dengan begitu hal ini lah yang dpaat memicu iritasi dan kemerahan pada kulit bayi.

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)